5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Tanpa Root

Melakukan pembersihan galeri mungkin sering dilakukan secara rutin oleh pengguna di rumah. Pada saat seperti ini sering sekali terjadi suatu foto yang ikut terhapus padahal foto itu sangat penting atau sebagainya. Saat seperti ini pasti panik ingin mencari cara mengembalikan foto yang terhapus di hp untuk mengembalikan semuanya.

Sekarang foto sudah menjadi satu hal yang sering kali dilakukan untuk mengenang sesuatu hingga kadang galeri penuh dengan kenangan atau foto. Namun bagaimana jadinya jika foto-foto yang sudah lama tersimpan di galeri namun secara tidak sengaja terhapus waktu pengguna melihat-lihat. Apabila pengguna ingin memulihkannya, simak ulasan langkah-langkahnya berikut!

Read More

1. Gunakan Google Foto

Fitur Google Foto bisa dijadikan sebagai solusi pada permasalahan ini, sebab hampir semua android dilengkapi dengan fitur tersebut. Adapun yang terpenting cara mengembalikan foto yang terhapus di hp nantinya akan lebih gampang sebab tanpa mengunduh aplikasi tambahan terlebih dahulu. Namun tentu fitur ini juga memicu minusnya dalam menangani hal ini.

Baca Juga : Praktis! Inilah 3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di iPhone

  • Pada tahap pertama yang harus dilakukan pastinya buka aplikasi Google foto di hp tersebut. Hal ini bisa dilakukan saat hp dalam keadaan offline maupun dalam keadaan online. Setelahnya pengguna akan langsung sampai pada layar utama di mana isinya hampir sama dengan di galeri.
  • Setelahnya pengguna bisa buka menu galeri foto pada bagian bawah di sebelah kanan paling ujung. Kemudian setelahnya pengguna bisa masuk pada menu sampah, tentunya dengan logo sampah yang digunakan. Jika sudah maka foto-foto yang terhapus akan langsung terlihat.
  • Kemudian pilih foto yang hendak dipulihkan. Namun apabila dalam menu sampah ini kosong ada beberapa kemungkinan yang terjadi, mungkin pengguna belum mencadangkan foto pada Google Foto. Atau bisa juga pengguna sudah menghapusnya secara permanen. Sebab jika tidak file sampah tersebut akan tetap tersimpan selama 30 hari.
  • Saat sudah ditemukan foto yang akan dipulihkan, tinggal tekan lama foto. Jika sudah maka akan langsung keluar menu pulihkan. Tap menu tersebut untuk kemudian memulihkan foto yang sudah terhapus. Cara ini juga bisa dipraktikkan ketika akan memulihkan video yang terhapus.

Download Aplikasinya Disini

2. Gunakan Aplikasi DigDeep

Apabila cara sebelumnya tidak berhasil entah karena sudah dihapus secara permanen atau malah lupa untuk mencadangkan foto, maka bisa mencoba dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan yang digunakan kali ini adalah aplikasi DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini dapat melakukan pemindaian foto atau file yang sudah terhapus. Begini cara menggunakannya:

Baca Juga : Cara Menggabungkan Foto di Story IG Menggunakan Aplikasi Grid Terbaik

  • Pada tahap awal cara mengembalikan foto yang terhapus di hp di dalam poin ini tentunya pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Pengguna bisa mengunduhnya di aplikasi Play Store pada ponsel android. Dengan logo tong sampah dan dengan warna oranye pada latar belakangnya.
  • Apabila sudah didownload dan sudah terpasang maka pengguna bisa langsung klik pindai file yang terhapus. Pemindaian ini mungkin akan memakan waktu sekitar 10 menit. Jika memang ada maka akan langsung terlihat semua foto maupun video yang dihapus sebelumnya.
  • Apabila sudah terpilih foto yang akan dipulihkan tinggal tandai foto tersebut kemudian klik Restore. Saat sudah selesai maka akan langsung tersimpan kembali di galeri. Perlu diingat juga, tidak semua foto bisa dikembalikan menggunakan aplikasi ini, jadi semoga saja foto yang akan dipulihkan tersebut termasuk yang masih bisa dipulihkan.

Download Aplikasinya Disini

3. Gunakan Aplikasi Bernama GT Recovery

Pada poin ketiga ini menggunakan aplikasi yang fungsinya tidak hanya sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus di hp namun juga bisa digunakan untuk mengembalikan pesan seluler. Pesan WhatsApp, dan beberapa file lain seperti lagu juga bisa dipulihkan menggunakan aplikasi ini. Jika tertarik dengan aplikasi ini, simak langkah-langkahnya berikut!

Baca Juga : Ketahui 7 Cara Melacak HP yang Hilang dengan Berbagai Metode!

  • Unduh aplikasinya di Play Store terlebih dahulu. Jika sudah pengguna bisa langsung gunakan atau aplikasi tersebut ketika aplikasi sudah terpasang. Selanjutnya pengguna akan langsung masuk pada halaman utama dari aplikasi tersebut.
  • Ada beberapa pilihan file yang bisa dipulihkan, karena ini akan mengembalikan foto maka pilih galeri. Tinggal klik recover file untuk melakukan pencarian data foto yang sudah terhapus sebelumnya. Kemudian tinggal centang foto yang akan dipulihkan lalu klik next.
  • Lakukan langkah-langkah selanjutnya seperti yang diarahkan oleh aplikasi tersebut. Jika berhasil maka foto akan langsung tersimpan kembali di galeri. Jika sebelumnya aplikasi ini memerlukan root maka pada tahun ini tidak perlu lagi melakukan root android. Pengguna bisa lakukan hal sama untuk mengembangkan file lain yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini.

4. Gunakan Aplikasi DiskDigger

Selanjutnya cara yang keempat adalah dengan menggunakan aplikasi bernama DiskDigger, masih memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi lainnya, yaitu mengembalikan file foto. Aplikasi ini bisa dijalankan pada ponsel biasa sama sekali tidak di root. Namun tetap, aplikasi akan bekerja secara maksimal pada ponsel yang sudah di root.

Baca Juga : 2 Cara Ganti IMEI Android Qualcomm Tanpa Root Termudah

  • Seperti langkah pertama yang lain, pengguna bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Jika sudah maka langsung pasang saja aplikasi tersebut. Apabila sudah pengguna bisa langsung masuk pada halaman utama aplikasinya.
  • Kemudian langsung klik start pada halaman utama tersebut. Ini bertujuan agar aplikasi langsung memulai scanning pada data-data yang sudah terhapus sebelumnya. Aplikasi ini akan melakukan scanning pada penyimpanan internal dan juga penyimpanan eksternal hp tersebut.
  • Ketika proses scanning selesai maka akan langsung terlihat data-data yang sudah terhapus sebelumnya. Pilih foto yang hendak dipulihkan ke galeri kemudian bisa tandai centang foto-foto tersebut.
  • Klik ikon titik tiga untuk melanjutkan proses selanjutnya. Tap menu save this file locally maka akan secara langsung aplikasi memulihkan file foto tersebut. Jika berhasil maka akan langsung tersimpan kembali ke dalam galeri, selesai.

Download Aplikasinya Disini

5. Gunakan Aplikasi Restore Image

Adapun yang terakhir untuk mengembalikan foto di ponsel yaitu melalui atau dengan aplikasi bernama Restore Image. Aplikasi ini juga tidak harus digunakan pada ponsel yang sudah di root seperti aturan pada tahun-tahun sebelumnya. Jika ingin menggunakan aplikasi ini simak ulasan berikut agar tak keliru!

Baca Juga : Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

  • Download aplikasi Restore Image tersebut terlebih dahulu di Play Store jika belum memilikinya. Kemudian pasang aplikasinya dan jika sudah langsung buka aplikasi tersebut dan masuk pada halaman utama. Pilih menu Search the image you want to restore untuk mencari foto yang ingin dipulihkan.
  • Kemudian pilih atau tandai foto yang ingin dipulihkan tersebut. Akan ada opsi Restore Image di bagian bawah sebelah kiri, tap opsi tersebut. Maka secara otomatis aplikasi akan memproses pemulihan foto tersebut, dan akan langsung tersimpan kembali di galeri.

 

Meski dengan bantuan aplikasi sekalipun, sayangnya masih tidak bisa menjamin seratus persen foto-foto yang terhapus tersebut akan bisa dikembalikan. Dari lima cara mengembalikan foto yang terhapus di hp itu bisa pengguna praktikkan salah satunya. Namun untuk kedepannya agar lebih berhati-hati lagi saat membersihkan galeri.

Related posts