Materi UTUL UGM yang Masuk di Ujian

Materi UTUL UGM yang Masuk di Ujian

Universitas Gadjah Mada adalah salah satu kampus yang mempunyai banyak peminat di Indonesia setiap tahunnya. Salah satu seleksi penerimaan mahasiswa yang diadakan universitas yang terletak di Yogyakarta ini adalah UTUL (Ujian Tulis). Soal yang disediakan adalah soal yang berkualitas dan butuh persiapan matang sebelum mengerjakannya. Lantas, apa saja materi UTUL UGM?

Materi UTUL

Materi ujian tulis UGM terbagi menjadi 3 kelompok ujian. Seleksi ini terbilang sulit, bahkan diklaim lebih sulit dari soal UN dan SBMPTN. Tentu untuk bisa mengerjakan soal-soal UTUL dibutuhkan latihan mengerjakan soal. Berikut ini pembahasan tentang materi apa saja yang ada di UTUL UGM:

Read More

1. Kelompok Ujian SAINTEK

Materi ujian yang pertama yakni ujian sains dan teknologi. Jenis kelompok tes ujian saintek ini mengujikan tes kemampuan akademik dari calon mahasiswa. Tes ini meliputi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diantaranya adalah Fisika, Kimia, Biologi, dan juga Matematika IPA.

Baca Juga : Ketahuilah 5 Materi UTBK Ekonomi Sebelum Mengikuti SBMPTN

Soal yang disediakan bukan hanya sekedar soal pilihan ganda. Namun, juga terdapat pernyataan sebab dan alasan. Beberapa soal UTUL UGM yang diujikan pada 2021 pada kelompok ujian Saintek diantaranya adalah menghitung barisan aritmatika, menghitung peluang, bilangan geometri. Juga menghitung kalor, model atom Thomson, menghitung reaksi kimia, dan lain-lain.

2. Kelompok Ujian Sosial Hukum

Kelompok tes ujian soshum ini mengujikan tes kemampuan akademik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, seperti Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan juga Sosiologi. Selain itu, tes ini juga mengujikan tes kemampuan dasar umum mulai dari mata pelajaran Matematika Dasar, hingga Bahasa Inggris. Tidak lupa, UGM juga memasukkan TKDU potensi.

Banyak materi yang bisa dipelajari di kelompok ujian Soshum. Diantara materi yang keluar pada ujian soshum 2021 adalah tentang revolusi industri di Eropa, sistem tanam paksa, pola aliran sungai, hukum permintaan dan penawaran barang. Hingga keseimbangan pasar, elastisitas permintaan, kesetaraan gender, aspek ilmu geografi, soal studi kasus tentang resesi Indonesia, dan lain-lain

Baca Juga : Mata Kuliah Kedokteran Hewan, yang Bercita-cita Jadi Vet Wajib Tahu!

3. Kelompok Ujian Campuran

Materi UTUL UGM yang terakhir adalah jenis kelompok ujian campuran. Materi yang diujikan adalah materi yang mencakup mata pelajaran IPA, seperti Fisika, Kimia, Biologi, hingga matematika IPA. Selain itu, tes ini juga mengujikan tes kemampuan dasar umum dan tes kemampuan di bidang soshum yang meliputi mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.

Kiat-Kiat Sukses UTUL UGM

Setelah mengetahui materi UTUL, sekarang saatnya calon mahasiswa mempersiapkan diri sebelum menghadapi soal UTUL. Persiapan yang matang dilakukan agar dapat diterima di kampus favorit, seperti UGM. Berikut kiat sukses mengerjakan soal UTUL UGM:

  • Bawa kelengkapan ujian. Sebelum menghadapi ujian tulis, persiapkan semua perlengkapan ujian. Seperti dokumen Surat Keterangan Lulus (SKL), kartu peserta, dan peralatan tulis lengkap. Selain itu, survei terlebih dahulu lokasi ujian.
  • Memperbanyak latihan soal. Hal yang paling penting sebelum menghadapi ujian adalah memperbanyak latihan soal. Calon mahasiswa dapat mencari referensi soal-soal yang pernah diujikan sebelumnya dan mempelajarinya.
  • Ketahui tipe-tipe soal. Mengetahui tipe dari soal yang diujikan agar terbiasa mengerjakan soal tersebut. Biasanya, tipe soal yang diujikan tidak akan jauh berbeda, bahkan mirip dengan soal yang sebelumnya.

Baca Juga : Jangan Menyepelekan Materi Personal Hygiene Berikut Ini

Itulah penjelasan lengkap tentang materi UTUL UGM dan juga informasi tentang kiat-kiat sukses menghadapi UTUL UGM. Soal UTUL memang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dari soal lain, sehingga dibutuhkan persiapan matang. Materi-materi tersebut bisa dipelajari sebelum menghadapi ujian UTUL UGM. Semoga membantu!

Related posts