5 Cara Menyembuhkan Hernia Tanpa Operasi, Paling Efektif

Cara Menyembuhkan Hernia Tanpa Operasi, Paling Efektif

Penyakit hernia paling cepat disembuhkan melalui jalan operasi. Namun untuk kondisi tertentu dimana penyakit belum terlalu parah ada cara menyembuhkan hernia tanpa operasi yang dapat dilakukan sebagai alternatif pengobatan.

Hernia atau yang juga dikenal sebagai turun berok terjadi saat ada organ dalam yang menonjol keluar. Kondisi seperti ini sering terjadi di area perut dan tentunya sangat mengganggu. Simak ulasan lengkap mengenai beberapa pengobatan hernia tanpa operasi dibawah ini.

Read More

1. Mengubah Pola Makan

Perubahan pola makan ke arah yang lebih sehat dapat menghambat perkembangan hernia, terutama pada jenis hernia hiatus yang menyerang lambung. Dengan memperbaiki pola makan maka beban kerja lambung akan berkurang dan penyakit hernia pun dapat disembuhkan.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

Hindari makan dengan porsi yang besar. Sebaiknya kurangi jumlah makanan yang dikonsumsi agar berat badan tidak meningkat. Cukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperlunya, tanpa harus makan berlebihan. Setelah makan, beri waktu jeda bagi tubuh untuk memproses makanan dan jangan dulu melakukan aktifitas berbaring atau membungkuk.

2. Jangan Terlalu Sering Mengejan

Di awal artikel sudah dijelaskan bahwa hernia terjadi akibat ada bagian organ tubuh yang menonjol atau menekan ke bawah. Karena kondisi ini maka penderita sangat dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengejan terutama pada saat buang air besar. Jika banyak mengejan maka akan membuat organ yang menonjol semakin terdorong ke bawah.

Supaya tidak banyak mengejan pada saat buang air besar, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah sesering mungkin. Dengan mengkonsumsi makanan kaya serat pencernaan pun lebih sehat dan tidak perlu lagi banyak mengejan pada saat BAB.

3. Melakukan Olahraga yang Tepat

Olahraga dapat mengurangi berat badan dan menjaga kebugaran dan memperbaiki kualitas otot disekitar area timbulnya hernia. Sehingga berolahraga dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan hernia tanpa operasi yang paling mudah.

Namun harus diketahui bahwa jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh penderita hernia hanyalah olahraga ringan saja seperti jalan cepat, bersepeda atau yoga. Sebelum melakukan kegiatan olahraga sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada dokter agar mendapat arahan yang tepat.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

4. Mengkonsumsi Obat Secara Teratur

Bagi penderita hernia hiatus, ada beberapa jenis obat yang harus dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam dalam lambung sehingga tetap terasa nyaman. Obat tersebut bisa berupa antasida, penghambat reseptor dan penghambat pompa proton.

Untuk jenis penyakit hernia lainnya obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) juga dapat dikonsumsi secara teratur. Namun, sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut lakukan konsultasi dengan dokter dan pastikan tingkat keamanannya.

5. Mengkonsumsi Ramuan Herbal

Indonesia terkenal kaya akan aneka tanaman herbal yang berkhasiat menyembuhkan aneka jenis penyakit. Beberapa diantaranya terbukti dapat menyembuhkan penyakit hernia. Ramuan tersebut adalah :

  • Campurkan 1 buah telur ayam kampung kuning nya saja, satu sendok madu dan satu sendok makan minyak Samin, kemudian aduk hingga merata. Minum setiap pagi secara rutin.
  • Daun bakung segar berukuran besar, olesi minyak dan panaskan diatas api kecil lalu gunakan seperti pampers atau pembalut.
  • Ambil segenggam daun ciplukan atau cecendet cuci bersih kemudian giling hingga halus. Campurkan juga adas dan pulasari. Setelah halus beri minyak nabati dan sedikit garam. Oleskan secara rutin di bagian hernia.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Demikian ulasan mengenai cara menyembuhkan hernia tanpa operasi. Sekali lagi, cara ini dapat dilakukan hanya pada kondisi dimana penyakit belum berkembang menjadi lebih parah. Jika penyakit baru terdeteksi dalam kondisi yang buruk maka pengobatan melalui jalan operasi harus segera dilakukan.

Related posts