6 Cara Merawat Kura-Kura Ambon Agar Tumbuh Besar Dengan Cepat

6 Cara Merawat Kura-Kura Ambon Agar Tumbuh Besar Dengan Cepat

Kura-kura ambon membutuhkan perawatan khusus. Cara merawat kura kura ambon tidak sulit dan juga tidak mudah bagi pemula. Kura-kura ambon atau yang dikenal juga Kuya batok sendiri memiliki bentuk yang terbilang unik. Harga kura-kura ambon juga cukup terjangkau. Kura-kura ambon tergolong sebagai kura-kura semi aquatic. Oleh sebab itu Kuya batok dapat hidup di air maupun didarat.

Ciri-ciri kura-kura ambon yang unik seperti punggung yang berwarna kecoklatan, perutnya berwarna krem dengan bercak warna hitam yang cukup besar dan lain sebagainya menjadikanKuya batok pilihan favorit untuk pecinta kura-kura. Dengan perawatan yang tepat kura kura ambon dapat sehat dan tumbuh besar dengan cepat.

Read More

1. Siapkan Kandang yang Nyaman

Cara pertama yang harus dilakukan dalam merawat kura-kura ambon yaitu mempersiapkan kandang yang nyaman. Kandang untuk Kuya batok dapat berupa akuarium, kolam, ataupun bak plastik. Wadah-wadah tersebut dapat digunakan asalkan sudah diatur dengan tepat dan baik.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Kura Kura Brazil Agar Cepat Besar

Memakai kolam, aquarium maupun bak plastik tetap harus menyediakan bagian darat agar kura-kura bisa berjalan dengan baik. Hal itu disebabkan juga karena Kuya batok tidak pandai dalam berenang. Jika memakai kolam bisa ditambahkan dengan tumbuhan di sekelilingnya. Jika di akuarium dapat menambahkan pasir namun tidak disarankan menambahkan pernak pernik yang lainnya.

2. Beri Makan Kura-Kura Ambon secara Rutin

Cara merawat kura kura ambon selanjutnya yakni dengan memberikan makan secara rutin. Makan adalah kebutuhan pokok bagi kura-kura. Kondisi kesehatan kura-kura ambon dapat dilihat dari nafsu makannya. Kura-kura yang sehat langsung merespon setiap diberi makan dan langsung makan dengan lahap.

Kuya batok juga bisa diberi makan pelet, ikan, telur, daging ayam, jangkrik, udang, cacing beku, buah pepaya, pisang, mangga, sawi, kubis, dan lain sebagainya. Diantara semuanya, kura-kura ambon paling suka makan udang dan jangkrik. Namun ada baiknya perian makanan pada kura-kura bervariasi agar kura-kura tidak bosan.

3. Jaga Kesehatan Kura-Kura Ambon

Cara merawat Kuya batok selanjutnya yakni dengan menjaga kesehatannya. Layaknya makhluk hidup lainnya, kura-kura juga dapat terserang penyakit. Untuk itu sangat penting dalam menjaga kesehatan kura-kura ambon. Kuya batok sangat rentan terhadap infeksi, maka yang perlu diperhatikan yaitu cangkangnya.

Baca Juga : 5 Jenis Kura Kura Air Tawar yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Saat hewan ini terkena infeksi akan terjadi beberapa perubahan diantaranya hidung, mata, dan paruh kura-kura. Menjaga kesehatan kura-kura ambon ditujukan agar kura-kura dapat berumur panjang dan sehat. Kura-kura yang sehat dapat berumur panjang bahkan ada yang mencapai umur 180 tahun.

4. Selalu Ukur Suhu Kuya batok

Kura-Kura biasa hidup di lingkungan yang hangat dan tidak bisa hidup di lingkungan yang dingin. Letakan kendang Kuya batok di dalam ruangan. Hal itu ditujukan agar- suhu pada kendang kura-kura bisa tetap terjaga dan tetap pada suhu ruangan. Ada beberapa kura-kura yang dapat hidup di suhu 37 derajat celcius.

5. Jaga Kebersihan Kandangnya

Menjaga kebersihan kura-kura ambon sangatlah penting. Kunci utama dalam memelihara Kuya batok yakni kebersihannya. Baik kebersihan kendang ataupun tubuh kura-kura harus dibersihkan dengan rutin. Membersihkan kandang Kuya batok secara rutin atau berkala agar tidak ada kuman atau bakteri di kandangnya.

Jika menggunakan bak plastik wajib membersihkannya setiap 3 hari sekali. Sedangkan jika menggunakan kolam atau akuarium pembersihan dilakukan setiap 1 bulan sekali. Menjaga kebersihan kura-kura bisa dilakukan dengan cara memandikannya.

6. Memandikan dan Menjemur Kuya batok

Cara merawat Kuya batok yang terakhir yaitu memandikan dan menjemurnya. Cara memandikan kura-kura ambon sangat mudah yakni dengan menyiramnya menggunakan air bersih lalu sikat tempurung kura-kura dengan sikat gigi.

Sikatlah bagian tempurung sampai bersih, baik itu tempurung atas maupun tempurung bawah. Selanjutnya Bilas dengan air bersih beberapa kali. Kura-kura yang sudah bersih, lalu dijemur sekitar 20 sampai 30 menit.

Baca Juga : Mencari 5 Perbedaan Kura Kura Jantan Dan Betina Ternyata Mudah Ditemukan, Simak Tipsnya

Nah begitulah cara merawat kura kura ambon yang baik dan benar. Cara di atas sangat cocok bagi pemula yang ingin memelihara Kuya batok. Cara di atas juga bisa membuat tumbuh kembang kura-kura ambon sehat dan cepat besar.

Related posts