2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

Kini fungsi printer memang sangat diperlukan, apalagi semua kegiatan maupun tugas berbasis online. Sehingga, penting mengetahui cara menambahkan printer di laptop agar semua pekerjaan semakin mudah. Bagi pengguna windows 10 yang masih bingung cara menambahkan printer di Windows 10, bisa membaca dahulu ulasan berikut tentang cara menambahkan printer ke windows 10 lewat USB dan lewat WiFi.

Menambahkan Printer Melalui Kabel USB

Biasanya, saat membeli printer pasti akan tersedia juga kabel USB sebagai penghubung perangkat ke komputer maupun laptop. Selain itu, respon yang diberikan kabel akan lebih baik jika dibandingkan melalui jaringan nirkabel. Berikut cara menambahkan printer di Windows 10 melalui kabel USB:

Read More

1. Hubungkan Printer dan Komputer

Cara menghubungkan perangkat ke listrik dan komputer sangatlah mudah, tinggal memasang semua kabel yang ada kemudian sesuaikan. Kabel USB dipasangkan ke komputer, kabel power dimasukkan ke lubang stopkontak listrik. Lalu tinggal klik tombol On/Off printer di bagian pojokan, jika sudah pasti langsung terlihat ada lampu berwarna hijau atau putih.

Baca Juga : 5 Cara Android Sambung Ke Tv Paling Praktis

2. Buka Setting pada Windows 10.

Menu Setting biasanya terletak di halaman utama dari Control Panel komputer, untuk mengaksesnya perlu lewat tombol Start. Caranya dengan klik tombol Start  kemudian pilih menu Setting, di sana akan terdapat banyak opsi untuk melakukan perubahan. Bahkan dari hal biasa seperti pembersihan maupun melakukan pencopotan pemasangan Driver dari printer.

3. Lakukan Pengaturan Perangkat Printer

Untuk melakukan proses perubahan pada komputer saat menambahkan perangkat printer, bisa pilih menu Device pada halaman utama Setting. Jika sudah, langsung pilih Add A Printer Or Scanner, maka printer akan terdeteksi dan masuk ke dalam komputer. Tapi perlu diingat, jika saat proses berlangsung pasti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk koordinasi dengan perangkat.

Jika belum bisa terdeteksi, kemungkinan besar Driver bawaan dari aplikasi belum terpasang sepenuhnya ke dalam Windows 10. Atau bisa menggunakan opsi Help Me Find It untuk mendapatkannya secara otomatis. Tapi perlu bantuan dari jaringan internet untuk mendapatkannya, tidak serta merta langsung terpasang.

Menambahkan Printer Melalui Jaringan Wifi

Cara menambahkan printer di Windows 10 melalui jaringan nirkabel atau WiFi cukup sederhana. Selain itu juga praktis, karena tidak memakai berbagai macam kabel yang membuat pengguna awam akan bingung. Tapi yang jadi kendala, terkadang saat jaringan tidak dapat terhubung atau tidak stabil akan sulit. Untuk itu, berikut langkahnya:

Baca Juga : 5 Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

1. Lakukan Penambahan Perangkat di Menu Setting

Pilih tombol Start yang terletak di sebelah kiri bagian bawah pada layar utama Windows 10,  kemudian pilih opsi Setting. Pada bagian ini, akan terdapat berbagai macam opsi untuk melakukan pengaturan seperti halnya cara di atas. Namun, perbedaan terletak pada menu lanjutan yang dipilih setelah Printers & Scanners.

2. Sesuaikan Perubahan Pada Menu Setting

Carilah menu The Printer Isn’t Listed, yang berada di Add Printer karena secara otomatis akan muncul. Namun, karena beberapa proses lanjutan terlalu rumit untuk dijelaskan, maka akan dibuat daftar rangkaian langkahnya sebagai berikut:

  • Klik menu The Printer Isn’t Listed, berisi lanjutan menu dalam mengatur perangkat.
  • Klik Add A Local Printer, didalamnya akan terdapat berbagai pilihan. Terutama dalam hal penentuan pemilihan IP printer maupun lokasi dalam sistem.
  • Klik Create a New Port, kemudian pilih saja Standar TCP / IP yang berada di kolom drop-down.
  • Tulis alamat IP dan klik Next, tujuannya untuk menentukan jenis Driver perangkat yang sesuai.
  • Cari Use the driver that is currently installed dan klik Next jika selesai.
  • Lakukan percobaan dengan memilih opsi Cetak Halaman Uji.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone dengan Mudah

Sekian, cara menambahkan printer di Windows 10 Melalui Kabel USB Dan WiFi, mudah bukan? Itu tergantung pembaca. Jika cepat memahami tentu akan dianggap mudah, tapi jika perlu waktu lebih, pasti akan terasa membingungkan.

Related posts