Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

Seringkali terdapat beberapa permasalahan pada android, seperti hang, stuck logo atau gagal rooting. Salah satu solusinya yaitu dengan melakukan flash ROM pada android menggunakan QFIL atau Qualcomm Flash Image Loader. Namun belum banyak yang mengetahui bagaimana cara flash android Qualcomm sehingga dapat mengembalikan performa android seperti semula.

Tetapi sebelumnya pastikan tidak terdapat kerusakan pada hardware android, seperti pada LCD atau perangkat lainnya. Sebab, apabila kerusakan android terdapat pada hardware bukan software nya maka cara ini belum cukup membantu. Setelah memastikan hal tersebut, selanjutnya kenali keunggulan serta langkah cara melakukan flash android Qualcomm.

Read More

Keunggulan Flash Android Qualcomm

Sebelum mengetahui langkah cara melakukan flash android Qualcomm, kenali terlebih dahulu beberapa keunggulan menggunakan aplikasi ini. Pertama yaitu, aplikasi ini bersifat portable sehingga mudah dijalankan. Pengguna cukup mendownload aplikasi lalu meng-ekstrak filenya tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Android Dijamin Ampuh

Ukurannya yang kecil membuat aplikasi ini tidak memerlukan ruang penyimpanan yang banyak. Selain itu, ada beragam fitur yang ditawarkan pada perangkat yang menggunakan chipset Qualcomm. Tidak hanya itu, QFIL juga dilengkapi dengan log box sehingga pengguna tidak perlu memantau proses flashing sampai selesai.

Apabila terdapat kesalahan selama proses flashing, pengguna cukup melihat riwayat pada log box. Pengguna dapat langsung memperbaiki kesalahan pada proses flashing tanpa perlu mengulangnya dari awal. Adapun merek android yang dapat menggunakan aplikasi ini yaitu seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, Vivo, Asus dan Oppo.

Langkah Cara Flash Android Qualcomm

Sebelum masuk ke langkah cara flash android Qualcomm, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa diantaranya yaitu, laptop yang akan digunakan dalam kondisi full charged. Selanjutnya, siapkan kabel USB untuk menghubungkan android dengan laptop lalu backup data penting. Setelah semua terpenuhi, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download aplikasi QFIL pada laptop. Ukuran dari QFIL hanya 25 MB saja, sehingga aplikasi ini dapat dijalankan walaupun menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah.
  • Hubungkan android ke laptop menggunakan kabel USB, dan jangan lupa matikan android terlebih dahulu.
  • Masuk ke aplikasi QFIL yang sudah di download pada laptop.
  • Setelah masuk pada menu aplikasi, dibagian select build terdapat opsi flat dan meta build, klik opsi “flat build”.
  • Lalu pilih firmware dan sesuaikan dengan tipe android yang akan di
  • Selanjutnya ubah android menjadi mode 9008 agar dapat dideteksi oleh aplikasi.
  • Tunggu hingga muncul pemberitahuan deteksi. Jika belum muncul maka cek device manager pada laptop yang digunakan.
  • Jika terdapat tanda seru pada driver, maka hal yang harus dilakukan adalah meng-install ulang driver hingga berhasil.
  • Berikutnya akan muncul tulisan download pada aplikasi QFIL, klik tulisan tersebut dan tunggu hingga proses flash
  • Apabila muncul tulisan “download succeed”, maka itu menandakan bahwa proses flashing telah selesai.
  • Setelah flashing selesai, buka kabel USB dan nyalakan kembali android.
  • Langkah terakhir yaitu cek kondisi android. Sistem pada android otomatis akan kembali seperti baru lagi.

Baca Juga : 5 Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

Itulah tadi penjelasan mengenai keunggulan serta langkah cara flash android Qualcomm. Apabila mendapatkan android yang hang atau stuck logo maka segeralah lakukan flashing pada android sebelum kerusakannya bertambah parah. Jangan lupa untuk mengamankan data penting yang terdapat pada penyimpanan internal. Usahakan untuk menggunakan kabel data yang original.

Related posts