Apa Saja Mata Kuliah S2 Manajemen, Berikut Informasinya!

Apa Saja Mata Kuliah S2 Manajemen, Berikut Informasinya!

Salah satu jurusan yang paling banyak diincar di jenjang pendidikan S2 adalah jurusan manajemen. Tidak heran, jurusan ini menjadi primadona karena jurusan ini menawarkan prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Namun, sebelum memutuskan untuk kuliah S2 jurusan manajemen, sebaiknya calon mahasiswa harus mengetahui mata kuliah S2 manajemen.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara detail, apa saja yang akan dipelajari selama mengambil jurusan S2 manajemen. Jurusan manajemen akan mengambil mata kuliah yang mampu meningkatkan skill yang dibutuhkan dalam kehidupan nyata. Berikut informasi lengkap tentang mata kuliah yang akan dipelajari di S2 manajemen:

Read More

1. Manajemen Keuangan

Magister S2 pasti akan mempelajari mata kuliah manajemen keuangan secara mendalam. Secara umum, manajemen keuangan mempelajari tentang perencanaan keuangan perusahaan dengan melihat dari segi aspek keuangan, moneter, kinerja perusahaan, dan lain-lain.

Baca Juga : 7 Mata Kuliah Sosiologi UI, Paling Unik dan Beda!

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang manajemen keuangan internasional mengenai neraca pembayaran, biaya modal, capital budgeting, dan masih banyak lagi. Mata kuliah ini juga akan memahami banyak hal termasuk segala hal yang berkaitan dengan investasi.

2. Manajemen Pemasaran

Para magister S2 juga akan mempelajari ilmu marketing atau manajemen pemasaran. Mata kuliah ini akan mendalami tentang kegiatan mempromosikan produk atau jasa. Ruang lingkup mata kuliah ini cukup luas diantaranya analisis permintaan, metode periklanan, perilaku konsumen, dan masih banyak lagi.

Mata kuliah ini akan membuat para magister jurusan manajemen mampu berpikir kreatif, inovatif, dan mampu memecahkan masalah, kerjasama tim, kemampuan analisis, dan lain sebagainya. Tidak heran, mata kuliah ini selalu ada di jurusan manajemen, bisnis, administrasi, dan lain sebagainya.

3. Manajemen Strategis

Mata kuliah S2 manajemen lainnya adalah manajemen strategis yang akan mempelajari detail tentang pengelolaan strategi untuk mengembangkan usaha secara berkelanjutan. Mahasiswa akan mengetahui ketatnya persaingan bisnis, hingga rencana strategis perusahaan. Materi pada mata kuliah ini diantaranya akan mempelajari tentang proses strategi manajemen, analisis SWOT, formulasi strategi bisnis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Kalkulus yang Akan Diajarkan pada Semester I

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini sangat penting bagi dunia bisnis. Banyak materi yang bisa dipelajari dari mata kuliah ini diantaranya adalah etika dan tanggungjawab sosial, dasar manajemen sumber daya manusia, peningkatan kesejahteraan karyawan, dan lain sebagainya.

Manfaat yang diperoleh saat mempelajari mata kuliah ini diantaranya mampu meningkatkan jiwa sosial, menambah wawasan pengetahuan seputar perilaku manusia, mampu memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan komunikasi, bekerjasama dalam tim, dan lain-lain. Tertarik mempelajari mata kuliah ini?

5. Bisnis Digital

Perkembangan pesat dunia digital membuat banyak bisnis yang memasarkan produk atau jasa melalui media sosial dan media digital lainnya secara online. Mata kuliah ini tentu sangat menarik karena merupakan kombinasi ilmu manajemen hingga teknik informatika. Beberapa ilmu yang akan dipelajari adalah bisnis digital, perilaku konsumen, metode pemasaran online, dan lain-lain.

Selain itu, mata kuliah ini juga menambah wawasan tentang bisnis online dan bisa menerapkan bisnis online sendiri karena peluangnya cukup menjanjikan dan minatnya cukup besar. Mahasiswa juga bisa menerapkan ilmu bisnis digital yang diperoleh melalui program magang, dan lain-lain. Menariknya, mahasiswa akan mempelajari detail tentang e-commerce, user experience, dan lain-lain.

Baca Juga : Mata Kuliah Administrasi Niaga UI yang Akan Dipelajari Selama di Bangku Kuliah

Itulah informasi tentang mata kuliah S2 manajemen yang sangat bermanfaat bagi dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari. Mata kuliah tersebut dapat menambah wawasan luas tentang dunia manajemen. Jurusan manajemen juga memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan. Kuliah manajemen S2 dapat ditempuh selama 1 tahun hingga 3 tahun. Semoga membantu!

Related posts