Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang? Temukan Jawabannya di Sini!

Apakah Live Streaming YouTube Menambah Jam Tayang? Temukan Jawabannya di Sini!

Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan terutama oleh para konten kreator. Sebenarnya, apakah live streaming YouTube menambah jam tayang? Untuk mengetahui jawabannya, pengguna perlu mengetahui apa saja keuntungan dari melakukan live streaming di YouTube.

Jumlah jam tayang memang sudah menjadi salah satu indikator yang sangat diperhatikan agar bisa monetisasi channel YouTube. Untuk bisa monetisasi channel YouTube, sekurang-kurangnya, kreator harus memiliki jumlah jam tayang selama 4.000 jam. Tentu ini bukanlah jumlah yang sedikit. Lalu adakah hubungan live streaming dengan jam tayang? Simak ulasan berikut:

Read More

Keuntungan Live Streaming YouTube

Pada dasarnya, live streaming cukup menguntungkan untuk kreator. Dengan melakukan live streaming ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Menambah jam tayang bisa jadi bagian dari keuntungan tersebut. Selengkapnya, berikut ulasan apa saja keuntungan live streaming YouTube:

Baca Juga : 5 Cara Tag Youtube Agar Banyak Viewers Dengan Bantuan Website

1. Menghasilkan Uang

Keuntungan yang pasti diharapkan oleh banyak orang ialah menghasilkan uang. Percaya atau tidak, live streaming YouTube dapat menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit! Uang ini bisa didapatkan dari iklan yang terpasang pada saat melakukan siaran  langsung di YouTube. Pastikan tema live streaming menarik dan dapat mengundang banyak iklan.

Live streaming dengan tema menarik membuat produk-produk brand ternama tertarik untuk ikut memasang iklan. Kreator bisa menyisipkan iklan pada setiap bagian di live streaming. Misalnya di bagian awal saat pembukaan siaran, di tengah, atau pun di akhir siaran. Live streaming akan lebih optimal lagi jika channel YouTube sudah dimonetisasi.

2. Video yang Otomatis Tersimpan

Kini video live streaming di YouTube akan tersimpan otomatis di channel. Kreator tidak perlu repot merekam sendiri video dan mengunggahnya di kanal YouTube nya. Usai siaran langsung berakhir, video akan langsung tersimpan dan bisa kembali diputar kapan pun. Pengaturannya pun bisa disesuaikan untuk dilihat pribadi atau publik.

Pastikan kualitas koneksi internet kreator cukup baik agar hasil video live streaming yang tersimpan memiliki kualitas yang baik juga. YouTube menggunakan algoritma yang mengatur kualitas gambar sesuai dengan kualitas internet masing-masing penonton. Namun, untuk hasil video live streaming yang disimpan akan ditampilkan sesuai dengan kualitas internet kreator.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Youtube Yang Lemot Di Android Dengan Praktis

3. Biaya Produksi Miring

Siaran langsung tidak memerlukan biaya yang besar seperti proses pembuatan konten lain pada umumnya. Dengan melakukan siaran langsung, kreator bisa membuat atau mempromosikan kontennya dengan modal minim. Jika kreator ingin menghasilkan video live streaming dengan kualitas baik, banyak jasa video juga yang menyediakan layanan untuk membuat tayangan live streaming menarik.

Apakah Siaran Langsung Menambah Jam Tayang?

Usai mengetahui keuntungan dari live streaming, terutama untuk para kreator, apakah live streaming YouTube menambah jam tayang? Jika disimpulkan dari penjelasan di atas, maka jawabannya adalah iya. Secara tidak langsung live streaming menambah jam tayang channel YouTube. Ini dikarenakan banyaknya aktivitas penonton yang mengunjungi channel YouTube.

Siaran langsung tentunya mengundang banyak penonton. Ini membuat penonton YouTube mengunjungi channel YouTube baik untuk mengakses live streaming atau mengakses video rekamannya. Dengan adanya kunjungan ini tentu para penonton juga akan melihat koleksi video-video lain dari channel YouTube kreator. Tidak jarang, penonton merasa penasaran dan menontonnya juga. Alhasil, jam tayang kreator pun meningkat.

Baca Juga : 5 Cara Memotong Video YouTube Untuk Status WA di HP Android Menggunakan Aplikasi

Itulah sedikit ulasan dari keterkaitan live streaming dengan jumlah jam tayang. Kesimpulannya, apakah live streaming YouTube menambah jam tayang? Meskipun tidak langsung, live streaming mampu menambah jam tayang kreator. Siaran langsung mengajak penonton untuk mengunjungi channel YouTube. Dengan demikian, video-video lain juga mendapat tambahan jumlah jam tayang.

 

Related posts