Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing Paling Ampuh

Kerontokan bulu pada kucing merupakan permasalahan bagi pemilik kucing dalam melakukan aktivitas harian. Selain melekat dimana saja, bulu kucing yang rontok dapat mengganggu pernapasan. Cara mengatasi bulu rontok pada kucing bergantung pada penyebab rontoknya. Berikut adalah uraian mengenai dua hal tersebut:

Penyebab Bulu Rontok pada Kucing

Penyebab bulu rontok harus diketahui oleh pemilik kucing agar bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi bulu rontok pada kucing. Bulu yang rontok pada umumnya disebabkan oleh keadaan kulit kucing. Kulit kucing yang terlihat biasa saja, sering kali terinfeksi oleh jamur dan parasit. Hal tersebut akan memungkinkan terjadinya kerontokan bulu.

Read More

Rasa sakit dan stres juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Menjilat bagian tubuh yang sakit terlalu sering dapat membuat bulu menjadi lebih mudah rontok. Penyebab selanjutnya adalah pola makan yang buruk serta kondisi kucing yang sedang tidak sehat. Berbagai penyebab kerontokan tentunya akan memiliki cara mengatasi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Penanganan Bulu Rontok pada Kucing

Kerontokan bulu kucing yang masih dalam batas normal tentunya masih bisa diatasi mandiri dengan berbagai penanganan. Berikut adalah 6 cara mengatasi bulu rontok pada kucing:

1. Menyikat Bulu Kucing secara Teratur

Cara paling efektif untuk mengurangi bulu kucing yang rontok adalah dengan menyikat bulu kucing setiap hari secara teratur. Hal ini efektif karena dengan menyikat artinya bulu kucing yang akan rontok telah terkumpulkan terlebih dahulu.

Menyikat bulu kucing menjadi wajib untuk kucing yang memiliki bulu panjang. Mengurangi bulu yang rontok sudah pasti, namun tujuan lainnya adalah untuk menjaga bulu kucing agar tetap lembut dan sehat. Memiliki kucing yang bebas dari berbagai penyakit yang menempel pada bulu tentunya akan lebih baik.

2. Memandikan Kucing Sebulan Sekali

Mandi adalah hal yang tidak disukai oleh kebanyakan kucing, namun menjadi cara terbaik untuk mengatasi bulu rontok pada kucing. Rentang sekali dalam sebulan mampu menjaga kesehatan bulu kucing hingga jangka panjang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Kucing Di Rumah Paling Efektif

Memandikan kucing akan membersihkan kucing sampai ke pangkal lapisan bulu. Hal ini akan menghilangkan rambut berlebih dan menjaga bulu kucing dari kerontokan dalam jangka panjang.

3. Mengubah Pola Makan

Sehat atau tidaknya bulu suatu kucing juga dapat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Kucing membutuhkan makanan yang seimbang serta memiliki kandungan mineral, vitamin dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh kucing.

4. Mengontrol Kebutuhan Air Minum

Air minum menjadi salah satu kebutuhan utama makhluk hidup. Kucing yang kekurangan air minum akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini akan menyebabkan kulit dan bulu kucing menjadi lebih kering dari biasanya. Keadaan ini akan menyebabkan bulu kucing rentan mengalami kerontokan. Mengontrol kebutuhan akan air minum menjadi penting untuk menjaga kesehatan kucing.

5. Menyediakan Tempat Tinggal yang Nyaman

Memiliki tempat tinggal yang nyaman tentunya akan menyenangkan untuk siapa saja. Bagi kucing, tempat tinggal yang nyaman akan mengurangi rasa stres yang diderita. Stres yang dialami oleh kucing akan berdampak pada bulu kucing yang menjadi mudah rontok.

Khusus untuk kucing rumahan, menyediakan tempat tinggal khusus tentunya akan mengurangi bulu yang melekat saat rontok. Sediakan tempat tidur yang hangat tentunya akan menyenangkan bagi kucing peliharaan.

6. Membawa Kucing ke Dokter Hewan

Rutin mengunjungi dokter hewan untuk memeriksa kucing kesayangan tentunya adalah hal yang baik. Infeksi jamur dan parasit terhadap kulit kucing tentunya tidak bisa diatasi secara langsung tanpa bantuan dokter hewan. Hal tersebut karena penyebab kerontokan tidak bisa diketahui dengan pasti. Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berkunjung ke dokter hewan.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

6 cara tersebut adalah cara mengatasi bulu rontok pada kucing. Biasanya jika dokter hewan tidak mampu mengatasi, maka akan diberikan rujukan ke dokter kulit hewan. Menjaga kesehatan kucing peliharaan tentunya penting agar tidak perlu melakukan hal tersebut.

Related posts