7 Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor dan Jinak

Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor dan Jinak

Sebagai salah satu jenis burung pengicau, burung ciblek banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai masteran. Ciblek termasuk burung liar yang cenderung galak dan memiliki jiwa bertarung tinggi. Sehingga untuk menjinakkan dan menjadikannya gacor, burung ciblek harus diberikan perawatan khusus. Berikut ini cara merawat ciblek agar cepat gacor dan jinak:

1. Rutin Memberikan Pakan Berkualitas

Pakan berkualitas untuk ciblek dapat berupa voer dan serangga seperti kroto. Voer dapat disajikan sebagai makanan sehari-hari. Sementara serangga cukup diberikan dalam porsi kecil sekitar 4-5 ekor. Pakan juga dapat diracik dengan mencampurkan voer dengan kroto. Memberikan pakan tersebut setiap pagi dan sore hari dapat memicu ciblek menjadi cepat gacor.

Read More

Adapun jika ingin ciblek cepat jinak, caranya adalah jangan terlalu sering mengisi tempat makannya. Kosongkan tempat makan pada malam hari, lalu isi kembali di pagi hari. Hal ini dilakukan sebagai latihan agar ciblek mengetahui serta memiliki jadwal makan yang teratur. Selain itu perlakuan ini dapat menarik simpati ciblek pada pemiliknya.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

2. Mandikan Setiap Pagi atau Sore

Setelah ciblek selesai makan, biarkan selama 10-15 menit dulu sebelum dimandikan. Ciblek dimandikan menggunakan semprotan air dan sabun khusus hingga tubuhnya basah. Jika rutin dimandikan pada jam 7-10 pagi ataupun jam 3-5 sore maka dapat membuat ciblek cepat gacor sekaligus terhindar penyakit.

Sementara jika ingin cepat jinak maka ciblek harus dimandikan sampai basah kuyup. Memandikannya cukup menggunakan semprotan air. Jangan terlalu kencang ketika menyemprotkan air, cukup lakukan hingga ciblek basah kuyup saja. Setelahi itu keringkan dan pindahkan ciblek ke tempat yang hangat. Ciblek yang basah kuyup akan menghargai pertolongan manusia yang menghangatkannya.

3. Tempatkan Kandang di Lokasi Ramai

Lingkungan yang baru dan asing akan membuat ciblek merasa bingung dan takut pada manusia. Sehingga untuk mengatasinya, ciblek harus dilatih dan diasah mentalnya dengan cara ditempatkan di lokasi yang ramai. Hal ini dapat membuat ciblek lebih cepat beradaptasi pada lingkungan baru serta lebih jinak pada manusia.

4. Rutin Membersihkan Kandang

Cara merawat ciblek agar cepat gacor dan jinak melalui pembersihan kandang sangat penting untuk dilakukan. Kandang kotor akan memicu pertumbuhan kuman, bakteri, dan penyakit yang mengancam kesehatan ciblek. Sementara jika kandang bersih, maka ciblek akan selalu sehat.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Membersihkan kandang ini bisa dilakukan mulai dari menyikat bagian bawah kandang lalu bilas dengan air sampai bersih. Setelah itu keringkan kandang kemudian masukkan ciblek. Hindari memasukkan ciblek ketika kandang masih dalam keadaan basah karena dapat memicu pertumbuhan jamur. Selagi menunggu kandang kering, ciblek dapat dimasukkan ke dalam kandang lain.

5. Rutin Menjemur Ciblek

Setelah mandi, ciblek biasanya akan merasa kedinginan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menjemur ciblek setelah mandi. Penjemuran ini juga memiliki tujuan agar ciblek dapat lebih dekat dengan alam. Hal ini membuat ciblek lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan jinak pada manusia.

Proses penjemuran ciblek dilakukan dalam waktu 1-2 jam. Waktu maksimal untuk menjemur ciblek tidak boleh melewati jam 11 pagi menjelang siang. Hal ini dikarenakan sinar matahari di atas jam tersebut kurang baik untuk ciblek. Setelah dijemur, ciblek biasanya akan menjadi lebih segar dan langsung berkicau.

6. Berikan Vitamin

Pemberian vitamin akan memicu ciblek agar lebih cepat gacor. Vitamin yang diberikan dapat berupa madu dan air hangat serta vitamin khusus untuk burung. Pemberian vitamin secara teratur membuat fisik ciblek tetap sehat serta membuat kualitas gacor menjadi lebih bagus. Waktu efektif untuk memberikan vitamin adalah saat pagi hari sebelum dimandikan.

7. Pasang Kerodong pada Kandang

Setelah melakukan perawatan dengan cara-cara sebelumnya, pada malam hari, kandang ciblek perlu dipasangi kerodong. Tujuan pemasangan kerodong ini adalah agar ciblek tidak stres sehingga kondisinya lebih tenang dan rileks. Kondisi ciblek yang tenang karena tidak stres akan membuat gacor lebih bagus.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Itulah 7 cara merawat ciblek agar cepat gacor dan jinak. Terus lakukan perawatan tersebut secara rutin agar cepat menghasilkan ciblek yang jinak dan gacor. Semua perawatan di atas juga dapat disesuaikan kembali sesuai dengan kondisi burung ciblek yang dimiliki.

 

Related posts