Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Android Paling Ampuh

Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Android Paling Ampuh

Pernahkah pembaca ingin berbagi jaringan WiFi kepada orang lain namun lupa password? Jangan risau, sebenarnya ini dapat diatasi dengan cara melihat password WiFi yang tersambung di android. Dengan begitu pembaca pun dapat berbagi jaringan tanpa perlu repot-repot mengingat password WiFi.

Cara-cara ini pun terbagi dalam dua pilihan, yaitu langsung menggunakan pengaturan ponsel atau mengunduh aplikasi bantuan. Apabila langsung menggunakan setting ponsel, biasanya fitur ini hanya tersedia di beberapa versi android saja. Oleh karena itu, pembaca dapat mempertimbangkan bantuan aplikasi apabila tidak bisa melakukannya. Untuk lebih lanjut simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Read More

Cara Melihat Password WiFi Lewat Pengaturan Ponsel

Cara yang pertama ini terbilang yang paling mudah dan praktis. Pembaca tidak perlu menginstall aplikasi lain untuk mengetahui password WiFi yang tersambung dengan android, sehingga bisa berbagi jaringan WiFi. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa diterapkan pada android versi 10 atau 11 saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

  • Langkah pertama buka menu pengaturan di ponsel, pilih Jaringan dan Internet;
  • Pada menu Jaringan dan Internet klik WiFi;
  • Selanjutnya akan muncul daftar jaringan yang terhubung atau pernah tersimpan di ponsel;
  • Pilih salah satu jaringan yang akan dibagikan, klik opsi berbagi;
  • Biasanya akan diminta untuk melakukan scan sidik jari atau kata kunci untuk melanjutkan proses;
  • Selanjutnya kode QR akan ditampilkan oleh layar ponsel;
  • Pindai kode QR tersebut menggunakan aplikasi pemindai, atau dapat juga menyalin password yang tertera di bawah kode tersebut.

Cara Melihat Password WiFi Lewat Bantuan Aplikasi

Alternatif lainnya adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk berbagi password WiFi. Cara melihat password WiFi yang tersambung di android ini tersedia di beberapa aplikasi bantuan. Untuk itu, perlu sedikit effort untuk menggunakan cara ini, seperti mengunduh dan meng-installnya dahulu. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan WiFi:

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Android Dijamin Ampuh

1. WiFi Key Recovery

Rekomendasi pertama sebuah aplikasi bernama WiFi Key Recovery yang dapat digunakan untuk melihat password dari WiFi yang pernah tersambung ke ponsel. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna sebelumnya harus melakukan root terlebih dahulu.



Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi, luncurkan aplikasi di ponsel. Jika aplikasi meminta izin root, maka klik izinkan. Secara otomatis nantinya pengguna bisa melihat password seluruh WiFi yang pernah terhubung jaringan dengan ponsel.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Disk Digger untuk Mengembalikan Berkas pada Smartphone

2. WiFi Master Key

Selain WiFi Key Recovery, aplikasi WiFi Master Key juga dapat melakukan tugas ini. Aplikasi ini dapat melihat password WiFi yang pernah terkoneksi baik pada android maupun Windows. Selain itu, pengguna juga tidak perlu root untuk menggunakannya.

Pertama pasang aplikasi di perangkat. Kemudian pilih nama jaringan yang ingin diketahui sandinya. Klik periksa keamanan dan selanjutnya aplikasi akan melakukan pemindaian. Setelah proses selesai, maka informasi password WiFi pun akan didapatkan.




3. WiFi Password Viewer

Berikutnya adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan pada penggunaannya. Hanya perlu satu kali klik, penggunanya dapat langsung melihat keseluruhan data SSID termasuk password WiFi yang terhubung ke perangkat. Pertama-tama unduh terlebih dahulu aplikasi ini di App Store.

Selanjutnya jalankan aplikasi dan berikan izin root bila notifikasi ini muncul. Tunggu hingga proses selesai dan aplikasi secara otomatis menampilkan informasi mengenai jaringan yang pernah terhubung. Termasuk di dalamnya SSID beserta password.

Baca Juga : Cara Memperbaiki HP yang Kena Air Agar Tidak Rusak

Itulah ulasan mengenai cara melihat password wifi yang tersambung di android paling ampuh. Pemilihan alternatif cara tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Apakah hanya ingin mengetahui password atau informasi lain mengenai jaringan WiFi tersebut.

Related posts