5 Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

Anjing pudel atau poodle dikenal sebagai ras anjing imut yang lucu dan menggemaskan dengan bulu keriting yang unik. Banyak yang memilih jenis anjing pudel untuk menjadi peliharaan dikarenakan karakteristik nya yang ramah sekaligus cerdas. Terdapat 5 jenis anjing ras pudel di Dunia. Masing-masing jenis memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mereka unik dan dicintai. Apa saja jenis nya? Simak di bawah ini:

1. Anjing Pudel Standar

Anjing pudel standar disebut sebagai jenis yang paling cerdas dibandingkan 4 jenis lainnya. Karena itu anjing pudel standar sering diikutsertakan dalam berbagai perlombaan. Ukuran tubuh anjing ini juga lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Tinggi seekor pudel standar dapat mencapai 45-60 cm. Seekor pudel jantan bisa berbobot antara 20-32 kg, sementara pudel betina bisa berbobot sekitar 20 – 27 kg. Usia pudel standar juga cukup panjang. Harapan hidup anjing pudel standar bisa mencapai 16 tahun.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Dalam Akuarium Untuk Pemula

2. Anjing Pudel Miniatur

Seperti namanya, tubuh anjing pudel miniatur berukuran lebih kecil dari jenis standar. Tinggi tubuh pudel miniature rata-rata adalah 28 – 38 cm dengan bobot mencapai 7 – 8 kg. Namun usia anjing pudel miniatur ternyata lebih panjang dibanding pudel standar walaupun tinggi badannya lebih pendek. Usia seekor pudel mini bisa mencapai 20 tahun, 4 tahun lebih lama dibanding pudel standar. Tentu saja ini tergantung perawatan anjing itu sendiri.

Jenis pudel ini juga sangat aktif dan energetic sehingga sangat cocok dipelihara oleh keluarga yang memiliki anak-anak yang juga aktif. Anjing ini dapat menjadi teman beraktifitas yang sangat menyenangkan.

3. Anjing Pudel Mainan/Toy Poodle

Ini adalah jenis anjing pudel yang paling kecil dengan tinggi badan hanya sekitar 24 – 28 cm dan bobot paling berat adalah 2,5 kg. Menjadi jenis pudel terkecil, pudel mainan juga memiliki usia yang paling pendek yakni sekitar 14-15 tahun.

Pudel mainan adalah anjing yang sangat ramah pada pemiliknya namun sekaligus agresif pada orang yang tidak dikenalnya. Karena itu, harap berhati-hati jika membiarkan anjing pudel mainan bermain bersama anak-anak.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

4. Anjing Pudel Moyen

Pudel moyen disebut juga pudel sedang karena ukuran tubuhnya yang sedikit lebih kecil dari pudel standar namun lebih besar dari pudel miniatur. Anjing pudel jenis ini memiliki tinggi antara 35 – 45 cm dengan berat antara 7 – 12 kg.

Pudel moyen adalah anjing yang ramah dan penuh kasih sayang sehingga sangat cocok untuk dijadikan peliharaan. Namun anjing ini rentan terhadap penyakit sehingga harus berhati-hati dalam pemeliharaannya.

5. Anjing Pudel Hibrida

Seperti namanya hibrida, anjing pudel ini memang merupakan hasil perkawinan silang dari ras anjing lainnya. Pudel hibrida memiliki beberapa jenis yang didapatkan dari perkawinan anjing pudel dengan jenis anjing tertentu sehingga menciptakan jenis baru. Beberapa jenis diantaranya cukup populer seperti :

  • Cockapoo yang merupakan hasil kawin silang pudel dengan cocker spaniel. Jenis pudel cockapoo memiliki bentuk tubuh pudel yang khas dengan bulu keriting dan lebat.
  • Labradoodle yaitu hasil perkawinan silang antara pudel dengan anjing Labrador.
  • pudel Cavapoo yang merupakan hasil perkawinan silang anjing pudel dengan anjing spaniel cavalier.
  • Shih Poo, hasil perkawinan silang anjing shih tzu dengan anjing pudel
  • Goldendoodle, hasil perkawinan silang antara anjing pudel dengan anjing golden retriever, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai 5 jenis anjing pudel paling lucu dan menggemaskan. Semoga artikel ini berguna bagi yang sedang berburu informasi peliharaan yang ramah dan aktif untuk diajak bermain.

Pos terkait