Mau Tahu 5 Cara Ping Android Tanpa Aplikasi Cek Disini!

Mau Tahu 5 Cara Ping Android Tanpa Aplikasi Cek Disini!

Umumnya, kegiatan ping pada android harus dilakukan menggunakan aplikasi. Penyebabnya ialah dukungan kemudahan dan juga hasil yang akurat. Namun sebenarnya,ada cara ping android tanpa aplikasi yang sama sama memberikan hasil terpercaya. Bahkan cara ini lebih mudah karena tidak butuh aplikasi yang hanya memenuhi ruang penyimpanan android.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara ping android tanpa menggunakan aplikasi, mari sama sama pahami apa itu ping dan apa kegunaannya.

Read More

Pengertian Ping dan Fungsinya

Ping adalah kegiatan mengecek status kekuatan jaringan internet. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para streamer atau gamer yang membutuhkan sinyal kuat untuk menopang aktivitasnya. Pengelola bisnis yang membutuhkan komunikasi intens juga membutuhkan ini. Ping dilakukan untuk memperkirakan apakah baik jika menjalankan internet pada kecepatan jaringan di angka yang ditampilkan nanti.

Baca Juga : Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

Kegiatan ping ini tidak memiliki fungsi lain selain mengecek kekuatan signal. Meskipun terdengar tidak begitu penting bahkan cenderung sepele, namun dapat membuat pengguna internet ingin tahu mengenai status kecepatan jaringan yang digunakan. Selain itu, pengecekan juga berguna untuk mengambil langkah bijak tentang kapan internet bisa digunakan dan kapan tidak.

Ping lewat Android Dengan Tanpa Aplikasi

Cara ping android tanpa aplikasi dapat dijalankan dengan mengikuti langkah cara yang akan dibahas di bawah. Ping cara ini tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti biasanya. Kelebihannya, dapat dilakukan kapanpun dan dalam keadaan apapun, syaratnya hanya ketersediaan internet saja. Langkah langkahnya adalah:

1. Buka Browser

Langkah paling awal adalah membuka browser apa saja yang dimiliki di ponsel. Setiap ponsel setidaknya memiliki minimal satu aplikasi browser. Sebaiknya, pakai browser yang memiliki kekuatan paling besar, yaitu Chrome. Meskipun browser lain bernilai sama, namun pengujian ping di Chrome memiliki hasil yang lebih akurat.

2. Cari ‘Speed Test Google’

Setelah membuka browser, sekarang saatnya menuju kotak pencarian. Ketikkan speed test pada bar pencarian Google dan tunggu hasilnya keluar. Pada hasil paling atas, muncul keterangan mengenai tes kecepatan jaringan internet. Selain itu, keterangan mengenai kecepatan maksimal dan minimal sebuah jaringan yang bagus turut terpampang.

Baca Juga : 2 Cara Ganti IMEI Android Qualcomm Tanpa Root Termudah

3. Tekan Menu Pilihan Menuju Ping

Pada keterangan yang terlihat jelas di halaman Google tersebut, ada sebuah menu tools yang bertuliskan cek koneksi. Menu itulah yang akan mengantarkan pengguna internet pada sesi ping yang ditunggu tunggu. Tekan menu tersebut dan biarkan server memproses data.

4. Tunggu Proses Selesai

Pengecekan kekuatan jaringan internet biasanya tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Setelah ditunggu selama beberapa saat, hasil akan langsung keluar di layar. Detail mengenai kekuatan jaringan diukur dalam satuan Mbps. Pada halaman itu juga tertulis keterangan mengenai sanggup tidaknya server game atau download dijalankan dengan kekuatan jaringan yang sudah diuji.

5. Lakukan Pengecekan Sekali Lagi

Mungkin hasil sudah keluar, namun terkadang ping pertama hasilnya kurang memuaskan. Bukan tanpa sebab, menjalankan browser untuk pertama kalinya dapat mempengaruhi kekuatan internet yang masih belum stabil. Lakukan pengecekan ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Android Dijamin Ampuh

Bagi yang memiliki aplikasi ping internet, memang rasanya lebih mudah jika ping dilakukan lewat bantuan sebuah aplikasi saja. Namun, bagi yang tidak memiliki aplikasi, cara ping android tanpa aplikasi di atas dapat dilakukan langsung. Tidak repot dan tidak harus menghabiskan banyak ruang. Hasil yang diberikan pun sama akuratnya dengan aplikasi.

Related posts