6 Cara Memelihara Kesehatan Ginjal yang Paling Mudah

Cara Memelihara Kesehatan Ginjal yang Paling Mudah

Ginjal memiliki beragam fungsi dalam tubuh diantaranya membuang sisa metabolisme, racun dan garam dari dalam tubuh.Gangguan atau kerusakan yang terjadi pada ginjal tentu akan mengganggu kinerja organ lainnya. Karena itu kesehatan ginjal merupakan hal sangat penting untuk diperhatikan. Simak ulasan lengkap mengenai cara memelihara kesehatan ginjal di bawah ini:

1. Menjaga Pola Makan

Penyakit obesitas dan hipertensi menjadi dua penyebab munculnya sakit ginjal kronis. Karena itu untuk menghindari resiko penyakit ginjal maka pola makan yang sehat harus dijaga. Menjaga pola makan artinya harus memahami kebutuhan tubuh, bukan soal citarasa semata. Konsumsi makanan yang bergizi dengan porsi secukupnya menjadi sebuah aturan dasar menjaga pola makan. Sederhananya, jangan terlalu rakus saat makan.

Read More

Walaupun makanan yang masuk dalam tubuh memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun jika porsinya berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan. Hindari makanan berlemak dan mengandung kadar garam yang tinggi. Kinerja ginjal menjadi semakin berat jika makanan yang dikonsumsi tubuh mengandung banyak garam.

Baca Juga : Cara Mengobati Susah BAB Secara Alami Tanpa Obat Pencahar

2. Menjaga Asupan Cairan dengan Minum Air Putih

Air putih terbukti merupakan senjata ampuh dalam menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi air putih yang benar akan membantu sirkulasi darah dari ginjal ke seluruh tubuh. Umumnya, anak berusia diatas 8 tahun disarankan untuk minum 2 liter air putih setiap hari. Semakin dewasa dan banyak aktifitas yang dilakukan tentu jumlah asupan air putih yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang benar, dapat membantu ginjal melancarkan proses menyaring darah sebelum dialirkan ke seluruh tubuh. Ginjal yang sehat dapat menyaring sekitar 150 liter darah per hari. Disini, semua zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia akan disaring.

Cairan tubuh membantu menjaga agar pembuluh darah selalu terbuka sehingga darah dapat mengalir melalui ginjal tanpa hambatan. Cairan tubuh juga membantu ginjal membuang limbah tersebut sehingga terhindar dari endapan racun yang akan memicu adanya batu ginjal.

3. Membatasi Asupan Gula

Makanan yang manis memang menggiurkan dan dapat menekan stress. Namun jika makanan atau minuman manis dikonsumsi secara berlebihan akan memicu penyakit diabetes dan obesitas yang berbahaya bagi kesehatan ginjal. Cara memelihara kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan membatasi asupan gula dalam tubuh.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar anak dibawah usia 2 tahun tidak diberi asupan gula terlebih dahulu. Sedangkan pada anak usia 2 hingga 18 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi gula diatas 25 gram per hari atau 6 sendok teh. Sementara orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi maksimal 50 gram per hari atau sekitar 5 – 9 sendok teh.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Secara Alami

4. Melakukan Olahraga

Rutinlah berolahraga selama kurang lebih 30 hingga 60 menit setiap hari dengan intensitas sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Olahraga yang teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah, gula dan kolesterol, tiga hal yang dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Lakukan olahraga secukupnya dengan pilihan olahraga santai yang mudah dilakukan seperti bersepeda, jogging bahkan menari. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan olahraga berat karena dampaknya akan buruk bagi kesehatan. Bukan kesehatan ginjal yang didapat, tapi justru malah membahayakan diri sendiri.

5. Menghindari Alkoho1l

Sebenarnya bukan hanya minuman beralkoho1l saja yang berbahaya bagi ginjal, minuman bersoda dan berwarna juga berbahaya. Alkoho1l dapat menimbulkan dehidrasi sehingga akan membuat ginjal bekerja keras akibat kurangnya cairan.

Jika hal ini berlangsung terus menerus maka lama-lama ginjal akan rusak. Bahkan kerusakan pada ginjal akibat alkoh1ol bersifat permanen dan jangka panjang. Penderitanya dipastikan harus menjalani cuci darah hingga transplantasi ginjal untuk mendapatkan organ yang baru. Karenanya, menghindari alkoh1ol menjadi pilihan bijaksana jika ingin ginjal tetap dalam kondisi sehat.

6. Tidak Minum Sembarang Obat dan Suplemen

Beberapa jenis obat memiliki kandungan bahan kimia yang cukup tinggi, yang jika dikonsumsi akan meninggalkan sisa racun yang cukup besar untuk diolah oleh ginjal. Umumnya obat keras seperti ini diperuntukan untuk jenis penyakit kronis yang harus diberikan sesuai anjuran dokter.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Jika masih dapat menghindar dari konsumsi obat-obatan kimia maka lebih bijaksana untuk menghindarinya. Jangan minum sembarang obat tanpa mengetahui efek samping yang ditimbulkan. Mengkonsumsi suplemen juga sebaiknya dibatasi. Karena tidak semua jenis suplemen dibutuhkan oleh tubuh manusia. Minumlah suplemen hanya pada saat kondisi tubuh sedang drop dan membutuhkan nutrisi tambahan.

Demikian ulasan mengenai cara memelihara kesehatan ginjal yang harus dilakukan agar organ tubuh tetap dalam kondisi prima. Jangan menganggap remeh hal-hal kecil dan sederhana yang berdampak besar bagi tubuh di kemudian hari.

Related posts