5 Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

Penyebab Kelinci Mati Mata Terbuka, Agar Tidak Penasaran Lagi

Kelinci terkadang mati begitu saja tanpa peringatan, dan ketika sudah ditemukan ternyata kelinci mati dalam kondisi mata yang terbuka. Hal tersebut dapat menyebabkan sebuah trauma dan memunculkan perasaan bersalah bagi pemilik kelinci. Lantas, mengapa kelinci bisa mati dengan mata terbuka? Berikut ini penyebab kelinci mati mata terbuka:

1. Alamiah

Seperti kebanyakan hewan mamalia lainnya, kelinci dapat mati secara alami dengan mata terbuka. Bahkan jika kelinci mati dengan mata tertutup, proses “pengkakuan” mayat dapat menarik mata kelinci terbuka kembali. Selain itu, kebanyakan kelinci memang mati dengan mata yang terbuka. Oleh karena itu, kondisi ini merupakan hal yang alamiah bagi kelinci.

Read More

Mungkin kelinci sudah merasakan akan mengalami kematian sehingga dapat langsung mati di tempat dengan mata terbuka. Mati dengan mata terbuka pada kelinci juga dapat terjadi karena tidak adanya kontraksi antara otot mata dengan kelopak mata. Sehingga rangsangan yang seharusnya diterima saraf mata tidak berhasil sampai pada mata.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor dan Jinak

2. Keracunan

Penyebab kedua kelinci mati dengan mata terbuka adalah karena keracunan.  Biasanya keracunan disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang salah sehingga memicu timbulnya racun. Kebanyakan kelinci memiliki tubuh kecil, sehingga proses penyebaran racun di tubuhnya terjadi sangat cepat. Ini menyebabkan kelinci tidak bisa bereaksi dengan cepat dan langsung mati dengan mata terbuka.

Bahkan meskipun hanya mengalami keracunan ringan, kondisi tersebut masih dapat membahayakan kesehatan kelinci. Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kelinci. Selain itu barang-barang yang berada di sekitar rumah juga perlu diperhatikan, sebab kelinci dapat memakan semua hal yang dilihatnya.

3. Serangan Jantung

Penyebab ketiga kelinci mati mata terbuka adalah karena serangan jantung. Tanda-tanda serangan jantung pada kelinci yaitu kelinci kesulitan bernapas serta kepala dan lehernya terangkat. Serangan jantung pada kelinci disebabkan oleh banyak hal. Biasanya mengkonsumsi makanan yang banyak lemak dan kurang berolahraga menjadi penyebab umum penyakit jantung dapat menyerang kelinci.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Kondisi kelinci yang tertekan dan stres juga dapat menjadi penyebab serangan jantung. Selain itu kelinci juga dapat mengalami serangan jantung karena sifat alaminya yang mudah terkejut dan takut. Sehingga ketika hal tersebut terjadi, kelinci langsung mati di tempat dengan mata yang terbuka.

4. Bentuk Pertahanan Diri

Saat berada di lingkungan yang tidak aman, kelinci biasanya akan selalu membuka matanya untuk mengawasi predator. Kelinci merupakan spesies yang sangat waspada karena tubuh yang kecil membuatnya sulit untuk menghindari pemangsa. Sehingga, tidak menutup kemungkinan ketika sedang mempertahankan dirinya dari pemangsa, kelinci dapat langsung mati dengan mata terbuka.

5. Tidur dengan Mata Terbuka

Mati saat tertidur merupakan hal yang dapat dialami oleh kelinci. Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, bentuk pertahanan diri dengan membuka mata juga dilakukan kelinci pada saat tidur. Sehingga sangat mungkin untuk menemukan kelinci tidur dengan mata terbuka.

Kelinci mati saat tidur dengan mata terbuka kemungkinan karena otot-otot tubuhnya merasa rileks. Biasanya kelinci bisa merasakan sendiri kapan akan mati. Sehingga kondisi tubuh yang rileks pada saat tidur dengan mata terbuka tersebut membuat kelinci kemungkinan memutuskan untuk mati dengan tenang.

Baca Juga : Kenali Jenis Jenis Kelinci Rex yang Ada di Dunia

Itulah 5 penyebab kelinci mati mata terbuka. Wajar ketika muncul rasa takut dan khawatir saat pertama kali melihat kelinci mati dengan mata terbuka. Semoga dengan informasi ini membuat pemilik kelinci tidak kebingungan lagi ketika melihat kelincinya mati tiba-tiba dengan mata terbuka.

Related posts