5 Cara Merawat Burung Cendet Cek Disini

Cari Cara Merawat Burung Cendet Cek Disini

Burung cendet merupakan salah satu burung yang kicauannya banyak disukai. Mungkin itu adalah alasan utama mengapa banyak penggemar burung yang menginginkan burung kecil ini untuk dipelihara. Habitat asli burung cendet adalah hutan yang rimbun, maka cara merawat burung cendet pun harus diperhatikan baik baik agar burung tidak stres.

Burung cendet dikenal sebagai burung yang memiliki sensitivitas tinggi. Burung cendet juga dikenal ganas soal teritorial namun merupakan burung yang mudah jinak. Agar tidak bingung bagaimana cara merawat cendet, silahkan simak uraian berikut:

Read More

1. Kontrol Kebersihan Kandang

Rumah tinggal adalah pengaruh utama dari segala aktivitas yang dilakukan makhluk hidup. Jika rumah tinggal kotor, maka makhluk yang hidup di dalamnya akan mudah terkena penyakit sehingga apapun kegiatan yang dilakukan akan menjadi tidak semangat. Sebaliknya jika rumah bersih, penghuninya akan merasa betah, nyaman, dan sehat.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Oleh karena itu, kebersihan kandang harus sangat diperhatikan oleh pemelihara cendet. Bersihkan kandang secara rutin. Buang kotoran cendet dan ganti makanan dan air minum cendet sesering mungkin. Hindari juga meletakkan kandang di dekat tempat yang kotor seperti gudang atau kandang ternak.

2. Mandikan Cendet

Selain kebersihan kandang yang harus dijaga, kebersihan tubuh cendet juga harus sama diperhatikannya. Memandikan cendet secara rajin akan menghindarinya dari kuman atau kutu penyebab penyakit burung.

Memandikan cendet dengan air, namun hindari keadaan basah kuyup. Setelahnya, jemur cendet di bawah matahari hangat pagi selama 1 – 2 jam, antara jam 8 sampai jam 11. Jangan jemur terlalu lama atau terlalu siang, cendet bisa lemas dan dehidrasi.

3. Beri Pakan

Pakan burung juga merupakan pondasi penting dalam cara merawat burung cendet. Karena cendet aslinya berhabitat di hutan, berikan cendet makanan serupa buah dan biji bijian. Selain itu, burung cendet juga bisa diberi makanan berupa serangga seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Kenari Biar Gacor, Terbukti Berhasil Akurat

Makanan berupa voer boleh diberikan ke burung cendet. Sebaiknya, voer mengandung protein sedang, sekitar 12 – 18%. Voer berharga mahal tidak menjamin cocok dengan metabolisme burung cendet. Gantilah voer di tempat makanan secara rutin.

4. Lakukan Pelatihan

Burung cendet adalah burung yang terkenal dengan cuitan indahnya. Tentu saja, kicauan itu tidak didapatkan secara instan. Burung cendet harus melalui rangkaian pelatihan bersiul sebelum bisa mengeluarkan siulan yang diinginkan.

Pelatihan atau sering disebut pemasteran dilakukan pada saat burung sudah dimandikan dan diberi makan. Lakukan pemasteran dengan suara suara burung master, dengan suasana tenang dan volume yang kecil. Pemasteran dilakukan secara berulang ulang sampai burung cendet bisa mengeluarkan cuitan sendiri.

5. Merawat Cendet saat Sakit

Makhluk hidup pasti tidak dapat menghindar dari sakit, begitu pula dengan burung cendet. Kondisi cuaca yang berubah ubah tak menentu menjadi faktor utama burung cendet sakit. Selain itu, cara memandikan cendet yang salah juga bisa memicu penurunan kondisi fisik burung ini.

Saat cendet sedang sakit, tambahkan porsi jangkrik pada makanannya. Berikan 5 ekor jangkrik saat pagi dan sore. Waktu memandikan cendet dilakukan dua hari sekali saja, dan hindari cendet melihat burung lain agar tidak stres. Asupan vitamin juga harus dijaga agar cendet kembali sehat.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor dan Jinak

Rangkaian cara merawat burung cendet harus dilakukan secara telaten dan sabar. Kesulitan dalam proses perawatan wajar dirasakan pada saat awal awal memelihara cendet. Namun, lama kelamaan merawat burung cendet tidak akan terasa membebankan lagi dan membawa keenjoyan tersendiri saat merawatnya.

Related posts