6 Cara Merawat Burung Kutilang Agar Bersuara Merdu

Cara Merawat Burung Kutilang Agar Bersuara Merdu

Burung kutilang adalah salah satu jenis burung kicau yang masuk dalam suku Pycnonotidae. Burung ini berukuran kecil dengan panjang 18 cm hingga 19,5 cm dan beratnya 23 hingga 24 gram saja. Agar kutilang mampu bersuara indah, tentu dibutuhkan perawatan yang benar. Bagaimana cara merawat burung kutilang agar bersuara merdu?, simak ulasannya dibawah ini.

1. Mulai Pemeliharaan Sejak Kecil

Perawatan burung kutilang yang terbaik dilakukan sejak burung baru menetas. Segera pisahkan bayi kutilang dari induknya. Hal ini untuk memurnikan pendengarannya sehingga terhindar dari kebiasaan meniru suara master yang dimiliki sang induk. Terutama jika suara sang induk dinilai kurang merdu.

Read More

Karena bayi kutilang dipisahkan dari induknya yang bisa memberikan makanan dan melindunginya dari udara dingin, maka pemilik burung harus menyediakan kandang yang hangat dan makanan yang sesuai dengan usianya yang masih bayi.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Burung Cendet Cek Disini

Pakan yang dapat diberikan untuk bayi kutilang dapat berupa bubur yang dibuat dari campuran voer dan air. Oleskan bubur pada lidi atau sedotan. Hal ini dapat diberikan hingga bayi kutilang berusia 30 hari dan sudah mulai mandiri.

2. Pisahkan dari Burung Kutilang Liar

Agar burung kecil tidak menirukan suara kicauan burung liar disekitarnya, burung harus dijauhkan dari burung-burung yang berkeliaran. Seperti halnya anak kecil yang mudah menyerap segala hal di sekitarnya, burung kutilang kecil pun dapat dengan mudah menirukan suara-suara master yang didengarnya.

Menjauhkan burung kecil dari kumpulan burung liar merupakan cara merawat burung kutilang yang sangat berguna untuk menjaga pendengaran sang burung agar tetap murni. Gantung kandang burung ditempat yang tidak dapat dimasuki oleh burung liar.

3. Satukan Burung Kecil dengan Burung Masteran

Jika burung liar menjadi ancaman, tidak demikian halnya bagi burung masteran. Burung ini justru harus dibiarkan berada berdekatan dengan si burung kecil agar suara kicauannya selalu didengar oleh si burung kecil.

Namun jangan memberikan burung masteran dengan jumlah terlalu banyak karena akan menyebabkan kebingungan pada burung kutilang kecil. Sebaiknya sandingkan burung kecil dengan satu ekor burung masteran saja dan biarkan si burung kecil belajar bagaimana cara berkicau dengan merdu.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Cara lain yang dapat digunakan agar burung kutilang bersuara merdu adalah memutar MP3 berisi suara burung yang gacor dan merdu. Lakukan hal ini setiap pagi dan sore serta pada saat diberi makan. Gunakan jentikan jari untuk melatih burung bernyanyi mengikuti alunan suara di MP3.

4. Beri Makanan Bergizi

Burung kutilang umumnya mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan dan serangga. Namun untuk menambahkan nutrisinya dapat juga ditambahkan beberapa jenis makanan seperti buah pisang, pepaya, kroto segar, jangkrik hingga ulat hongkong.

Jangan berikan makanan yang sama secara monoton atau terus menerus karena hal ini akan menimbulkan rasa jenuh dan stress pada burung. Berikan pakan dengan menu yang bervariasi agar sang burung selalu merasa senang.

5. Mandikan dengan Teratur

Burung juga membutuhkan kegiatan mandi agar tubuhnya segar. Gunakan kain yang halus dan lembut atau bisa juga menggunakan semprotan untuk membersihkan beberapa bagian tubuh burung.

Jangan menekan terlalu kasar pada saat membersihkan burung agar tidak menimbulkan rasa sakit pada badannya yang kecil dengan mandi secara teratur kondisi tubuh burung akan selalu terjaga kebersihannya.

6. Jaga Kebersihan Kandang

Bukan hanya kebersihan tubuh burung yang harus dijaga. Kebersihan kandang pun harus menjadi perhatian agar burung kutilang tetap terjaga kesehatannya. Kotoran dan bakteri yang menumpuk di dalam kandang akan menimbulkan aneka penyakit jika tidak rutin dibersihkan.

Baca Juga : 5 Jenis Kura Kura Air Tawar yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Demikian ulasan mengenai cara merawat burung kutilang agar tumbuh sehat dan bersuara merdu. Bagi para pecinta burung keindahan suara burung peliharaan adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

Related posts