Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Bagi para pekerja maupun pelaku bisnis kecil atau mikro yang sedang terdampak oleh merebaknya Covid-19 perlu mengetahui informasi mengenai cara daftar kartu Prakerja dengan benar. Program Kartu Prakerja sudah resmi didirikan pemerintah sejak 11 April 2020. Tidak lain sebagai salah satu usaha dalam menekan dampak merebaknya wabah virus corona terhadap sistem perekonomian.

Program Kartu Prakerja bertujuan agar meningkatkan kompetensi dari tiap angkatan kerja, meninggikan produktivitas dan daya saing, serta mengembangkan kewirausahaan. Jika pembaca berhasil mendapatkan Kartu Prakerja, maka akan memperoleh bantuan pelatihan, pembekalan kompetensi kerja atau kewirausahaan. Selain pelatihan-pelatihan, pemerintah juga memberikan bantuan tunai sebesar 2,4 juta secara berangsur selama empat bulan.

Read More

Pelatihan Kartu Prakerja dapat sangat bermanfaat bagi para pengangguran akibat adanya banyak PHK, kelompok fresh graduate, ataupun terhadap pelaku bisnis yang mengalami collapse karena pandemi. Dengan mengikuti rangkaian program pelatihan serta pembentukan keterampilan, maka pendaftar bisa lebih matang dalam mempersiapkan diri untuk meningkatkan sejumlah peluang lewat kartu Prakerja dengan cara berikut:

1. Masuk Portal Resmi

Pertama, calon pendaftar bisa menuju ke situs resmi dari portal kartu Prakerja lewat browser maupun chrome. Sejak dibuka secara resmi pada 2020 lalu, situs portal prakerja telah dikunjungi oleh lebih dari 4 juta pengunjung. Tingginya antusias masyarakat mendaftar kartu prakerja seringkali menyebabkan dashboard resmi down dan tidak dapat dibuka.

Baca Juga : Cara Menghapus Email di HP dengan Berbagai Sistem Operasi

Untuk menghindari kendala error pada situs Prakerja, maka calon pendaftar disarankan masuk ke dashboard di waktu-waktu sepi misalnya mengakses saat malam hari. Cara lain, calon pendaftar juga bisa mencoba untuk keluar terlebih dulu dari situs kartu prakerja kemudian masuk ulang ke dashboardnya.

Nah selain mengakses diwaktu malam dan memuat ulang situs, calon pendaftar juga harus memperhatikan perangkat yang digunakan, lebih disarankan menggunakan laptop maupun komputer. Sebab, pendaftar akan lebih sulit mengakses situs saat menggunakan ponsel genggam karena adanya perbedaan kecepatan yang cukup signifikan.




2. Isi Data

Setelah berhasil masuk ke laman situs resmi dari Kartu Prakerja, maka calon pendaftar akan menjumpai kolom pendaftaran. Untuk pertama, calon pendaftar akan dimintai mengisi alamat email, password, dan ulangi kata sandi dengan benar.

Isilah dengan alamat email yang aktif dan sering digunakan oleh penggunanya untuk menghindari adanya kendala-kendala tak terduga. Pengisian kata sandi pun perlu diperhatikan, buatlah sesuai dengan perintah yang tertera, pastikan pengguna jangan sampai lupa dengan passwordnya.

Setelah alamat email dan kata sandi dipastikan sudah benar-benar sesuai, maka bisa klik centang syarat persetujuan pendaftaran. Klik opsi daftar untuk melanjutkan proses pendaftaran, jika seluruhnya telah sesuai maka calon pendaftar akan diminta untuk mengecek email dan kembali login.

3. Verifikasi Email

Cara daftar kartu prakerja selanjutnya yakni melalui proses verifikasi alamat email bagi tiap calon pendaftar. Jika tidak mendapatkan email dari program kartu Prakerja, maka cobalah untuk mencarinya dalam kolom folder spam. Jika inbox dari program kartu prakerja sudah ditemukan, maka langsung saja klik opsi verifikasi disini untuk melanjutkan proses.

Akan tetapi, jika pengguna belum juga menemukan inbox email dari program kartu Prakerja, maka bisa mencoba untuk minta kirim ulang ke akun. Caranya dengan mengisi email serta password lalu login, maka pengguna akan diarahkan untuk mengirim ulang verifikasi ke alamat e-mail.

Baca Juga : Cari Tahu Jadwal Upload TikTok Biar FYP!

Setelahnya, maka akun kartu Prakerja calon pengguna telah berhasil diverifikasi, dan bisa segera masuk kembali. Nah, pengguna akan diarahkan menuju ke kolom login akun, calon pendaftar bisa mengisi kembali alamat email serta password yang sebelumnya telah dibuat.

4. Verifikasi Data Diri

Di awal, calon pendaftar perlu, melakukan verifikasi data Kartu Tanda Penduduk, KK, serta tanggal lahir dengan benar. Jika mengalami kendala seperti KTP tak terdaftar ataupun tidak sesuai maka calon pendaftar bisa langsung menghubungi pihak Dukcapil atau bertanya di kolom chat live.

Pengguna yang mengalami masalah bisa menghubungi kantor Dukcapil melalui kontak WhatsApp maupun pesan singkat ke nomor 08118005373. Selain melalui pesan singkat, saat data bermasalah pengguna juga bisa langsung menghubunginya lewat call center ke nomor 1500537. Jika data sudah terisi dan dipastikan benar-benar sesuai, maka pendaftar bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setelahnya, akan muncul sejumlah opsi untuk verifikasi data diri lainnya serta pengunggahan berkas-berkas seperti KTP. Jika sudah terisi dengan benar, pendaftar dapat klik perintah persetujuan bahwa data diri telah diisi jujur dan sesuai lalu menekan tombol lanjut ke proses berikutnya.

5. Verifikasi Nomor Dan Mengerjakan Tes

Calon Pendaftar diminta untuk mengisikan nomor ponsel aktif dan akan digunakan selama enam bulan kedepan, selanjutnya tekan kirim OTP. Tunggu beberapa saat sampai prakerja mengirimkan SMS berisi kode OTP, tuliskan pada kolom dan klik verifikasi. Setelahnya, calon pendaftar akan menjumpai sejumlah pernyataan yang harus dipilih sesuai dengan keadaan masing-masing individu.

Jika seluruh pernyataan telah benar-benar terjawab, maka calon pendaftar bisa menekan tombol selesai, kemudian akan diminta untuk melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar selama 25 menit. Jawablah seluruh soal tes dengan tepat, dan jangan sampai melebihi batas waktu karena laman akan tertutup secara otomatis jika durasi habis.

Pastikan juga sebelum melakukan tes, peserta berada di tempat yang kondusif, jauh dari keramaian, serta memiliki jaringan internet lancar dan bagus. Jika diperlukan, maka siapkan juga pulpen atau pensil serta kertas untuk coretan saat mengerjakan soal. Jika telah benar-benar siap, maka pendaftar bisa langsung menekan tombol untuk memulai mengerjakan soal tes.

Baca Juga : Perhitungan Modal Usaha Frozen Food untuk Pebisnis Pemula

6. Pengiriman Hasil Tes

Setelah pendaftar menyelesaikan soal motivasi dan kemampuan dasar, maka akan mendapatkan informasi bahwa hasil pengerjaan telah berhasil terkirim dan langsung diarahkan ke halaman utama dashboard. Setelah mendapat pengumuman informasi pengerjaan terkirim maka klik lanjut dan pendaftar akan menjumpai kolom gelombang latihan serta riwayat dari rombel.

Jika seluruh proses pendaftaran selesai, calon pendaftar nantinya hanya perlu login akun kembali saat gelombang pendaftaran prakerja telah dibuka. Akan tetapi, jika pendaftar telah mendaftar bersamaan dengan waktu pembukaan gelombang, maka bisa langsung login kembali agar dapat bergabung sebagai salah satu pemegang prakerja.

Caranya, menekan opsi gabung gelombang Prakerja, maka setelahnya akan ditampilkan kembali informasi seputar riwayat serta gelombang-gelombang pelatihan. Nah maka sekarang, pengguna sudah mencapai tahap akhir dari proses pendaftaran calon pemegang kartu prakerja. Para calon pendaftar yang sudah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran hanya perlu menunggu sampai periode daftar berakhir dan tunggu waktu pengumuman.

Demikianlah lima langkah mudah untuk melakukan pendaftaran program kartu Prakerja yang dapat dilakukan sendiri dari rumah. Untuk mengetahui informasi-informasi lain seputar program Prakerja tersebut dapat dicari melalui platform seperti youtube ataupun dari situs resminya. Cara daftar kartu Prakerja di atas tentu akan membantu calon pendaftar yang masih kebingungan saat akan mendaftar.

Related posts