6 Pilihan Obat Gatal Tradisional Untuk Anjing Paling Manjur

6 Pilihan Obat Gatal Tradisional Untuk Anjing Paling Manjur

Anjing merupakan hewan peliharaan yang termasuk rentan terkena masalah kulit. Tidak terkecuali gatal-gatal. Penyebab gatal yang dialami anjing juga beragam. Bisa jadi karena adanya alergi, kutu, scabies, dan lain-lain. Apabila tidak segera ditangani, biasanya gatal akan berkembang menjadi lebih serius. Berikut ini adalah beberapa opsi obat gatal tradisional untuk anjing yang bisa dicoba. Simak informasinya di bawah ini:

1. Rolled Oat

Rolled oat sering menjadi pilihan untuk sarapan karena mengandung serat dan mengenyangkan. Selain itu, rolled oat juga sering digunakan untuk perawatan kulit karena dapat melembabkan kulit. Namun, rolled oat juga dapat digunakan sebagai obat gatal tradisional untuk anjing.

Read More

Cara menggunakannya adalah haluskan satu cup rolled oat dengan menggunakan blender. Haluskan hingga teksturnya seperti bedak. Pijatkan bedak rolled oat ini ke kulit anjing yang gatal. Bubuk rolled oat ini dapat membantu menghentikan gatal-gatal juga mengurangi frekuensi anjing menggaruk kulit yang gatal.

Baca Juga : 6 Obat Kutu Anjing Alami Paling Ampuh

2. Probiotik

Kultur bakteri probiotik seperti Lactobacillus bifidus dan Lactobacillus acidophilus sangat bagus untuk mencegah alergi. Namun, pemberian dua probiotik tersebut juga ampuh untuk mengatasi gatal-gatal pada anjing karena alergi.

Selain mencegah dan mengatasi gatal, kandungan ini juga cocok untuk menjaga pencernaan. Cara menggunakan probiotik sebagai obat gatal adalah, campurkan probiotik di pakan anjing. Selain itu, probiotik juga bisa diberikan dalam minumannya.

3. Makanan yang Mengandung Omega 3

Apabila anjing mengalami gatal, anjing perlu asupan omega 3 lebih banyak. Anjing dapat diberi pakan yang mengandung omega 3. Pemilik anjing juga bisa menambahkan minyak alami seperti minyak biji bunga matahari atau minyak ikan ke dalam pakannya. Zat omega 3 dapat membantu penyembuhan gatal pada anjing dari dalam.

Sebelum memberi minyak tersebut, konsultasikan dosisnya dengan dokter hewan. Apabila dosis minyak terlalu berlebihan, dikhawatirkan bobot anjing juga makin bertambah berat.

Baca Juga : Tips Merawat Jenis Anjing Pomeranian Untuk Pemula

4. Minyak Kelapa Murni (VCO)

VCO (virgin coconut oil) memiliki kandungan zat anti jamur juga antiseptik. Sehingga, bahan ini bisa menjadi pilihan untuk mengobati gatal pada anjing. Minyak kelapa ini dapat diberikan dalam pakan anjing untuk pengobatan dari dalam. Selain itu, usapkan minyak kelapa pada bagian yang gatal.

5. Baking Soda

Salah satu obat gatal tradisional untuk anjing yang mudah didapat adalah baking soda. Baking soda dapat membantu menghentikan anjing menggaruk kulit yang gatal. Cara menggunakannya adalah gosokkan lembut baking soda ke kulit yang mengalami gatal. Hindari area mata serta hidungnya.

Usahakan gosok baking soda sambil memijat anjing pelan-pelan. Anjing pun juga dapat menikmati pijatan ringan dari pemilik anjing. Sehingga, dapat mengurangi perhatiannya pada rasa gatal. Gunakan juga baking soda untuk membersihkan area kandang anjing agar terhindar dari kuman dan bau.

6. Oli Bekas

Ada satu bahan yang sulit dipercaya dapat menyembuhkan gatal pada anjing. Bahan itu adalah oli bekas. Banyak masyarakat yang menggunakan bahan ini untuk menyembuhkan gatal pada anjing yang disebabkan oleh tungau (scabies). Biasanya gatal akan sembuh sekitar 28 hari setelah diberikan oli bekas. Namun, bahan ini masih diuji keampuhannya lebih lanjut.

Itulah beberapa opsi obat gatal tradisional untuk anjing yang bisa dicoba di rumah. Pilih bahan-bahan di atas yang sesuai dengan penyebab gatal pada anjing. Bahan-bahan di atas tentunya mudah di dapat bahkan harganya cukup terjangkau.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Anak Anjing Tanpa Induk Agar Tumbuh Baik

Apabila pemberian bahan-bahan di atas belum cukup ampuh, segera bawa anjing ke dokter hewan. Dokter hewan dapat mendiagnosa dan memberikan penanganan yang terbaik untuk anjing.

 

Related posts