Keunggulan Jenis Kelinci Bligon dan Tips Beternaknya

Keunggulan Jenis Kelinci Bligon dan Tips Beternaknya

Kelinci merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara karena keindahan dan kelincahannya. Tidak hanya menjadi hewan peliharaan, ada pula jenis kelinci yang diternakkan untuk dikonsumsi. Kelinci yang kerap diternakkan menjadi pedaging adalah jenis kelinci bligon. Kelinci bligon merupakan persilangan antara kelinci Indonesia dan Australia, serta dapat memiliki berat hingga 5 kg. Simak keunggulan lainnya yang dimiliki kelinci bligon serta tips beternaknya di bawah ini.

Keunggulan Jenis Kelinci Bligon

Kelinci bligon memiliki banyak keunggulan sebagai hewan yang diternakkan. Jika ingin memelihara kelinci dan menjadikannya ternak tidak salah memilih jenis kelinci bligon. Inilah beberapa keunggulan atau manfaat yang dimiliki kelinci ini :

Read More

1. Dagingnya Rendah Lemak

Daging kelinci bligon memiliki kadar lemak yang rendah dan zat natrium yang tinggi. Sehingga, daging ini sering dicari orang yang sedang menjaga berat badan. Meskipun rendah lemak, rasanya tetap lezat diolah menjadi apa saja. Pastinya daging kelinci bligon memiliki peminat yang cukup banyak karena banyak yang mencari daging rendah lemak.

Baca Juga : 5 Cara Memberi Minum Kelinci, Pemula Wajib Tahu

2. Rendah Kolesterol

Salah satu manfaat daging dari jenis kelinci bligon adalah dagingnya kaya gizi namun rendah kolesterol. Bahkan, daging ini dianjurkan untuk dikonsumsi lansia yang memiliki penyakit jantung. Untuk mempercepat penyembuhan, dianjurkan mengonsumsi daging ini sebanyak 100 gr.

3. Produktivitas Tinggi

Beratnya yang dapat mencapai 5 kg per ekor dapat menguntungkan bagi peternak. Hal ini dikarenakan daging yang dihasilkan cukup banyak untuk bisa dijual. Selain itu, kelinci ini dapat melahirkan 5-10 ekor anak. Sehingga, kelinci ini termasuk produktif untuk dijual.

4. Modal Sedikit Bisa Untung Besar

Modal yang dikeluarkan untuk beternak kelinci bligon cukup sedikit. Misalnya harga anakan jenis kelinci bligon yang cukup terjangkau (100-200 ribu). Namun, kelinci ini dapat dijual kembali dengan harga yang tinggi. Harga jual kelinci ini dapat mencapai 200 ribu per ekornya. Apalagi permintaannya cukup tinggi.

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Kelinci dari Paralon yang Nyaman

Tips Beternak Jenis Kelinci Bligon

Beternak kelinci ini sebenarnya susah-susah gampang. Namun dengan mengetahui tips dibawah ini, bisa jadi hasilnya akan untung besar. Berikut tips beternak yang bisa diikuti:

1. Gunakan Kandang Yang Sesuai

Kelinci bligon akan bertubuh besar dan memiliki anak yang banyak. Kelinci juga butuh ruang untuk bergerak bebas tanpa sesak. Sehingga, butuh kandang yang cukup luas untuk menampungnya. Peternak dapat membuat kandang jenis tertutup. Buatlah panjangnya pada masing-masing slot berukuran 70 cm, tingginya 50 cm, lebarnya sekitar 60 cm.

2. Jodohkan Sejak Masih Muda

Usahakan berikan pasangan kelinci bligon sejak usianya masih kecil. Kelinci ini bersifat agresif dan akan melindungi teritorinya dari kelinci lain. Sehingga, ditakutkan kelinci malah saling bertengkar di kandang dan melukai satu sama lain bila baru bertemu saat dewasa.

3. Jangan Kawinkan dengan Pure Breed

Jangan sampai mengawinkan kelinci bligon dengan kelinci pure breed. Hal ini dikarenakan akan merusak gen sehingga keturunannya nanti akan tidak bagus. Keturunannya akan memiliki tubuh dan bobot yang lebih kecil dari induknya. Sehingga, kualitasnya jadi menurun.

Baca Juga : Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

4. Pilih Induk Berkualitas Tinggi

Salah satu tips paling penting dalam beternak kelinci bligon adalah memilih induk berkualitas. Induk terbaik dan unggul akan menghasilkan keturunan yang baik pula. Belilah induk atau anakan bligon dari breeder yang terpercaya.

Itulah informasi mengenai keuntungan beternak jenis kelinci bligon, serta tips menternakkannya. Beternak kelinci jenis ini bisa menjadi pilihan karena permintaan yang tinggi serta termasuk mudah dibudidayakan. Selamat mencoba.

Related posts