Cara Membuat Email di HP Untuk Gmail, Yahoo, dan Outlook

Cara Membuat Email di HP Untuk Gmail, Yahoo, dan Outlook

Kebutuhan untuk mengirimkan berkas dan mendaftarkan akun media sosial memerlukan sebuah email sebagai perantaranya. Oleh karena itu, kini setiap orang yang memiliki HP perlu membuat email agar bisa mengakses segala kebutuhan yang diperlukan di HP. Cara membuat email di HP, baik untuk Gmail, Yahoo Mail, dan Outlook sangat mudah dilakukan.

Cara Membuat Gmail di HP

Gmail

Read More

Google Mail atau Gmail merupakan layanan email milik Google. Hingga saat ini Gmail menjadi layanan email paling populer karena mudah diakses serta dapat dihubungkan ke berbagai portal maupun aplikasi. Gmail juga bisa menghubungkan alamat email lainnya selain Gmail. Berikut ini cara membuat email di HP untuk Gmail:

1. Buka Aplikasi Gmail

Aplikasi Gmail memiliki logo menyerupai surat berwarna-warni. Biasanya di HP Android aplikasi Gmail sudah terpasang secara otomatis sehingga bisa langsung dibuka. Sementara itu di HP iPhone aplikasi Gmail tidak terpasang secara otomatis sehingga perlu diunduh dari App Store terlebih dahulu. Jika sudah berhasil diunduh dan terpasang, buka aplikasi Gmail tersebut.

Baca Juga : Begini 10 Cara Membuka Pola HP yang Lupa, Mudah!

2. Tekan “Tambahkan Akun” untuk Membuat Gmail

Jika Gmail sudah terbuka, di halaman awal akan ditampilkan tombol “Tambahkan Akun”. Tekan tombol tersebut lalu tekan pilihan “Google”. Selanjutnya Gmail akan mengarahkan ke halaman baru, tekan tombol “Buat Akun” yang terletak di bawah untuk membuat akun Gmail. Setelah itu akan muncul dua pilihan baru, silahkan pilih “Untuk diri sendiri”.

3. Masukkan Informasi Pribadi

Selanjutnya Gmail akan mengarahkan ke halaman baru untuk memasukkan nama depan dan nama belakang pengguna. Pastikan menggunakan nama yang valid dan terautentikasi karena nama tersebut akan ditampilkan di berbagai platform. Setelah itu masukkan tanggal, bulan, tahun lahir, serta jenis kelamin. Jika sudah selesai mengisi, tekan tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan.

4. Buat Alamat Gmail

Alamat Gmail bisa dibuat dengan memilih alamat yang disediakan atau membuat alamat sendiri. Lebih disarankan untuk membuat alamat Gmail sendiri karena dapat lebih bebas untuk disesuaikan. Alamat Gmail bisa dibuat menggunakan huruf, angka, dan simbol titik. Jika alamat Gmail sudah ada, Gmail akan memberitahu untuk membuat alamat Gmail lain.

5. Buat Kata Sandi

Langkah selanjutnya dalam cara membuat email di HP untuk Gmail adalah membuat kata sandi. Kata sandi sangat perlu dibuat agar dapat mengamankan Gmail. Buatlah kata sandi yang sulit dengan campuran huruf, angka, dan simbol minimal 8 karakter. Ketik kata sandi pada kolom “Sandi” lalu tekan tombol “Berikutnya” jika sudah selesai.

Baca Juga : Ketahui 7 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Berbagai Metode!

6. Masukkan dan Verifikasi Nomor Telepon

Selanjutnya masukkan nomor telepon ke dalam kolom yang tersedia. Pastikan nomor telepon tersebut bisa digunakan untuk menerima SMS verifikasi. Setelah memasukkan nomor telepon, tekan tombol “Berikutnya” lalu tunggu SMS verifikasi dari Google. Jika berhasil mendapatkan SMS verifikasi, masukkan angka yang dikirimkan pada kolom verifikasi. Setelah itu tekan “Berikutnya” untuk melanjutkan.

7. Tekan Tombol Persetujuan

Di langkah terakhir Gmail akan menampilkan “Privasi dan Persyaratan”. Silahkan baca dengan seksama untuk lebih memahami persyaratan Gmail agar tidak melakukan pelanggaran di kemudian hari. Jika sudah selesai membaca, tekan tombol “Saya Setuju” untuk melanjutkan. Tunggu prosesnya selama beberapa saat, setelah itu Gmail telah berhasil dibuat di HP.

Begini Cara Membuat Email Yahoo di HP

yahoo

Yahoo Mail merupakan layanan email milik Yahoo. Kelebihan Yahoo Mail yaitu dapat terhubung dengan berita yang muncul pada laman Yahoo sehingga bisa digunakan untuk membaca berita terkini. Yahoo Mail juga bisa digunakan untuk menghubungkan alamat email lain. Cara membuat email di HP untuk Yahoo Mail adalah sebagai berikut:

1. Unduh dan Buka Aplikasi Yahoo Mail

Aplikasi Yahoo Mail bisa diunduh dari Play Store maupun App Store. Sistem operasi yang digunakan untuk mengunduh Yahoo Mail minimal Android 6 (Marshmallow) ke atas serta iOS 13 ke atas. Jadi pastikan sistem operasi tersebut dipenuhi agar bisa mengunduh Yahoo Mail. Setelah berhasil diunduh dan terpasang, buka aplikasi Yahoo Mail.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Tanpa Root

2. Tekan “Daftar” untuk Membuat Yahoo Mail

Di halaman awal Yahoo Mail, akan dimunculkan pilihan untuk masuk dengan Yahoo dan Google. Jika belum memiliki akun Yahoo Mail, tekan tombol “Daftar” yang terletak di bagian bawah. Setelah itu Yahoo Mail akan mengarahkan ke halaman selanjutnya yang harus dilengkapi untuk keperluan pembuatan akun Yahoo Mail.

3. Masukkan Informasi yang Diminta

Masukkan nama depan dan belakang pada bagian kolom yang tersedia. Buat alamat Yahoo Mail serta kata sandi yang diinginkan pada kolom selanjutnya. Masukkan nomor telepon serta tanggal, bulan, dan tahun lahir pada kolom di bawahnya. Adapun kolom jenis kelamin tidak wajib untuk diisi. Setelah semua informasi dimasukkan, tekan tombol “Lanjutkan”.

4. Verifikasi Nomor Telepon

Selanjutnya Yahoo Mail akan melakukan proses verifikasi pada nomor telepon. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS sehingga pastikan nomor telepon yang digunakan bisa menerima SMS. Di halaman yang ditampilkan, tekan tombol untuk mengirimkan kode verifikasi. Setelah itu masukkan 5 angka kode verifikasi yang diterima lalu tekan “Verifikasi” untuk melanjutkan.

5. Tekan “Selesai” untuk Menyelesaikan Pembuatan Yahoo Mail

Jika kode verifikasi sudah dimasukkan, selanjutnya tunggu proses pembuatan Yahoo Mail hingga selesai. Setelah itu akan ditampilkan halaman baru yang menyatakan bahwa Yahoo Mail telah berhasil dibuat. Tekan tombol “Selesai” untuk menyelesaikan pembuatan akun Yahoo Mail. Sebelum itu bisa juga memberi tanda centang pada bagian penawaran Yahoo Mail jika tertarik.

Baca Juga : Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark di Telegram, Mudah Dilakukan Siapa Saja!

Ingin Membuat Email Untuk Outlook di HP? Ini Caranya!

outlook

Outlook merupakan layanan email yang disediakan oleh Microsoft. Kelebihan Outlook yaitu dapat digunakan untuk mengakses kalender serta alat-alat lain dari Microsoft. Outlook untuk Microsoft Office juga telah diakui secara luas sebagai standar di banyak perusahaan. Cara membuat email di HP untuk Outlook adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi Microsoft Outlook dari Play Store maupun App Store.
  • Bukan aplikasi Microsoft Outlook lalu tekan tombol “Buat Akun Baru”.
  • Selanjutnya buat akun email Outlook serta atur domain email yang diinginkan.
  • Setelah itu buatlah kata sandi yang minimal memiliki 8 karakter dengan pilihan huruf besar, huruf kecil, angka, serta simbol.
  • Berikan tanda centang pada kolom di bawah kata sandi jika tertarik untuk mendapatkan penawaran dari Microsoft.
  • Selanjutnya Outlook akan meminta pengguna untuk memecahkan teka-teki sebagai bentuk konfirmasi. Tekan tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan ke bagian teka-teki.
  • Terdapat 4 teka-teki yang diminta untuk dipecahkan. Pilih tanda atau simbol yang diminta sesuai arahan Outlook.
  • Setelah berhasil memecahkan teka-teki, masukkan informasi tambahan seperti nama depan dan nama belakang, tanggal, bulan, dan tahun lahir, serta negara.
  • Selanjutnya tekan tombol “Berikutnya” untuk mengkonfirmasi umur.
  • Tunggu proses autentikasi hingga selesai, setelah itu email Outlook telah berhasil dibuat.

Itulah cara membuat email di HP untuk Gmail, Yahoo, dan Outlook. Seluruh layanan email tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buatlah akun email dari beberapa layanan email tersebut sesuai kebutuhan.

Related posts