Cara Downgrade Android OPPO Tanpa Ribet

Cara Downgrade Android OPPO Tanpa Ribet

Bagi para pengguna smartphone terutama Oppo tentu saja sudah tahu tentang istilah downgrade bukan? Downgrade adalah sebuah istilah yang merujuk pada pengembalian aplikasi pada versi semula. Ini dilakukan pada setiap smartphone tidak terkecuali pada OPPO. Cara downgrade android oppo cukup mudah. Berikut ulasannya:

Mengenal Proses Downgrade OPPO 

Pada saat melakukan upgrade pada smartphone OPPO tidak menutup kemungkinan menyebabkan smartphone menjadi lebih lemot. Oleh karena itu, downgrade atau pengembalian ke versi  semula menjadi salah satu jalan alternatif  yang benar masalah ini.

Read More

Ini hanya bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan Google play store atau menggunakan sistem Android secara otomatis. Untuk melakukannya perlu mencari firmware.

Baca Juga : 3 Cara Upgrade Android Oppo A37F

Cara Downgrade Smartphone OPPO dengan Mudah 

Oppo merupakan sebuah merek hp yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Smartphone ini didukung dengan berbagai macam fitur yang canggih dan paket sistem yang lengkap. Selain itu, smartphone ini sudah ditanamkan dengan sistem downgrade yang dijamin sangat aman untuk dilakukan.

Untuk masalah downgrade, smartphone ini sudah terdapat sistem yang aman. Para penggunanya bisa melakukan downgrade melalui OTA.  Cara downgrade android OPPO satu ini cukup mudah. Berikut ini adalah tutorialnya, yaitu:

1. Unduhlah Firmware

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mendownload Firmware. Ini bisa diunduh secara online. Setelah itu, ikutilah langkah-langkah selanjutnya ketika aplikasi sudah terinstal di dalam hp.

2. Siapkanlah SD Card 

Untuk menampung data  pada versi sebelumnya, diperlukan SD Card. Gunakan card yang berkapasitas minimal 4 GB atau lebih. Semakin banyak kapasitasnya maka semakin bagus.  ini berguna untuk menyimpan data.

3. Formatlah SDCard  

Kartu SD Card harus di format menjadi Fat 32 Default. Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan PC maupun  laptop.  Ini akan berguna untuk membersihkan memori pada kartu dan untuk mempersiapkan diri  untuk diisi dengan data lainnya.

Baca Juga : 6 Cara Android Pindah Ke IOS Paling Mudah

4. Salinlah Firmware

Copy Firmware yang sudah diunduh ke dalam SD Card. Ini akan digunakan untuk melakukan proses downgrade pada smartphone OPPO. Selanjutnya, pasanglah SD Card pada ponsel OPPO yang akan dilakukan downgrade

5. Masukkanlah ke Menu Recovery Mode 

Setelah memasukkan SD Card, masuklah ke menu Recovery Mode. Cara cukup mudah dimana hanya butuh menekan tombol power dan juga volume secara bersamaan pada smartphone. Tahanlah hingga beberapa saat hingga muncul logo OPPO.

6.  Kliklah  Opsi Wipe Cache & Data  

Opsi Wipe Cache & Data  dipilih untuk menghapus data sampah yang ada pada Android. Pilihlah dan tunggu beberapa saat prosesnya.  Setelah selesai, pilihlah menu Install From Storage Device. Di sana cari dan pilihlah firmware yang sudah diunduh dan disalin ke SD Card. Tunggulah hingga selesai prosesnya.

7. Proses Downgrade Selesai 

Setelah prosesnya selesai, maka smartphone OPPO sudah berhasil di downgrade ke versi lama. Dengan begitu para pemilik hp OPPO sudah bisa menikmati performa yang sangat cepat.  Aplikasi pada smartphone akan kembali ke versi lama dan akan semakin membuat nyaman para penggunannya.

Cara downgrade Android OPPO tersebut bisa dicoba. Proses ini bisa dilakukan secara  di rumah sendiri tanpa harus pergi ke service center OPPO.  Hal ini akan membuat performa smartphone menjadi tidak lemot alias kembali maksimal.

Baca Juga : Jenis Dan Cara Pakai Android TV Box Paling Mudah

Proses inilah yang menjadi salah satu alternatif yang sangat bagus jika ponsel OPPO mengalami penurunan performa setelah di upgrade. Ini juga bisa dilakukan pada merek smartphone yang lainnya.

Related posts