6 Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

6 Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Ternak kambing menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Kambing yang gemuk dan sehat adalah kunci dalam menjalankan bisnis di dunia ternak kambing. Cara merawat kambing agar cepat gemuk ada berbagai macam. Mulai dari faktor lingkungan sampai faktor makanan. Berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi kambing agar dapat tumbuh gemuk dan sehat:

1. Pastikan Lokasi Ternak Baik

Cara merawat kambing agar cepat gemuk yang pertama adalah menentukan lokasi ternak. Lingkungan berpengaruh terhadap tingkat stres kambing. Kambing yang mengalami stres akan membuat mereka mengalami pertumbuhan yang lambat dan turun nafsu makan.

Read More

Pedesaan adalah pilihan yang tepat untuk beternak kambing. Hal ini disebabkan lingkungan terbaik untuk beternak kambing adalah lingkungan yang tenang. Suasana tenang adalah suasana yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing. Peternakan kambing yang berada di kota, umumnya akan ditempatkan terhindar dari keramaian untuk mendapatkan suasana tenang.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Anak Kambing Tanpa Induk Agar Tumbuh Sehat

2. Kontrol Kondisi Kandang

Menghitung jumlah kambing adalah langkah awal dalam menentukan ukuran kandang yang sesuai. Kandang adalah salah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kambing. Ukuran kandang yang besar akan membuat kambing lebih leluasa dalam bergerak.kandang yang sempit akan membuat kambing sulit bergerak sehingga menyebabkan pertumbuhan akan terhambat.

Kebersihan kandang juga menjadi faktor yang menyebabkan kambing dapat tumbuh dengan cepat. Kandang yang kotor akan menjadi sarang penyakit di peternakan kambing. Kambing akan menjadi mudah terserang penyakit sehingga menjadi semakin kurus, bahkan memungkinkan terjadinya kematian pada kambing.

Rutin membersihkan kandang adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan kandang. Kotoran kambing dan sisa makanan, semuanya harus dibersihkan agar kambing dapat hidup dengan nyaman.

3. Pilih Bibit Kambing yang Unggul

Memilih bibit yang unggul adalah faktor penting dalam cara merawat kambing agar cepat gemuk. Faktor biologis dari induk ke anakan menjadi salah satu penentu untuk mendapatkan kambing yang gemuk dan sehat.

Ciri utama dari bibit kambing yang baik adalah posturnya biasanya akan lebih panjang dan kakinya lurus. Cara untuk mengetahui induk yang unggul secara lebih detail adalah melakukan konsultasi dengan ahli ternak kambing.

4. Beri Makanan dan Minuman yang Berkualitas

Cara merawat kambing agar cepat gemuk yang sudah umum adalah memberikan makanan dan minuman. Makanan menjadi faktor utama tetapi tidak semua makanan dapat membuat kambing menjadi gemuk dengan cepat. Rumput adalah makanan yang biasanya digunakan sebagai pakan kambing, namun rumput yang diberikan terus menerus membuat kambing merasa bosan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

Makanan lainnya yang dapat diberikan sebagai selingan rumput adalah biji-bijian, konsentrat dan makanan hijau lainnya selain rumput. Jangan sampai lupa untuk memberi minum juga pada hewan ternak. Tempat minum harus selalu terisi dan dijaga dalam keadaan yang bersih.

5. Rutin Cek Kesehatan Kambing

Penyakit menjadi faktor yang juga umum dalam menghambat pertumbuhan hewan ternak, tidak terkecuali kambing. Salah satu cara mengatasi penyakit adalah mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang kambing.

Penyakit yang tergolong sering dialami kambing adalah kembung atau masuk angin, sakit mata, kudis dan pneumonia. Apabila kambing dalam suatu peternakan mengalami gejala seperti perilaku yang tidak biasa, maka segera konsultasikan dengan dokter hewan.

6. Beri Suplemen

Cara merawat kambing agar cepat kembung yang terakhir adalah memberikan suplemen. Suplemen bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan imunitas kambing sehingga lebih terlindung dari penyakit. Vitamin, ramuan, dan jamu adalah contoh suplemen yang bisa diberikan kepada kambing.

Suplemen untuk kambing banyak dijual di toko alat dan bahan peternakan. Membuat suplemen sendiri secara alami juga bisa dilakukan untuk mengurangi biaya perawatan kambing.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

6 cara tersebut apabila diikuti dengan baik memiliki kemungkinan besar untuk menghasilkan kambing yang gemuk dan juga sehat. Semangat dan kesabaran dibutuhkan untuk terus konsisten dalam bisnis hewan ternak seperti kambing.

Related posts