Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

Penting! 5 Penyebab Bulu Kelinci Rontok, Pengetahuan Bagi Pemilik Kelinci

Kelinci adalah hewan bertelinga panjang yang memiliki bulu terkenal halus. Bulu halus itu terasa sangat menyenangkan untuk dipegang. Namun, pernahkah membayangkan bulu kelinci mengalami kerontokan? Faktanya, memang ada penyebab bulu kelinci rontok, bahkan bisa berakibat kebotakan atau gundul.

Dalam beberapa kasus, kerontokan bulu kelinci adalah hal yang wajar. Namun, ada pemicu lain kerontokan bulu, seperti penyakit dan stres. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut:

Read More

1. Molting (Pergantian Bulu)

Setiap ras kelinci, mana pun itu, pasti mengalami proses ini. Molting bisa juga diartikan mengganti cangkang, kulit, atau bulu pada hewan. Molting adalah hal yang wajar dan akan ada masanya dimana molting akan berhenti.

Baca Juga : Kenapa Kelinci Cepat Mati Ini Jawabannya

Pada saat masa molting datang, pemilik kelinci tidak perlu merasa gusar atau berpikir yang tidak tidak. Hal yang harus dilakukan adalah menyisir bulu kelinci sesekali dan memberi vitamin agar bulu tetap sehat dan cepat terangsang untuk tumbuh kembali.

2. Proses Adaptasi Iklim

Bagi beberapa hewan, pergantian iklim adalah hal yang mengerikan. Para hewan harus bersiap siap untuk menghadapi perubahan iklim yang ekstrim. Butuh perjuangan untuk mengubah kenyamanan dari suhu panas ke suhu dingin atau sebaliknya.

Hal ini juga berlaku pada kelinci. Beberapa kelinci yang tidak siap akan perubahan iklim akan menunjukkan reaksi yang berbeda. Kelinci kelinci ini mengalami kerontokan bulu untuk sementara waktu. Tidak perlu panik, tetap tenang dan terus berikan vitamin adalah cara terbaik menyikapi kerontokan bulu kelinci karena iklim.

3. Stres

Bukan hanya manusia saja yang mengalami stres, kelinci sebagai hewan pun bisa merasakannya. Stres yang dialami oleh hewan lucu berbulu ini biasanya muncul saat baru diadopsi. Apalagi jika perlakuan yang kelinci terima adalah perlakuan yang kurang baik, tingkat stres kelinci bisa semakin meningkat.

Stres berdampak pada pola makan kelinci juga pada kesehatan bulunya. Bulu kelinci akan rontok dalam jumlah yang lumayan banyak. Berhentilah memperlakukan kelinci dengan buruk. Perhatikan makanan dan kebersihan kelinci dengan baik dan cermat agar kelinci tidak mengalami stres.

Baca Juga : 5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

4. Kekurangan Asupan Vitamin

Makanan memang hal yang terhitung prioritas pada kelinci, namun jangan remehkan vitamin. Kekurangan vitamin bisa menjadi salah satu penyebab bulu kelinci rontok. Maka dari itu, kebutuhan vitamin kelinci harus tetap diperhatikan.

Vitamin untuk kelinci bisa diperoleh dari sayuran hijau atau buah yang segar. Berikan juga makanan yang mengandung protein untuk kelinci agar bulunya kembali tebal dan tidak rontok lagi. Info tambahan, vitamin kelinci juga bisa dijumpai di pasaran. Pilih produk yang sekiranya mengandung kandungan vitamin paling lengkap untuk si kelinci.

5. Terserang Penyakit Kulit

Poin terakhir adalah kemungkinan kelinci terserang penyakit kulit. Penyakit yang menyerang bulu kelinci ini disebut penyakit fur mites dan disebabkan oleh tungau. Kutu dan tungau dikenal sebagai momok menyeramkan bagi seluruh hewan berbulu karena bisa menyebabkan kerontokan bulu, botak, bahkan terinfeksi.

Cara penanganan masalah ini dengan cara memberikan obat anti tungau pada kelinci. Shampo antibiotik juga bisa menjadi alternatif lain untuk mengobati kelinci dari tungau. Ada satu lagi cara terakhir, yaitu melakukan injeksi di dokter hewan untuk menghilangkan penyakit ini.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Kelinci termasuk makhluk Tuhan yang hidupnya harus dijaga dengan baik. Sebagai pemelihara, wajib rasanya melindungi kelinci dari penyakit atau stres agar tidak menghampirinya. Merawat kelinci dengan baik dan penuh sayang sehingga tidak ada lagi penyebab bulu kelinci rontok. Dengan begitu, kelinci akan hidup sehat dan senang.

Related posts