5 Mata Kuliah Kalkulus yang Akan Diajarkan pada Semester I

Mata Kuliah Kalkulus yang Akan Diajarkan pada Semester I

Kalkulus merupakan ilmu matematika modern yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Mata kuliah ini akan dijumpai mahasiswa yang mengambil program studi yang ada di fakultas MIPA. Di dunia perkuliahan, pembelajaran mata kuliah kalkulus dibagi per semester, berikut ini materi yang akan dipelajari di semester 1:

1. Limit Fungsi

Yang biasanya diajarkan pada awal semester di mata kuliah kalkulus adalah materi limit fungsi. Limit sendiri dalam ilmu matematika didefinisikan sebagai suatu batas tertentu. Tentunya banyak yang akan dipelajari, mulai dari limit fungsi trigonometri dasar, limit fungsi aljabar hingga limit pemfaktoran.

Belajar limit fungsi pasti tidak jauh dari rumus-rumus untuk menentukan suatu nilai x yang menunjukkan mendekati nilai tertentu. Jika sudah mempelajari materi limit fungsi, jangan sampai salah membedakan antara rumus limit fungsi yang satu dengan rumus limit lainnya. Biasanya yang sering membingungkan ada pada rumus limit fungsi aljabar dan trigonometri.

Baca Juga : Mata Kuliah Administrasi Niaga UI yang Akan Dipelajari Selama di Bangku Kuliah

2. Turunan

Selanjutnya, akan belajar juga mengenai materi turunan, yang diperhitungkan adalah perubahan dari nilai fungsi karena adanya perubahan variabel. Apabila pada materi limit fungsi yang telah disebutkan sebelumnya sudah benar-benar paham, maka akan lebih mudah untuk mempelajari turunan. Sehingga, pahami dahulu limit fungsi agar tidak bingung saat mempelajari materi selanjutnya.

Materi turunan biasa diterapkan pada beberapa perhitungan, seperti menghitung gradien suatu kurva dan menentukan nilai interval suatu fungsi. Umumnya materi turunan sudah diajarkan juga ketika duduk di bangku SMA.

3. Integral

Setelah selesai materi turunan, yang akan dipelajari selanjutnya adalah integral. Materi integral ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti integral aljabar, integral substitusi trigonometri dan masih banyak lagi.

Perhitungan integral ini jika dipelajari akan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Ilmu perhitungan integral biasanya banyak diterapkan di kehidupan manusia, termasuk pada zaman sekarang dimana semua teknologinya sudah semakin canggih. Integral bisa digunakan pula untuk memperhitungkan luas suatu bidang dari benda putar.

Baca Juga : 7 Mata Kuliah Tata Boga yang Harus Dikuasai

4. Barisan dan Deret

Meskipun sudah dipelajari di masa sekolah menengah atas, namun materi barisan dan deret akan dipelajari lagi di bangku perkuliahan. Konsep dari perhitungan baris dan deret dapat dijumpai dalam kehidupan keseharian. Misalnya untuk perhitungan keuntungan yang didapatkan per bulan saat ingin melakukan investasi.

Keuntungan investasi tersebut selama beberapa ke depan, dapat dihitung menggunakan rumus baris dan deret. Materi ini terbagi beberapa bagian, barisan dan deret aritmetika yang barisan bilangannya berpola dengan operasi penjumlahan atau pengurangan. Bagian selanjutnya barisan dan deret geometri yang menggunakan konsep perbandingan atau hasil bagi pada dua suku yang berurutan.

5. Luas Daerah dan Volume

Yang terakhir, ada materi luas daerah dan volume, biasanya untuk perhitungan pada benda putar. Konsep perhitungan yang digunakan pada materi ini masih merupakan bagian dari materi integral. Meskipun memiliki konsep yang sama, namun kedua materi antara integral dan luas daerah diberikan secara terpisah.

Pada bab ini, akan mendapatkan mempelajari rumus luas daerah dan volume yang dibatasi dengan kurva sumbu X pada benda putar. Selain itu, akan diajari juga rumus luas daerah dan volume yang batas kurvanya menggunakan sumbu Y.

Baca Juga : Inilah Mata Kuliah Teknik Mesin UI yang Wajib Diambil

Demikianlah mata kuliah kalkulus yang biasanya dipelajari saat masih semester satu untuk mahasiswa yang memilih jurusan dibawah naungan fakultas MIPA. Beberapa jurusan yang ada di fakultas teknik, biasanya akan belajar kalkulus juga. Belajar kalkulus memang sedikit sulit, namun jika terus berusaha pasti bisa.

Related posts