Penyebab Anjing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anjing Muntah Kuning dan Cara Mengatasinya

Anjing yang mengalami gangguan kesehatan pasti akan menyebabkan pemilik menjadi khawatir. Bingung adalah respon yang umum terutama ketika anjing mengalami muntah kuning. Asam lambung yang tinggi adalah hal umum yang sering menjadi penyebab muntah kuning, namun ada juga penyebab-penyebab lainnya. Berikut adalah penyebab anjing muntah kuning dan cara mengatasinya:

Penyebab Anjing Mengalami Muntah Kuning

Mengetahui penyebab anjing muntah kuning adalah langkah awal yang tepat sebelum mengambil langkah selanjutnya. Mengatasi hal tersebut tanpa mengetahui penyebabnya malah bisa jadi membuat keadaan semakin parah. Berikut adalah uraian mengenai hal tersebut:

Read More

1. Tidak Makan dalam Waktu Lama

Penyebab anjing muntah kuning yang pertama adalah tidak makan dalam waktu lama. Anjing yang mengalami muntah kuning pada pagi hari dan tengah malam sudah bisa dipastikan mengalami iritasi lambung. Iritasi lambung terjadi karena keadaan perut yang kosong. Kondisi tersebut membuat cairan empedu masuk ke lambung sehingga lambung mengalami iritasi.

Baca Juga : 6 Pilihan Obat Gatal Tradisional Untuk Anjing Paling Manjur

Tidak makan dalam waktu lama akan menyebabkan penumpukan asam lambung dan membuat anjing mengeluarkan busa berwarna kuning. Gejala yang diakibatkan muntah kuning karena tidak makan dalam waktu lama adalah lesu dan hilang nafsu makan. Hal tersebut terjadi karena anjing merasakan sakit dari iritasi lambung.

2. Terserang Oleh Virus

Penyebab kedua adalah anjing terserang oleh virus. Virus yang dapat menyebabkan anjing mengalami muntah kuning salah satunya adalah virus parvo atau Canine parvovirus (CPV). Infeksi yang diakibatkan virus parvo cukup berbahaya karena virus ini sulit untuk dibunuh dan mampu bertahan hidup di berbagai lingkungan.

Virus parvo menyerang sel tubuh yang aktif membelah di bagian usus dan juga sumsum tulang. Sel darah putih anjing akan menurun secara drastis setelah virus menginfeksi. Hal tersebut menyebabkan imunitas anjing akan menurun dengan sangat cepat. Gangguan pada sistem pencernaan juga akan terjadi akibat usus yang terserang oleh virus tersebut.

Sistem pencernaan yang mengalami gangguan akan menyebabkan tubuh anjing tidak melakukan penyerapan nutrisi dengan maksimal. Akibat dari kekurangan nutrisi, anjing akan mengalami muntah kuning. Hal ini membuat kondisi anjing seperti tidak mendapatkan makanan dalam waktu yang lama karena tidak mendapatkan nutrisi dengan cukup.

Baca Juga : 6 Obat Kutu Anjing Alami Paling Ampuh

3. Meningkatnya Suhu Tubuh

Meningkatnya suhu tubuh pada anjing akibat cuaca panas bisa menjadi salah satu penyebab muntah kuning. Hal ini terjadi karena ketika suhu tubuh anjing meningkat maka akan semakin banyak cairan tubuh yang ikut berkurang. Hilangnya cairan tubuh berlebih akan mengakibatkan anjing mengalami muntah kuning karena gangguan sistem pencernaan.

4. Penyumbatan Pada Usus

Penyumbatan pada usus umumnya dapat terjadi pada siapa saja. Anjing yang mengalami penyumbatan pada usus akan membuat makanan dan cairan tertahan di dalam usus. Tekanan dari penumpukan makanan dan cairan akan menyebabkan muntah kuning bagi anjing.

Cara Mengatasi Muntah Kuning Pada Anjing

Ada berbagai macam cara mengatasi muntah kuning pada anjing. Pemilik wajib tahu cara mengatasi muntah kuning pada anjing agar dapat memberikan pertolongan pada anjingnya. Berikut adalah 3 cara mengatasi hal tersebut secara umum:

  • Puasakan anjing. Apapun penyebab anjing muntah kuning, langkah pertama yang dilakukan adalah puasakan anjing dari makanan. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan organ pencernaan waktu untuk beristirahat.
  • Bawa anjing ke tempat sejuk. Anjing yang mengalami muntah kuning baiknya segera ditempatkan di tempat yang sejuk. Hal ini berguna untuk menstabilkan suhu tubuh sehingga tidak ada sistem kerja tubuh yang terganggu akibat kepanasan.
  • Berikan air minum. Air minum berfungsi untuk mengembalikan stamina anjing karena lemas setelah mengalami muntah kuning. Pemberian air minum tidak perlu memaksa, cukup tempatkan air minum pada wadah didekat anjing.

Baca Juga : 5 Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih Dari Bahan Alami

3 cara mengatasi muntah kuning tersebut adalah pertolongan pertama dari segala penyebab anjing muntah kuning. Jika anjing mengalami muntah kuning secara berulang, ada baiknya membawa anjing ke dokter hewan.

 

Related posts