6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Bagi pecinta burung, tentu tidak asing dengan burung Murai. Burung kicauan yang satu ini cukup digemari karena bulunya yang cantik serta suaranya. Selain itu harga jual burung Murai terbilang cukup tinggi. Burung Murai yang dirawat oleh orang yang tepat akan menghasilkan kualitas yang baik, namun jika salah dalam melakukan perawatan justru dapat menyebabkan burung stress dan tidak nau berkicau. Berikut cara merawat burung Murai agar cepat gacor:

1. Lakukan Pengembunan

Proses pengembunan sangat baik untuk semua jenis burung kicauan tidak terkecuali burung Murai. Manfaat dari pengembunan adalah untuk memberikan udara segar bagi burung, dengan demikian burung akan menjadi sehat. Pengembunan secara rutin mampu menjadikan burung Murai cepat gacor dan mendapatkan bulu yang mengkilap. Waktu pengembunan burung Murai sebaiknya dilakukan pukul 05.00 sampai 06.00.

Bacaan Lainnya

2. Bersihkan Burung Murai

Langkah yang dilakukan setelah selesai pengembunan adalah dengan membersihkan burung Murai. Membersihkan burung Murai dengan cara memandikannya bisa dijadikan rutinitas agar burung Murai selalu bersih dan segar. Dalam melakukan proses ini, sebaiknya jangan menyemprotkan air terlalu keras supaya burung tidak merasa sakit. Gunakan air yang bersih dengan suhu yang nyaman ketika memandikan burung Murai.

Baca Juga : 8 Panduan Cara Merawat Lovebird Paud Agar Rajin Ngekek dan Berdurasi Panjang

3. Bersihkan Sangkar

Selain kebersihan burung, kebersihan kandang juga perlu diperhatikan saat merawat burung Murai agar selalu sehat. Membersihkan kandang dapat dimulai dengan membersihkan kotoran dan sisa makanan yang terdapat pada sangkar. Mengganti air minum burung Murai juga harus rutin dilakukan setiap hari. Ada baiknya jika melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala supaya Burung Murai terhindar dari penyakit.

4. Beri Makanan yang Sesuai

Pemberian makanan yang tepat dapat mempercepat Burung Murai cepat gacor. Burung Murai harus diberi makan dengan porsi yang tepat. Hal ini dikarenakan apabila porsi terlalu berlebihan Burung Murai bisa kelebihan berat badan dan justru tidak mau berkicau.

Lakukan pemberian makanan berupa Jangkrik, Voer, Cacing, Kroto atau ulat setiap pagi setelah dimandikan dan sore hari. Pemberian makanan juga dapat divariasi setiap minggunya supaya Burung Murai tidak bosan dan stress.

5. Lakukan Pemasteran Burung Murai

Cara merawat Burung Murai paling ampuh agar Burung cepat gacor adalah dengan melakukan pemasteran secara rutin. Tujuan dari pemasteran adalah untuk meningkatkan kualitas suara dari Burung Murai terutama saat akan ikut perlombaan. Faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pemasteran Murai Batu diantaranya:

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

  • Kualitas suara yang digunakan dalam proses mastering harus bagus.
  • Pemasteran dilakukan pada waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk pemasteran Burung Murai adalah ketika suasana tenang pada siang, sore maupun malam hari.
  • Kesehatan burung ketika dilakukan pemasteran harus dalam keadaan fit guna mengurangi tingkat stress pada burung Murai.

6. Berikan Makanan Tambahan

Selain pemberian makanan pokok, menambahkan extra fooding atau makanan tambahan juga diperlukan. Makanan tambahan diberikan agar Burung Murai mendapat kandungan gizi tambahan yang tidak terkandung dalam makanan pokok.

Makanan tambahan untuk Burung Murai dapat berupa SUPERVIT atau suplemen yang diberikan setiap satu minggu sekali. Pemberian makanan tambahan juga mampu membuat burung birahi dan bergairah.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

Itulah beberapa cara merawat Burung Murai cepat gacor. Merawat Burung Murai dibutuhkan ketekunan dan keterampilan supaya memiliki kualitas yang bagus. Pemilik juga diharuskan memahami sifat maupun karakter burung yang dipelihara, karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda.

Pos terkait