Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe, Saatnya Menghasilkan Cuan Tanpa Banyak Subscriber

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe, Saatnya Menghasilkan Cuan Tanpa Banyak Subscriber

Umumnya monetisasi pada Youtube baru bisa dilakukan jika subscriber telah mencapai setidaknya 1000 orang. Namun, ternyata tanpa 1000 subscriber pun kreator bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Hanya, saja cara monetisasi Youtube tanpa 1000 subscriber ini hanya sedikit yang tahu. Hal ini dikarenakan kebanyakan YouTuber dan kreator konten hanya mengetahui cara monetisasi dengan Google AdSense saja. Kali ini akan diulas cara monetisasi tanpa 1000 subscriber. Simak ulasannya:

1. Ikuti Program Afiliasi

Cara yang pertama ini menjadi salah satu cara alternatif monetisasi yang paling banyak digunakan oleh para digital marketer. Kreator bisa melakukan kerja sama program afiliasi dengan beragam marketplace. Contohnya seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Kreator bisa memberikan link afiliasi di kolom deskripsi video.

Read More

Isi video juga bisa berupa review atau tutorial dari penggunaan produk program afiliasi. Monetisasi dengan cara ini terbilang cukup efektif. Komisi yang diberikan dari program afiliasi rata-rata cukup tinggi. Tercatat, untuk produk digital mencapai 100 hingga 200 ribu per penjualan. Sementara untuk produk fisik marketplace rata-rata memberikan 3 sampai 5%.

Baca Juga : Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang? Temukan Jawabannya di Sini!

2. Jual Barang

Berikutnya, jika tidak ingin memonetisasi dengan cara di atas, alternatif pilihan monetisasi lain yang bisa dicoba ialah dengan menjual produk. Sistemnya hampir sama seperti cara sebelumnya. Usahakan kreator fokus pada 1 hal saja, agar target pasar mudah ditentukan sejak awal. Buat konten review, tutorial, atau tips & trik.

Namun, mengingat kreator tidak bekerja sama dengan pihak ketiga, maka kreator juga harus menjadi penyedia produk yang ditawarkan tersebut. Cara ini akan sangat efektif jika kreator juga seorang dropshipper satu jenis produk. YouTube bisa membantu traffic penjualan agar terus berjalan dan semakin diketahui banyak orang.

3. Buka Kursus

Selain barang, jasa juga menjadi salah satu layanan yang bisa kreator jual untuk monetisasi YouTube. Sebenarnya ada banyak jenis jasa yang bisa ditawarkan. Namun, kebanyakan orang kini memilih untuk membuka kursus yang bisa diakses secara gratis melalui YouTube. Hasilnya, kini kreator-kreator tersebut memiliki banyak penonton di setiap kontennya.

Jika kreator memiliki kemampuan atau keterampilan di bidang tertentu, cobalah untuk membagikannya melalui konten video YouTube. Selain akan mengundang penonton untuk berdatangan dan belajar dari ilmu yang kreator bagikan, kreator juga bisa menjadi pembicara. Kreator bisa saja mendapatkan kesempatan menjadi narasumber di bidang yang ditekuni.

Baca Juga : 5 Cara Tag Youtube Agar Banyak Viewers Dengan Bantuan Website

Tentu ini merupakan kesempatan yang mahal. Kreator bisa menjadi narasumber sekaligus juga membuka kesempatan membership untuk para penonton video mendalami ilmu yang diberikan. Berikan beberapa video pada suatu topik tertentu. Lalu, ajak penonton untuk memperdalam ilmu atau pengetahuan terkait topik tersebut dengan sistem membership.

4. Buka Kesempatan Sponsorship

Sponsorship menjadi salah satu cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe yang praktis, selain Google AdSense. Seperti sistem sponsorship umumnya, kreator mencari partner sponsor yang dapat membiayai biaya produksi konten dan memberikan feedback untuk pihak sponsor. Proses mencari sponsor ini bisa dilakukan secara mandiri oleh kreator.

Beberapa orang mengatakan bahwa cara ini memiliki sistem yang sama seperti Google AdSense. Monetisasi dengan Google AdSense juga mengharuskan kreator untuk menampilkan iklan yang disediakan oleh pihak Google. Bedanya ialah, disini kreator akan terhubung langsung dengan partner sponsorship. Selain itu seluruh keuntungan juga dimiliki oleh kreator.

5. Jadi Pembicara

Mulailah membuat konten sambil melatih kemampuan berbicara. Lakukan dengan mulai membicarakan satu topik yang dikuasai. Kemampuan berbicara dan pemahaman mengenai topik tersebut dapat membuat kreator memiliki nilai yang bisa membawa karir kreator menjadi seorang pembicara.

Monetisasi channel YouTube memang bisa dari mana saja. Tidak terkecuali dengan menjadi pembicara. Namun, pastikan untuk menguasai topik yang pembaca bicarakan.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Youtube Yang Lemot Di Android Dengan Praktis

Itulah ulasan dari 5 cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe. Praktis, bukan? Jangan terpaku pada monetisasi Google AdSense saja. Gunakan kreativitas dan inovasi dalam membuat konten untuk mulai menghasilkan uang.

Related posts