Cara Memperbaiki HP yang Kena Air Agar Tidak Rusak

Cara Memperbaiki HP yang Kena Air

Baterai terkena air memang sangat menyebalkan dan sudah sepantasnya dihindari oleh para pengguna. Namun bagimana jadinya jika hal ini benar-benar menimpa perangkat pengguna? Adakah yang bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki HP yang kena air tersebut? Jika ingin mendapat jawabannya, sebaiknya cermati ulasan di bawah dengan seksama!

1. Ambil HP dari Air

Cara memperbaiki HP yang kena air dimulai dari segera mengambil HP yang terjatuh ke air dengan cepat. Jangan sampai HP masuk lebih dalam ke genangan air. Lantaran hal tersebut pasti akan merendam seluruh badan HP. Bila dibiarkan efeknya tentu akan membuat HP semakin rusak.

Bacaan Lainnya

Jika HP terkena tumpahan air, segera singkirkan HP dari genangan air yang tumpah lalu coba cari kain kering untuk menghilangkan sisa tumpahan air yang masuk ke HP. Hal yang perlu diperhatikan adalah minimalisir masuknya air melalui celah-celah yang ada di dalam HP. Karena semakin banyak air yang masuk ke HP, akan semakin sulit memperbaiki nantinya.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Headset Bluetooth Untuk Telepon Tanpa Ribet

2. Lepaskan Baterai dan Memori Card

Ketika HP terjatuh ke dalam air, segera lepaskan perangkat-perangkat yang ada di dalamnya. Mulai dari lepaskan baterai HP, memori card, dan SIM. Selain itu, lepaskan pula casing yang ada pada HP. Tujuanya agar HP lebih mudah dilakukan proses pengeringan.

Jika pengguna tidak segera membongkar dan melepaskan berbagai macam perangkat di dalamnya ketika HP terkena air, ini akan berakibat fatal. Mulai dari kerusakan bagian kecil, hingga menyerang ke bagian pokok seperti layar dan yang lainnya.

3. Jangan Nyalakan HP

Pada saat HP masuk ke dalam air, biasanya HP yang tadinya masih menyala akan mati seketika. Ini terjadi karena ada sistem dalam perangkat HP yang mendeteksi jika adanya benda asing masuk seperti air. Maka secara otomatis mesin-mesin yang ada dalam HP akan mati sebagai bentuk respon.

Hal yang perlu pengguna lakukan ketika HP masuk ke dalam air, ialah jangan coba-coba menyalakan HP ketika HP dalam keadaan basah. HP yang masuk ke dalam air sangat rawan ketika langsung dihidupkan, karena ada perputaran arus yang masih menyala di dalamnya. Ini bisa mengakibatkan pengguna kesetrum. Oleh sebab itu, baiknya tetap matikan sementara waktu HP, sampai benar-benar kering.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan Paling Mudah

4. Masukkan dalam Beras

Cara memperbaiki HP yang kena air lainnya adalah dengan langkah masukkan HP ke dalam beras.  Meski terdengar agak aneh, cara yang satu ini sangat efisien untuk membuat HP cepat kering. Tidak banyak yang tahu bahwa beras memiliki sifat yang mampu menyerap air, sehingga HP yang terkena cairan tadi jika dimasukkan ke dalamnya akan lebih mudah kering.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Yakni masukkan HP dan semua perangkatnya seperti baterai, memori card, dan sim yang sudah terlebih dahulu dilepas, ke dalam satu kantong plastik berisi beras. Untuk hasil yang maksimal, tunggu 2-3 hari dan biarkan HP di dalam kantong plastik berisi beras tadi. Setelahnya baru bersihkan, dan coba untuk nyalakan.

5. Gunakan Tumpukan Silica Gel

Langkah terakhir memperbaiki HP kena air adalah masukkan HP dan perangkat lainnya ke dalam tumpukan silica gel. Silica gel memiliki fungsi yang sama dengan beras yaitu sama-sama dapat membantu proses pengeringan supata lebih cepat.

Cara menggunakan pun terbilang sederhana. Yaitu cukup letakkan HP, baterai, memori card dan sim di dalam tumpukan silica gel. Bila sudah, diamkan beberapa waktu sampai semua benar-benar mengering. Apabila sudah, bersihkan HP memakai lap yang halus, kemudian pasang komponennya dan coba nyalakan.

Baca Juga : 5 Cara Memindahkan Video dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data dengan Mudah

Demikianlah tadi sejumlah informasi penting yang dapat diterangkan mengenai cara memperbaiki HP yang kena air termudah. Bagaimana? Sudahkah memahami semua cara yang disajikan di atas? Jadi sekarang, jika tidak sengaja mengalami HP masuk ke dalam air, maka segera lakukan tindakan di atas untuk penyelamatan!

Pos terkait