5 Cara Menggunakan Disk Digger untuk Mengembalikan Berkas pada Smartphone

Cara Menggunakan Disk Digger untuk Mengembalikan Berkas pada Smartphone

Disk Digger adalah aplikasi untuk mengembalikan berbagai berkas pada smartphone yang hilang. Namun, bagi beberapa pengguna masih belum tahu bagaimana menggunakan. Oleh karena itu, berikut cara menggunakan Disk Digger untuk memulihkan berkas yang sudah terhapus:

1. Unduh Aplikasi

Akses playstore pada android, kemudian cari nama dari aplikasi yang ingin dipakai misalkan, Disk Digger. Tunggu sebentar hingga muncul, lalu klik opsi unduh untuk mendapatkan aplikasi tersebut sekalian melakukan pemasangan otomatis. Jika sudah terpasang, biasanya akan terlihat logo dari Disk Dagger yang terdapat pada layar menu utama.

Akan tetapi ada cara lain untuk melakukan pengunduhan, langkah ini digunakan jika playstore mengalami masalah. Pertama, akses serta buka browser pada android baik itu Google Chrome atau yang lain. Kemudian, cari nama aplikasi tersebut dan beberapa situs akan menyediakan. Tinggal download sesuai pilihan yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone dengan Mudah

2. Jalankan Aplikasi

Periksa kembali apakah software benar-benar sudah terpasang dengan benar dan tidak mengalami kendala. Sekiranya sudah sesuai, bisa melanjutkan cara menggunakan Disk Dagger ini dengan langsung klik untuk menjalankan. Di halaman utama akan muncul berbagai opsi untuk dipilih, tapi jangan langsung sembarang pencet.

Sebelum memilih opsi menu yang tersedia, setidaknya harus tahu dahulu setiap fungsi yang ada agar mengurangi risiko. Selain itu, setiap opsi pasti punya kegunaan sendiri misal menu Root yang digunakan untuk mengubah maupun memodifikasi perangkat. Tapi ada resikonya, salah satu contoh akan mengalami tampilan mati sendiri jika tidak bisa memakai.

3. Lakukan Pemindaian

Proses pemindaian dilakukan dengan memilih opsi Scan Device yang berada di halaman utama aplikasi. Tahapan ini bertujuan menganalisis serta mengelola semua berkas yang pernah ada namun terhapus, baik disengaja maupun tidak. Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama, tapi yang pasti pemindaian akan sangat teliti hingga ditemukannya semua berkas yang ada.

Selain itu, jika sudah selesai akan nampak berbagai macam berkas yang ingin dicari. Baik itu sebuah foto maupun video, walaupun begitu tetap saja ada beberapa kendala dari fitur ini. Semisal pengguna tidak melakukan upgrade ke versi diatasnya, maka yang terjadi adalah beberapa keunggulan akan dibatasi.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Leaflet di HP dengan Aplikasi Paling Mudah

4. Pilih dan Pulihkan Berkas

Cari file yang ingin dikembalikan ke dalam perangkat penyimpanan, caranya tinggal melakukan centang pada berkas. Atau klik saja pada layar smartphone, maka dengan sendirinya akan langsung terblok. Bahkan saat memilih pun tidak hanya bisa satu atau dua berkas saja, akan tetapi semuanya juga bisa langsung dipilih.

Untuk cara menggunakan Disk Digger selanjutnya, bisa kerjakan perintah Recovery buat mengembalikan berkas yang tadinya terhapus. Tak sampai situ saja, kemudian sesuaikan tempat untuk menyimpan file yang tadi dipilih. Tinggal ditunggu sampai proses pengembalian sampai ke dalam folder penyimpanan, tapi terkadang berkas yang memiliki kapasitas besar bisa lebih lama.

5. Periksa Kembali

Mengembalikan semua berkas ke dalam perangkat tidak selamanya akan seperti semula. Terkadang ada beberapa yang mengalami masalah, baik itu karena file rusak atau kesalahan ekstensi. Untuk itu, pemeriksaan menjadi sebuah langkah alternatif untuk menanggulangi semua kecacatan hasil akhir.

Bahkan dengan mengecek ulang pengguna bisa mencari solusi apabila kesalahan proses terjadi kembali. Maka perlu ketelitian agar tidak ada berkas yang terlewat maupun mengalami kesalahan. Untuk itu, akan lebih baik lagi saat melakukan pemeriksaan dikerjakan beberapa orang bila sangat banyak, jika sedikit sendiri pun tidak masalah.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan Paling Mudah

Sekali lagi, keberhasilan dalam cara menggunakan Disk Digger untuk mengembalikan berkas yang terhapus pada smartphone ini tergantung pengguna. Juga, pengaruh dari aplikasi sangat berefek apabila menggunakan versi profesionalnya semua fitur akan terbuka tidak hanya beberapa saja.

Pos terkait