Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Ada banyak jenis kucing yang cocok dijadikan hewan peliharaan. Namun, kebanyakan kucing yang dipelihara adalah jenis anggora atau persia yang memiliki harga cukup mahal. Padahal kucing kampung juga cocok di jadikan hewan peliharaan. Tetapi adakah cara merawat kucing kampung agar nurut? Karena kebanyakan kucing kampung memiliki perilaku yang buruk.

Memiliki hewan peliharaan yang jinak tentu menjadi impian bagi setiap pecinta hewan. Terutama kucing, akan sangat menggemaskan jika mempunyai kucing yang penurut. Namun tidak mudah membuat kucing kampung menjadi jinak. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara menjinakkan kucing kampung:

Bacaan Lainnya

1. Memberikan Makanan

Cara merawat kucing kampung agar nurut dapat dimulai dari hal-hal kecil misalnya, rajin memberikan makanan dan minuman. Kucing kampung memang tidak pilih-pilih makanan, tetapi memberikan asupan makanan yang sehat sangat penting untuk pertumbuhan kucing.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Kucing Di Rumah Paling Efektif

Selain makanan, memberikan minum pada kucing juga perlu dilakukan. Berikan air matang agar pencernaannya tidak terganggu. Agar nutrisi di dalam tubuhnya seimbang, sekali-kali berikan susu pada kucing. Pemberian makanan dan minuman secara teratur bisa membantu kucing mengenali pemiliknya, sehingga akan membuat kucing menjadi penurut.

2. Memandikan Kucing

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan rutin memandikan kucing minimal seminggu sekali. Memandikan kucing sangat sulit untuk dilakukan, karena kucing sangat anti dengan air. Namun apabila dilakukan secara rutin tentunya dapat membuat kucing menjadi terbiasa.

Rajin memandikan kucing akan membuat kebersihan kucing semakin terjaga. Ketika ingin mulai memandikan kucing terlebih dahulu siapkan ember atau baskom sebagai wadah untuk kucing. Jangan lupa berikan sabun atau shampo agar kucing menjadi harum dan untuk membunuh kuman yang menempel pada bulu kucing.

3. Menyiapkan Area Khusus

Menyediakan ruangan khusus tentunya akan membantu kucing kampung untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Apalagi kucing liar suka berkeliaran dimana-mana. Dengan menyediakan tempat khusus akan membuat pergerakan kucing semakin terbatas.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

Jangan lupa sediakan kotak pasir agar kucing dapat belajar untuk tidak buang air sembarangan. Selain itu, sediakan wadah yang berisi air agar apabila kucing haus dapat langsung meminum air tersebut. Berikan beberapa mainan untuk membantu kucing menjadi lebih aktif.

4. Memberikan Nama

Berikutnya yaitu dengan memberikan nama panggilan untuk kucing. Umumnya kucing biasa dipanggil dengan sebutan puss, padahal sebenarnya kucing dapat dipanggil dengan sebutan apapun. Untuk itu, berikan nama panggilan dan biasakan memanggil kucing dengan menggunakan nama tersebut agar terbiasa.

Pemberian nama akan membuat kucing lebih mengenali dirinya sendiri apabila dipanggil. Pemilik dapat memancing kucing kampung menggunakan makanan atau mainan sambil memanggil namanya.

5. Mengelus Bulu

Terakhir yaitu, biasakan untuk selalu bersentuhan dengan kucing. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengelus bulu kucing kampung. Jika membiasakan diri bersentuhan langsung dengan kucing kampung, lama kelamaan akan membuatĀ  kucing nyaman berinteraksi dengan manusia.

Selain mengelus tubuh, rajin menyisir bulu kucing kampung juga dapat dilakukan. Dengan membiasakan hal-hal seperti ini akan membuat kucing kampung merasa diperhatikan oleh pemiliknya.

Itulah tadi beberapa cara merawat kucing kampung agar nurut yang dapat dilakukan ketika kucing susah jinak. Tetapi jangan terlalu paksa kucing kampung untuk nurut sepenuhnya, karena kucing juga membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

Apabila kucing kampung dipelihara sejak kecil maka untuk mengubah perilakunya tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Namun jika kucing kampung sudah dewasa maka akan sangat membutuhkan waktu untuk membuatnya menjadi jinak.

Pos terkait