Cara Menghapus File Sampah Di Ram Smartphone Samsung Paling Mudah

Cara Menghapus File Sampah Di Ram Smartphone Samsung Paling Mudah

Pasti banyak yang pernah merasakan ketika kinerja smartphone menjadi lambat dan selalu muncul notifikasi peringatan bahwa memori internal hampir penuh. Notifikasi ini sangat mengganggu apalagi jika selalu saja muncul di layar smartphone. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cara menghapus file sampah di ram smartphone paling mudah di bawah ini:

Cara Menghapus File Sampah Di Ram Secara Manual

Ada dua cara untuk menghapus file sampah yang ada di smartphone. Cara pertama ini adalah cara menghapus file sampah secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya:

Read More

1. Buka Pengaturan dan ke Menu Penyimpanan

Menu penyimpanan tentunya berbeda-beda setiap smartphone. Tergantung pada tipe smartphone  dan sistem operasi yang digunakannya. Namun untuk smartphone samsung pengguna bisa menemukan menu penyimpanan yang berada dibawah menu device care.

Baca Juga : Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Android Paling Ampuh

Klik menu penyimpanan yang sudah muncul tadi, kemudian melihat informasi detail yang ada di smartphone. Disana akan terlihat dengan jelas apa saja yang disimpan dan berapa kapasitas penyimpanan yang sudah digunakan serta kapasitas yang tersisa.

2. Masuk Ke Menu Apps Atau Other Application

Masuklah ke menu Apps, untuk mengetahui daftar aplikasi yang sedang terpasang di smartphone. Pengguna bisa langsung masuk ke menu penyimpanan dan carilah pilihan Apps atau aplikasi lain. Disana akan terlihat aplikasi apa saja yang terinstall dan tersusun secara rapi berdasarkan alfabet.

3. Hapus Data Cache

Cobalah Dengan memilih salah satu aplikasi, kemudian tap menu clear cache atau clear data. Jika hanya menghapus cache dari satu aplikasi saja maka memori RAM masih penuh maka ulangi cara di atas terhadap beberapa aplikasi lainnya.

Harus diakui untuk cara menghapus file sampah di ram smartphone harus dilakukan secara manual. Sehingga pengguna harus meluangkan waktu agar aktivitas membersihkan file sampah ini tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Aplikasi Penghapus File Sampah di RAM

selain bisa dihapus secara manual, file sampah juga bisa dihapus menggunakan aplikasi pembersih. Tentunya ketika menggunakan aplikasi akan lebih cepat dan efisien. Berikut ini  aplikasi untuk menghapus file sampah di smartphone:

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

1. CCleaner

CCleaner bisa maksimal menghapus sampah yang ada di smartphone sehingga ruangan penyimpanan menjadi lebih lega. Terdapat dua fungsi dari aplikasi ini, pertama bisa membersihkan file sampah yang kedua bisa membantu memantau penggunaan CPU dari berbagai aplikasi. Karena kehebatan fitur inilah yang membuat CCleaner di install banyak pengguna smartphone.

2. Go Speed

Aplikasi ini bisa membersihkan file sampah dan juga bisa membersihkan proses latar belakang. Terkadang pengguna sering tidak sadar bahwa masih ada aplikasi yang berjalan diam-diam dilatar belakang. Adanya aplikasi ini bisa menghentikan dan mengaktifkan aplikasi otomatis yang berjalan tersebut. Sehingga kinerja RAM menjadi lebih maksimal.

3. Files by Google

File by Google adalah aplikasi untuk membersihkan sampah. Ketika sedang berjalan biasanya aplikasi ini akan menyarankan pengguna untuk menghapus foto atau data lama yang sudah jarang digunakan. Keunggulan Dari aplikasi ini adalah bisa mentransfer file offline dengan sangat cepat.

Itulah beberapa cara menghapus file sampah di ram smartphone samsung yang bisa dilakukan. Pilahlah data, foto atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Kemudian hapuslah agar tidak memenuhi memori penyimpanan di smartphone.

Baca Juga : Cara Memperbaiki HP yang Kena Air Agar Tidak Rusak

Jangan lupa untuk melakukan perawatan smartphone agar kinerjanya tidak lambat. Seperti memperhatikan suhu smartphone, memperhatikan penggunaan, jangan menggunakannya secara berlebihan dan perhatikan ketika sedang di charge.

Related posts