Cara Membuat Kandang Kelinci dari Paralon yang Nyaman

Cara Membuat Kandang Kelinci dari Paralon yang Nyaman

Tempat tinggal yang nyaman akan meminimalisir kemungkinan kelinci mengalami stres. Membuat kandang tentunya membutuhkan beberapa pertimbangan seperti harga, tahan lama dan kokoh. Paralon menjadi salah satu bahan yang dinilai cukup ekonomis dan anti karat. Berikut adalah cara membuat kandang kelinci dari paralon dan kelebihannya:

Kelebihan Kandang Kelinci dari Paralon

Mengetahui kelebihan paralon adalah hal yang penting sebelum mempelajari cara membuat kandang kelinci dari paralon. Paralon atau PVC adalah salah satu jenis material konstruksi yang memiliki banyak manfaat jika digunakan untuk membuat kandang. Kandang utama, tempat minum, pengatur cahaya adalah contoh pemanfaatan paralon dalam membuat kandang.

Read More

Paralon memiliki kelebihan utama yaitu lebih ekonomis dan anti karat jika digunakan sebagai bahan kandang. Kelebihan lainnya adalah paralon lebih tahan terhadap panas, elastis sehingga mudah dibentuk, ringan dan memiliki daya tahan yang kuat. Material paralon mampu bertahan hingga lebih dari 3 tahun.

Cara Membuat Kandang

Memahami bagaimana cara membuat kandang kelinci dari paralon menjadi hal penting sebelum mencoba untuk membuat kandang. Paralon memang bahan yang elastis tetapi kesalahan memanfaatkan bahan material ini bisa membuat kandang tidak kokoh dan tidak enak dipandang. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kandang kelinci:

Baca Juga : Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

1. Membuat Rancangan Konsep Kandang

Rancangan konsep kandang harus dibuat sebelum melanjutkan langkah selanjutnya. Konsep kandang dibuat agar lebih mudah dalam menyiapkan alat dan bahan pembuatan kandang. Model kandang, jumlah lantai dan ukuran adalah hal yang harus perhatikan dalam membuat konsep kandang. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepadatan kandang dan tingkat kesulitan pembuatan.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Hal dasar yang harus disiapkan sebelum membuat kandang adalah alat dan bahan yang akan digunakan. Paralon sebagai material utama digunakan dalam membuat kandang, namun tidak hanya paralon saja. Material pendukung seperti tripleks, kawat, kabel tis, dan engsel juga dapat dipertimbangkan dalam membuat kandang.

Material paralon yang digunakan dalam membuat kandang ada bermacam-macam seperti paralon panjang, siku L, sambungan T dan juga penutup paralon. Ukuran yang beragam juga memberi kebebasan memilih untuk membuat kandang. Semua tergantung dari ukuran kandang dan variasi yang ingin dibuat pada kandang.

3. Membuat Kerangka Kandang

Cara membuat kandang kelinci dari paralon yang selanjutnya adalah membuat kerangka. Kerangka kandang dibuat menggunakan material utama yaitu paralon. Paralon digunakan kerangka agar kandang menjadi lebih kokoh dan mudah dibentuk.

Baca Juga : Kenapa Kelinci Cepat Mati Ini Jawabannya

Pembuatan kerangka jika menggunakan bentuk dasar persegi disarankan untuk membuat bagian bawah menjadi dua lapisan. Lapisan pertama akan menjadi bagian dasar untuk ditinggali oleh kelinci dan lapisan kedua untuk menampung kotoran kelinci. Kerangka dibuat berdasarkan konsep rancangan kandang namun, seringkali konsep dapat berubah ditengah jalan saat pembuatan kerangka.

4. Merangkai Bagian Sisi-sisi Kandang

Kerangka yang sudah selesai dibuat selanjutnya dikombinasikan dengan material pendukung untuk memenuhi bagian sisi. Material kawat digunakan hampir pada seluruh bagian untuk menutup sisi. Bagian sisi depan dikombinasikan dengan engsel, kabel stik, dan tripleks untuk membuat pintu.

Sisi atas kandang baiknya setelah dilapisi oleh kawat, dilapisi lagi oleh paralon untuk melindungi kelinci dari panas matahari secara langsung. Paralon disusun secara rapat di bagian atas, kebutuhan sinar matahari akan didapatkan dari sisi samping dan depan.

Lapisan kedua bagian bawah umumnya dikombinasikan dengan kayu yang tidak disambung secara permanen. Hal ini dilakukan untuk memudahkan membersihkan kandang dari kotoran kelinci.

5. Membuat Variasi Sesuai Keinginan

Bagian terakhir dari cara membuat kandang kelinci dari paralon dan membuat variasi. Mulai dari penambahan saluran pembuangan, penambahan tempat makan dan minum, dan tempat bermain kelinci. Variasi tidak wajib untuk dibuat jika tujuannya hanya membuat kandang sederhana.

Baca Juga :  5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

Uraian tersebut sudah menjelaskan tentang kelebihan dan cara membuat kandang. Menentukan ukuran adalah hal yang penting sebelum mencoba membuat kandang kelinci. Jangan ragu untuk mencoba.

Related posts