Tata Cara Merawat Ikan Molly Agar Banyak Anakan

Tata Cara Merawat Ikan Molly Agar Banyak Anakan

Ikan Molly adalah ikan hias yang menjadi primadona untuk pengembangbiakan. Hal ini dikarenakan perawatan dan pembiakan ikan Molly cukup mudah dilakukan. Harga jual yang mahal menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakan ikan hias ini. Berikut adalah cara merawat ikan Molly agar banyak anakan.

1. Menyiapkan Tempat Pemeliharaan

Cara merawat ikan Molly yang pertama dan utama adalah menyiapkan lingkungan dan tempat pemeliharaan. Hal ini dikarenakan dua hal tersebut akan mempengaruhi tingkat stres ikan Molly. Tempat pemeliharaan yang dapat digunakan untuk merawat ikan Molly adalah akuarium kaca dan kolam semen.

Read More

Aquarium kaca menjadi pilihan terbaik jika tujuan perawatan ikan Molly adalah untuk budidaya dan menjual anakan. Hal tersebut dikarenakan akuarium lebih ekonomis untuk skala rumahan dan pembiakan. Ukuran akuarium kaca yang direkomendasikan adalah 112 liter atau sekitar 30 galon. Tempat tinggal yang luas dapat membuat ikan Molly bergerak bebas untuk meminimalisir stres.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Dalam Akuarium Untuk Pemula

2. Mengatur Suhu Akuarium

Suhu menjadi salah satu parameter penting untuk kelangsungan hidup ikan Molly. Setiap makhluk hidup tentunya memiliki kriteria suhu untuk dapat bertahan hidup, tidak terkecuali ikan Molly. Ikan Molly dapat hidup pada lingkungan dengan suhu berkisar 24 hingga 30 derajat celcius.

Rentang suhu 24 hingga 30 derajat celcius adalah suhu dimana ikan Molly dapat bertahan hidup dan melakukan pembiakan. Hal lain yang berkaitan dengan kelangsungan hidup ikan Molly adalah kebutuhan oksigen. Tabung oksigen cukup menjadi rekomendasi untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen ikan hias ini.

3. Mengawinkan Ikan Molly

Cara merawat ikan Molly yang selanjutnya adalah mengawinkan ikan Molly. Perkawinan ikan Molly dilakukan agar ikan tidak mengalami stres. Hal ini menjadi langkah utama jika memelihara ikan Molly dengan tujuan untuk menghasilkan anakan. Proses perkawinan dilakukan dengan menempatkan 1 ekor pejantan dengan beberapa ekor betina ke satu wadah yang sama.

Mengawinkan ikan Molly tidak bisa dilakukan sembarangan, hanya yang berusia matang saja. Usia matang untuk jantan sekitar umur 12 bulan dan 6 bulan untuk betina. Hal tersebut bisa dipastikan dengan melihat warna kelamin, jika sudah cukup cerah, makan ikan Molly siap dikawinkan. Proses perkawinan bisa berlangsung 2 hingga 3 hari.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

4. Memindahkan Ikan Molly yang Hamil

Perkawinan yang berhasil akan membuat ikan Molly hamil selama 3 hingga 5 minggu. Ikan Molly betina dipindahkan pada akuarium khusus sampai waktunya melahirkan. Perut yang membesar dan pergerakan yang mencari sisi gelap adalah tanda ikan Molly sedang hamil.

Proses pemindahan dilakukan sebanyak dua kali yaitu aat ikan Molly hamil dan sesaat setelah melahirkan. Pemindahan kedua harus dilakukan agar ikan Molly betina tidak memakan anaknya sendiri.

5. Memberikan Makanan yang Bergizi

Memberi makanan yang bergizi adalah langkah selanjutnya dari cara merawat ikan Molly. Ikan Molly dewasa ataupun yang masih benih harus mendapat makanan yang bergizi. Cacing pipih bisa diberikan kepada ikan molly dewasa, cacing pipih memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan Molly dewasa.

Benih ikan Molly bisa diberikan makanan seperti kutu air. Kutu air baik untuk ikan Molly yang masih berupa benih. Cacing pipih dan kutu air dapat ditemukan di toko pakan ikan.

6. Menjaga Kebersihan Akuarium

Bagian terakhir dari cara merawat ikan Molly adalah menjaga kebersihan akuarium. Akuarium yang kotor akan menyebabkan ikan tidak dapat tumbuh dan berkembang. Membersihkan akuarium harus dilakukan sekali dalam 1 hingga 2 minggu. Kolam yang kotor dapat menjadi tempat hidup kuman yang dapat membunuh ikan Molly.

Baca Juga : Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

Cara-cara tersebut harus dipraktikkan untuk merawat ikan Molly. Ikan Molly yang sehat ditambah dengan langkah yang tepat, akan menghasilkan anakan yang banyak.

 

Related posts