7 Cara Merawat Lovebird Jantan Agar Ngekek Panjang

7 Cara Merawat Lovebird Jantan Agar Ngekek Panjang

Burung yang sering dijadikan sebagai peliharaan dan dibudidayakan adalah lovebird. Banyak yang mengatakan hanya lovebird betina saja yang bisa ngekek. Padahal pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Asalkan diberikan perawatan yang baik dan benar, burung lovebird jantan juga bisa ngekek panjang. Di bawah ini cara merawat lovebird jantan agar ngekek panjang:

1. Selalu Satukan dengan Pasangannya

Burung lovebird jantan perlu dicarikan burung lovebird betina supaya dapat hidup berpasangan. Ini dilakukan agar birahi dari burung lovebird jantan dapat meningkat. Birahi yang meningkat tersebut dapat memicu burung lovebird jantan untuk ngekek dengan bebas. Sehingga apabila ingin burung lovebird jantan ngekek panjang, maka harus dicarikan pasangan yang bagus pula.

Read More

Cara merawat lovebird jantan agar ngekek panjang dengan selalu menyatukan dengan pasangannya ini merupakan cara yang paling digemari. Disatukan dengan pasangannya tidak hanya dilakukan untuk burung lovebird lomba, namun juga bisa untuk burung lovebird masteran. Penyatuan ini juga bisa membuat burung lovebird jantan terhindar dari stres karena hidupnya lebih nyaman.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Kutilang Agar Bersuara Merdu

2. Beri Pakan yang Bergizi

Burung lovebird jantan dapat ngekek panjang dipengaruhi oleh staminanya yang bagus. Stamina yang bagus diperoleh dari mengkonsumsi pakan yang bergizi. Burung lovebird sangat menyukai biji-bijian kecil, sehingga berikan biji-bijian kecil yang sesuai dengan bentuk paruhnya sebagai pakan. Pemberian pakan dengan asupan bergizi seimbang membuat fisik lovebird jantan sehat dan prima.

Pemberian pakan biji millet putih juga bisa membuat burung lovebird jantan ngekek panjang. Biji millet putih ini memicu lovebird membuka paruhnya dengan maksimal ketika ngekek. Tetapi, biji millet putih ini hanya direkomendasikan kepada lovebird yang aktif bergerak. Jika diberikan kepada yang tidak aktif bergerak, maka lovebird akan mencret dan sakit.

3. Embunkan Setiap Hari

Burung lovebird jantan dilakukan pengembunan selama beberapa menit setelah waktu subuh sampai matahari terbit. Bisa juga diembunkan dari pukul 4-6 subuh. Apabila diembunkan setiap hari, maka burung lovebird jantan akan terbiasa untuk ngekek panjang. Pengembunan juga dapat memperbaiki sistem pernapasan burung lovebird jantan, yang mana berpengaruh pada ngekek yang panjang.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Burung Cendet Cek Disini

4. Jemur Setiap Habis Mandi

Setelah diembunkan, keringkan sejenak lalu mandikan burung lovebird. Jika sudah mandi, jemur burung lovebird sekitar 1-2 jam untuk mencegah kedinginan. Kondisi burung lovebird yang segar setelah mandi serta hangat saat dijemur akan membantu mengeluarkan ngekek dengan durasi yang panjang. Penjemuran juga tetap dilakukan bersama pasangannya dalam satu kandang.

5. Lakukan Pemasteran

Pemasteran dilakukan dengan memperdengarkan suara lovebird lain melalui perangkat seperti HP, radio, dan semacamnya. Hal ini dimaksudkan agar burung lovebird jantan dapat belajar untuk ngekek panjang. Pastikan suara yang dihasilkan oleh perangkat yang digunakan itu jernih dan mirip dengan aslinya. Jika rutin dilakukan, maka burung lovebird jantan akan terbiasa menirukannya.

6. Beri Vitamin Tambahan

Vitamin penting untuk diberikan agar burung lovebird sehat dan staminanya bagus. Sebab jika kondisinya sakit, maka burung lovebird tidak akan bisa menghasilkan ngekek yang panjang. Apabila vitamin diberikan bersamaan dengan pakan yang bergizi, maka metabolisme burung lovebird menjadi bagus. Hal ini menghasilkan burung lovebird yang aktif dan suara ngekeknya panjang.

7. Jauhkan dari Tempat Bising

Untuk menghasilkan ngekek yang panjang, maka burung lovebird jantan harus diletakkan di tempat yang jauh dari kebisingan. Sehingga tempat-tempat seperti jalan yang ramai kendaraan lewat serta suara mesin pabrik yang nyaring harus dihindari. Hal ini dikarenakan tempat yang bising dapat membuat burung lovebird mengalami stres hingga depresi dan memicu kematian.

Oleh karena itu, burung lovebird harus diletakkan di tempat yang tenang dan sunyi. Jika tidak ada tempat yang sunyi, maka letakkan burung lovebird di tempat yang ramai dengan suara burung yang sama. Keadaan ini membuat burung lovebird menjadi lebih nyaman sekaligus bisa menjadi latihan untuk menghasilkan ngekek yang panjang.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Ketujuh cara merawat lovebird jantan agar ngekek panjang di atas sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten. Selama perawatan tersebut, pastikan burung lovebird jantan selalu berpasangan dengan burung lovebird betina supaya kondisinya nyaman untuk ngekek panjang. Perawatan di atas juga dapat disesuaikan kembali sesuai dengan kondisi kesehatan dan stamina burung lovebird.

Related posts