2 Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhidden Oleh Virus Dijamin Berhasil

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhidden Oleh Virus Dijamin Berhasil

Flashdisk menjadi salah satu perangkat yang rentan terkena virus. Apalagi flashdisk biasanya digunakan dari satu perangkat ke perangkat lain sehingga kemungkinan terpapar virus semakin besar. Salah satu dampak serangan virus adalah File Flashdisk yang terhidden. Sebenarnya ada beberapa cara mengembalikan file di flashdisk yang terhidden oleh virus dengan mudah dan praktis.

Kali ini akan dijelaskan mengenai 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file-file tersebut. Beberapa cara mengembalikan file yang terhidden akan dikupas tuntas di bawah ini.

Read More

Menggunakan CMD

Cara pertama untuk mengembalikan file flashdisk yang terhidden adalah dengan menggunakan CMD. Seperti apa step by step yang harus dilakukan? Berikut ulasan seputar cara mengembalikan file yang terhidden.

1. Hubungkan Flashdisk dengan Perangkat Komputer

Untuk menampilkan file yang terhidden karena virus pengguna dapat menggunakan perangkat atau laptop. Hubungkan flashdisk pada perangkat komputer atau laptop. Pastikan flashdisk yang akan ditampilkan filenya tidak rusak dan masih terbaca di perangkat ya. Tunggu hingga komputer atau laptop menampilkan drive flashdisk.

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

2. Buka CMD

Selanjutnya apabila drive flashdisk sudah terbaca sekarang saatnya masuk ke halaman CMD. Caranya dengan mengetikkan CMD di kolom samping icon Windows (untuk Windows 10). Pengguna juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard yaitu Windows + R. Jendela CMD yang berwarna hitam akan terbuka apabila akses ke CMD berhasil.

3. Ketik Perintah Masuk Drive Flashdisk

Langkah ketiga masuk ke dalam drive flashdisk melalui CMD. Pengguna harus lebih dahulu mengetahui drive dari flashdisk yang terhubung ke perangkat komputer atau laptop. Misalkan pada perangkat tertulis drive flashdisk adalah (H:) maka pengguna harus mengetikkan H: pada halaman CMD. Akan muncul tampilan H:> apabila CMD berhasil masuk ke halaman drive flashdisk.

4. Hilangkan Hidden dengan Beberapa Baris Perintah

Setelah melewati tiga langkah di atas sekarang waktunya menampilkan file yang terhidden dengan beberapa baris perintah. Baris perintah yang harus dimasukkan adalah attrib  –s  –h  *.*  /s  /d. Selanjutnya klik enter untuk memastikan perintah tersebut diproses oleh sistem.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Pada Hardisk Internal

5. Cek File Flashdisk

Jika semua tahap diatas telah selesai dilakukan sekarang saatnya mengecek apakah file yang terhidden berhasil tampil kembali atau tidak. Caranya dengan melihat pada folder flashdisk pada File Explorer. File yang berhasil ditampilkan kembali akan muncul di halaman tersebut.

Menggunakan Antivirus Smadav

Cara mengembalikan file di flashdisk yang terhidden oleh virus yang kedua adalah dengan menggunakan antivirus. Kali ini antivirus yang akan digunakan adalah Smadav. Langkah untuk menampilkan file menggunakan antivirus ini cukup mudah, berikut adalah detail lebih lanjutnya.

1. Download Smadav

Pertama tentu pengguna harus lebih dahulu memiliki Antivirus Smadav. Untuk mendapatkan antivirus ini pengguna dapat mengunduh di halaman resmi Smadav. Tunggu hingga proses download selesai dilakukan. Jika proses download selesai dilakukan kemudian lakukan instalasi antivirus dan tunggu hingga instalasi berhasil.

2. Jalankan Smadav

Langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan Antivirus Smadav yang telah diinstal ke dalam perangkat pengguna. Buka antivirus tersebut, tunggu hingga aplikasi berhasil terbuka. Setelah itu jangan lupa cek apakah flashdisk yang telah dihubungkan ke perangkat telah masuk ke daftar folder Smadav.

3. Scan Flashdisk yang Terkena Virus

Terakhir melakukan scan virus dengan cara memilih folder flashdisk yang akan di scan, kemudian klik scan. Proses pembersihan virus ini biasanya membutuhkan waktu beberapa lama, tergantung dari jumlah file yang ada di dalam flashdisk. Setelah proses scan berhasil dan virus dihilangkan, pengguna dapat kembali mengecek folder flashdisk untuk memastikan jika file yang terhidden telah kembali tampil.

Baca Juga : Cara Mengatur Aplikasi Yang Terbuka Otomatis Saat Startup Windows 10

Kedua cara mengembalikan file di flashdisk yang terhidden oleh virus di atas dapat dicoba pengguna untuk mengembalikan file-file miliknya. Tapi sebelum mencobanya pastikan lebih dahulu jika flashdisk masih dapat terbaca dan terhubung ke dalam perangkat komputer atau laptop yang digunakan.

Related posts