Kenali 5 Cara Menjemur Kura Kura Brazil Yang Tepat

Menjemur Kura Kura Brazil

Kura-kura Brazil dapat bertahan hidup hingga 30 tahun, tergantung dari cara perawatannya. Tidak hanya memerlukan asupan makanan, kura-kura Brazil juga butuh sinar matahari untuk menjaga suhu tubuhnya. Lalu bagaimana cara menjemur kura kura Brazil yang baik dan benar? Karena sinar matahari sangat berpengaruh dalam proses metabolisme kura-kura.

Memelihara kura-kura Brazil menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pecinta binatang reptil. Walaupun tidak dapat dirangkul layaknya kucing dan anjing namun kura-kura Brazil merupakan salah satu jenis peliharaan yang lucu. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara yang tepat dalam menjemur kura-kura Brazil:

Read More

1. Menentukan Waktu yang Tepat

Ketika ingin menjemur kura kura Brazil sebaiknya tentukan terlebih dahulu waktu yang tepat. Sebab, menjemur kura-kura di waktu yang salah akan memicu terjadinya dehidrasi. Waktu yang pas untuk menjemur kura-kura adalah di pagi hari, karena sinar matahari belum terlalu panas.

Baca Juga : Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Baiknya antara jam 7 sampai dengan 9 pagi. Hindari menjemur kura-kura di siang hari sekitar jam 11 sampai 13 siang, karena di waktu tersebut sinar matahari sudah terasa sangat panas.

2. Jangan Jemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Hal yang perlu diperhatikan saat menjemur kura-kura Brazil yaitu, hindari menjemur kura-kura langsung di bawah matahari. Setidaknya berikan pelindung seperti plastik. Komponen yang diperlukan bagi tubuh kura-kura adalah sinar UV-A dan B yang dapat diperoleh dari sinar matahari pagi.

Menjemur kura-kura tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah saja tetapi juga dapat di lakukan di dalam rumah. Cukup dengan menyediakan lampu penghangat untuk kura-kura. Namun perlu diingat bahwa dengan menggunakan lampu penghangat biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih besar dibanding menjemur kura-kura secara konvensional.

3. Memilih Lokasi yang Pas

Cara menjemur kura-kura Brazil yang baik dan benar selanjutnya adalah memilih lokasi yang pas. Apabila ingin menjemur kura-kura sebaiknya jemur di dalam wadah yang berisikan air agar kura-kura terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Selain menjemur di dalam wadah berisi air, menstabilkan suhu tubuh kura-kura juga dapat dilakukan dengan memandikan kura-kura terlebih dahulu. Sebaiknya jemur kura-kura di tempat yang khusus agar jauh dari jangkauan anak-anak. Kura-kura memiliki kuku yang tajam, maka akan sangat berbahaya jika lokasi yang digunakan untuk menjemur tidak strategis.

4. Perhatikan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Ketika ingin menjemur kura-kura jangan lupa perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Lingkungan yang kotor akan memicu timbulnya penyakit pada kura-kura. Bukan hanya kebersihan kura-kura yang harus dijaga, namun kebersihan lingkungan disekitar kura-kura juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Misalnya rajin membersihkan kandang atau akuarium kura-kura dan jangan biarkan air di dalam akuarium sampai kotor. Selain akan tumbuh bakteri, kondisi lingkungan yang kotor juga akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

5. Jangan Menjemur Kura Kura Brazil Terlalu Lama

Hindari menjemur kura-kura terlalu lama, idealnya sekitar 15-20 menit. Menjemur kura-kura terlalu lama akan menyebabkan dehidrasi hingga kematian pada kura-kura. Maka dari itu jemur kura-kura di dalam bak yang berisi air.

Apabila ingin menjemur kura-kura tanpa merendamnya maka gunakan waktu sesingkat mungkin. Menjemur kura-kura akan membantu proses metabolisme tubuh dan dapat memberikan asupan vitamin yang diperlukan kura-kura Brazil.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Kucing Di Rumah Paling Efektif

Itulah tadi beberapa cara menjemur kura-kura Brazil yang baik dan benar. Dengan memberikan perawatan yang baik akan membuat kura-kura Brazil menjadi sehat dan tidak cepat mati. Setelah menjemur kura-kura Brazil jangan lupa untuk mencuci tangan agar tidak terjadi infeksi bakteri.

Related posts