Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Selingkaran.Com – Kunyit merupakan tanaman herbal yang berwarna kuningng, kunyit juga sering dijadikan bahan pewarna alami untuk warna orange atau kuning, kunyit sendiri sejak zaman dahulu telah menjadi bahan herbal yang sagat dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan hingga saat ini ekstrak kunyit telah dicampurkan dengan bahan bahan herbal lainnya lalu dibuat seperti tablet untuk lebih praktis dalam mengkonsumsi kunyit itu sendiri.

Dalam segi kesehatan kunyit tentu memiliki segudang manfaat, untuk kesehatan bagian luar tubuh maupun untuk kesehatan bagian dalam tubuh, tetapi identiknya kunyit digunakan untuk kesehatan bagian dalam tubuh, seperti merawat lambung, mengobati asam lambung, mengobati maag kronis, mengobati penyakit penyakit lainnya yang berada didalam tubuh manusia, dan konon katanya jika rutin mengkonsumsi kunyit maka akan tampak lebih awet muda, tetapi ini dikhususukan untuk bagi para wanita yang telah mempunyai anak ya, jika belum jangan sering sering dalam mengkonsumsi kunyit.

Untuk manfaat sendiri tentu banyak sekali manfaat dan khasiatnya, nah bagi yang penasaran apasaja sih manfaat dari kunyit ini? yuk mari disimak segudang manfaat kunyit ini..

Manfaat Kunyit - Selingkaran

Beragam Khasiat dan Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Sakit Maag Kronis

Jika anda memiliki penyakit maag , kunyit ini sangat cocok sekali unuk anda, kenapa, karena kunyit merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk mengobati sakit maag, baik itu masih belum parah maupun sudah kronis,  termasuk juga sangat efektif untuk menurunkan asam lambung, untuk cara pengolahannya anda bisa baca disini : Cara mengobati Sakit Maag Kronis menggunkan Kunyit

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Tak hanya sakit maag yang dapat diatasi, nyeri ketika haid juga bisa diobati menggunakan kunyit, Caranya ambil 3 ruas kunyit diparut ambil airnya lalu dicampur dengan 2 buah asam jawa dan gula merah secukupnya tambahkan segelas air, rebus hingga mendidih, minum selagi hangat, jamu kunyit asam dapat anda minum 2 kali dalam sehari.

Manfaat Kunyit Untuk Awet Muda

Untuk yang satu ini tentu anda sudah tau, rajin rajin mengkonsumsi kunyit tentu akan membuat anda tampak awet muda, tak perlu setiap hari, cukup seminggu 2x saja sudah cukup asalkan rutin ya..dan bila perlu anda bisa tambahkan madu untuk menambah kesehatan tubuh anda.

Kandungan Yang Terdapat Pada Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Khasiat Lainnya Dari Kunyit

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah :

  • Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  • Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  • Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  • Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  • Saring dan Peras
  • Tuangkan perasan jeruk nipis (1 – 3 biji, sesuai selera)
  • Tambahkan gula atau madu
  • Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)

Ramuan diatas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.

Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit

Nah bagaimana netizen? sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari kunyit ini sendiri, karena keterbatasan waktu saya dalam mengulas manfaat kunyit ini jadi saya sampaikan manfaat-manfaat yang terpenting saja walaupun semua manfaat itu penting, tetapi percaya saja yang namanya bahan-bahan herbal pastinya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Baca juga :

Segudang Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Fadhila Roeyta
Fadhila Roeyta
Gemar berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh adalah rutinitas yang selalu dijalani oleh Fadhila dalam kesehariannya. Ia akan selalu ingin berbagi informasi mengenai Kesehatan didalam website ini.

Komentar Facebook