7 Cara Merawat Anak Kambing Tanpa Induk Agar Tumbuh Sehat

Cara Merawat Anak Kambing Tanpa Induk Agar Tumbuh Sehat

Kematian induk kambing ketika sedang melahirkan merupakan hal yang tidak menyenangkan. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi anak kambing dan kondisi peternakan. Ketika kematian induk terjadi, maka pengelola peternakan harus segera memikirkan cara merawat anak kambing tanpa induk. Berikut adalah penanganan pada saat kondisi tersebut:

1. Memperlakukan Anak Kambing dengan Tepat

Cara merawat anak kambing tanpa induk yang pertama harus dilakukan adalah menyelamatkan bayinya. Anak kambing hidup hingga dewasa dengan kesabaran peternak dan penanganan yang tepat. Langkah pertama dimulai dengan memeras mulut dan hidung kambing.

Read More

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menghindari lendir yang berasal dari cairan ketuban masuk ke dalam tubuh anak kambing. Lendir yang masuk akan berpotensi menyebabkan kematian jika terdapat pada sistem pernapasan dan pencernaan.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kura Kura Mogok Makan

Hal ini dapat dicegah dengan cara memposisikan kaki anak kambing berada diatas. Membersihkan tubuh anak kambing juga sekaligus dilakukan pada posisi ini untuk menggantikan tugas induk kambing yang mati.

2. Mengoleskan Antiseptik

Bagian selanjutnya adalah memberikan antiseptik di sekitar pusar anak kambing. Antiseptik berfungsi untuk mematikan bakteri. Hal ini dilakukan karena biasanya pusar anak kambing adalah tempat bakteri berkembang biak. Pemberian antiseptik bertujuan untuk menghindari infeksi yang disebabkan bakteri di sekitar pusar.

3. Memberikan Susu Pengganti

Cara merawat anak kambing tanpa induk selanjutnya adalah memberikan susu pengganti. Anak kambing harus segera diberikan susu pengganti setelah dibersihkan. Susu pengganti yang diberikan satu hingga dua hari setelah hari kelahiran adalah susu kolostrum yang berasal dari indukan lain.

Susu kolostrum dapat diberikan dengan cara menggunakan dot ataupun menyusu secara langsung pada indukan lain.  Pengganti yang selanjutnya diberikan adalah susu jolong. Susu jolong umumnya susu yang berasal dari indukan sapi dengan campuran beberapa bahan.

Baca Juga : 5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

Bahan susu jolong adalah 0,25 liter susu sapi, minyak ikan, 1 telur ayam dan satu sendok teh gula pasir. Selanjutnya cukup mencampurkan semua bahan hingga larut dan susu jolong siap menjadi susu pengganti.

4. Mengatur Waktu Pemberian Susu

Mengatur waktu pemberian susu pada anak kambing adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan kebiasaan yang ada pada anak kambing adalah sering menyusu pada induknya. Pemberian susu harus dilakukan cukup sering, sekitar satu hingga dua jam sekali. Takaran susu yang diberikan tidak perlu banyak, cukup sedikit namun sering dilakukan.

Pemberian susu harus dilakukan sedikit demi sedikit karena jika kebanyakan anak kambing akan mengalami diare. Penyakit diare pada anak kambing akan menyebabkan anak kambing mati dalam waktu singkat.

5. Menyiapkan Tempat Tinggal Khusus

Anak kambing yang ditinggal mati induknya sebaiknya disediakan tempat tinggal sendiri. Hal ini dilakukan untuk memudahkan perawatan dan pengawasan pada anak kambing. Tempat tinggal khusus bisa dibuat dari kayu ataupun keranjang plastik dengan ukuran yang cukup besar.

6. Melatih Kemandirian Anak Kambing

Melatih kemandirian adalah salah satu cara merawat anak kambing tanpa induk. Hal ini dilakukan untuk membiasakan anak kambing mencari makanan sendiri dan tidak bergantung pada susu yang diberikan. Kemandirian dapat dilatih dengan mulai memberikan makanan hijau dan konsentrat sesuai kebutuhan mulai dari anak kambing berumur satu bulan.

7. Melepaskan Perawatan Rutin

Peternak tidak perlu melakukan perawatan rutin sampai anak kambing tumbuh dewasa. Perawatan rutin dapat mulai dihentikan bergantung pada kemandirian anak kambing yang sudah dilatih dari umur satu bulan. Anak kambing yang memiliki induk biasanya akan menjadi mandiri dalam waktu 2,5 bulan, sedangkan anak kambing tanpa induk biasanya lebih cepat.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Cara merawat anak kambing tanpa induk lebih membutuhkan kesabaran. Meluangkan waktu sudah menjadi kewajiban jika ingin anak kambing tumbuh dengan sehat walau tanpa induk.

Related posts