5 Jenis Makanan Kura Kura Brazil Agar Cepat Besar

Makanan Kura Kura Brazil

Makanan adalah salah satu komponen penting dalam memelihara seekor kura kura Brazil. Pemberian makanan yang tepat akan membantu kura kura sehat dan berkembang. Untuk memelihara kura kura Brazil yang masih kecil, makanan kura kura Brazil agar cepat besar merupakan hal yang sangat dicari.

Memelihara kura kura bukanlah sebuah pilihan yang buruk. Kura kura memiliki sifat yang jinak dan mudah diurus bahkan dalam soal makanan. Bukan termasuk makanan yang sulit dicari atau diolah, makanan makanan tersebut adalah:

Read More

1. Buah

Buah dikenal mengandung kaya manfaat. Serat, vitamin, bahkan mineral terkandung di dalam buah. Buah juga dikenal sebagai makanan yang menyegarkan dan dibutuhkan oleh hampir semua makhluk hidup. Begitu juga dengan kura kura Brazil.

Baca Juga : 5 Jenis Kura Kura Air Tawar yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Buah yang dipercaya berguna untuk mempercepat pertumbuhan kura kura antara lain apel, pepaya, pisang, dan tomat. Kura kura Brazil sangat menyukai keempat jenis buah ini. Meskipun begitu, pemberian buah tetap bisa diseling dengan buah yang lain.

2. Sayur

Selain buah, sayur jelas memiliki kandungan manfaat yang sama banyaknya. Dalam satu batang sayur bisa terkandung vitamin, zat besi, mineral, dan juga serat. Kebutuhan kura kura brazil akan sayur sangat besar karena sayuran termasuk makanan yang disukainya.

Bukan asal disukai kura kura brazil saja, sayuran rupanya mampu merangsang pertumbuhan kura kura Brazil agar cepat besar. Berikan sayuran hijau pada kura kura seperti bayam, sawi, wortel, dan selada. Zat yang terkandung dalam keempat jenis sayuran itu sangat berguna untuk kura kura.

3. Telur

Makanan kaya protein yang berasal dari hewan jenis ovovivipar ini ternyata termasuk dalam makanan kura kura Brazil agar cepat besar. Telur dikenal dengan kelezatannya dan digunakan beberapa hewan lain sebagai makanan pokok. Zat protein inilah yang terkenal membuat pengonsumsi telur cepat bertumbuh besar.

Baca Juga : Mencari 5 Perbedaan Kura Kura Jantan Dan Betina Ternyata Mudah Ditemukan, Simak Tipsnya

Kura kura Brazil membutuhkan telur ayam yang sudah direbus setiap 2-3 hari sekali. Setelah telur ayam direbus, potong potonglah telur sesuai ukuran kura kura. Untuk kura kura kecil, telur ayam bisa dipotong lebih kecil lagi supaya tidak tersedak.

4. Daging

Makanan daging tidak hanya diperuntukkan bagi karnivora saja. Hewan omnivora seperti kura kura bisa memakan daging untuk bertahan hidup. Bahkan beberapa jenis daging dapat membuat kura kura bertumbuh lebih cepat.

Daging dikenal dengan kandungan kalsium dan proteinnya yang tinggi. Kedua zat ini adalah komponen utama dalam daging untuk pertumbuhan kura kura. Berikan daging yang sudah direbus dan dipotong potong sesuai ukuran rahang kura kura. Daging yang digunakan bisa daging sapi, ayam, atau ikan.

5. Serangga

Serangga terkenal sebagai makanan empuk bagi beberapa hewan penguasa rantai makanan. Hewan serangga umumnya bertubuh kecil dan mudah dimangsa. Meski bertubuh kecil, protein serangga tidak bernilai main main. Serangga juga termasuk makanan favorit bagi beberapa hewan lainnya.

Pada dasarnya, kura kura Brazil menyukai berburu serangga di alam liar. Kura kura ini memakan beberapa jenis serangga dan juga cacing. Berikan beberapa jenis serangga untuk makanan selingan. Serangga yang digunakan bisa belalang, jangkrik, atau cacing. Kura kura pasti akan menyukainya.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Menjemur Kura Kura Brazil Yang Tepat

Sejatinya, kura kura Brazil adalah hewan berjenis omnivora, sama seperti kura kura jenis lainnya. Semua makanan akan habis dilahap olehnya. Namun, penentuan makanan kura kura Brazil agar cepat besar tidak bisa dilakukan asal. Makanan haruslah tidak mengandung banyak lemak agar tidak berpotensi membuat kura kura lebih gemuk dan susah bertumbuh.

 

Related posts