8 Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan Paling Mudah

Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan

Beberapa orang mungkin pernah mengalami akun FB miliknya tiba-tiba dinonaktifkan oleh sistem. Padahal pengguna tidak menggunakan fitur Penonaktifan Akun Sementara. Sebenarnya cara mengatasi akun FB dinonaktifkan oleh sistem tersebut cukup mudah. Namun dalam proses pengaktifannya membutuhkan beberapa langkah penting.

Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan

Untuk mengatasi akun FB yang dinonaktifkan ada lima langkah yang dapat dilakukan. Berikut adalah penjelasan detail mengenai kelima langkah tersebut :

Bacaan Lainnya

1. Masuk ke Halaman FB

Pertama pengguna harus lebih dahulu masuk ke halaman FB. Masukkan email serta kata sandi pada halaman ini kemudian pilih tombol login. Apabila akun pengguna dinonaktifkan oleh sistem maka akan muncul pemberitahuan Account Disabled.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Pada Hardisk Internal

2. Tekan Tombol Download Your Information

Pada bagian bawah pemberitahuan tersebut terdapat opsi Download Your Information. Tekan tombol tersebut untuk melihat informasi mengenai akun yang dinonaktifkan. Cek apakah ada informasi penyebab akun dinonaktifkan pada halaman tersebut.

3. Isi Informasi Akun di Halaman Pusat Bantuan

Jika telah menemukan penyebab akun dinonaktifkan selanjutnya masuk ke halaman pusat bantuan FB. Cari menu Contact kemudian pilih menu My Personal Account Was Disabled untuk mengakses formulir permohonan pengaktifan kembali akun tersebut.  Terdapat beberapa data yang harus diisi pada halaman tersebut. Mulai dari data alamat email hingga nama lengkap kemudian upload kartu tanda pengenal.

4. Masukkan Detail Alasan Terkait Akun Tersebut

Setelah melakukan upload data pengenal pada kolom bagian bawah ada Additional Info. Pengguna dapat memasukkan detail alasan kenapa penonaktifan akun tersebut merupakan kesalahan dari sistem. Jika ada berikan juga bukti kalau pengguna tidak melanggar ketentuan dari FB.

5. Tunggu Hingga FB Aktif Kembali

Apabila semua kolom form telah diisi dan tanda pengenal telah diunggah lalu pilih opsi Send yang terdapat pada bagian bawah halaman. Formulir pengajuan pengaktifan akun akan otomatis dikirim ke sistem FB untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga : Penyebab Sinyal WiFi Lemah di Android dan Cara Mengatasinya

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Itu tadi adalah cara mengatasi akun FB dinonaktifkan yang harus dipahami pengguna. Tapi, saat mengaktifkan kembali akun sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Email dan Kata Sandi Harus Benar

Hal yang pertama harus diperhatikan pengguna adalah masalah email dan kata sandi. Pengguna yang ingin masuk kembali pada akun miliknya harus memastikan jika email dan kata sandi yang dimilikinya sudah sesuai. Pasalnya untuk membuat akun aktif kembali pengguna harus login dahulu ke aplikasi ataupun website FB.

Pengguna yang kesulitan mengingat kata sandi miliknya dapat menggunakan fitur lupa kata sandi untuk memudahkan pengaturan ulang kata sandi. Tapi, untuk menggunakan fitur tersebut pengguna wajib mengetahui email yang digunakan akun miliknya.

2. Jenis Penonaktifan Akun yang Dipilih

Ada 2 jenis penonaktifan, yaitu penonaktifan sementara dan penonaktifan permanen atau hapus akun. Untuk mengaktifkan kembali akun miliknya pengguna harus memastikan jika opsi penonaktifan yang dipilihnya bukan penonaktifan permanen.

Pengguna dapat melakukan pembatalan penonaktifan permanen maksimal 30 hari terhitung sejak akun dihapus. Jika lebih dari itu maka akun akan otomatis terhapus secara permanen.

3. Penyebab Akun Dinonaktifkan

Akun dapat menjadi nonaktif karena banyak hal. Mulai dari dinonaktifkan oleh pengguna hingga dinonaktifkan oleh sistem karena dianggap melanggar peraturan. Penonaktifan oleh pengguna dapat diatasi dengan melakukan login ke halaman FB. Lalu untuk menonaktifkan oleh sistem pengguna harus mengajukan formulir permohonan aktivasi akun melalui halaman pusat bantuan facebook.

Baca Juga : Cara Membuat 2 Akun Facebook dengan 1 Nomor HP Paling Mudah dan Terpercaya

Itulah cara mengatasi akun FB dinonaktifkan serta beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna saat akan mengaktifkan kembali akun miliknya. Pengguna juga harus memastikan jika akun miliknya benar-benar tidak melanggar ketentuan saat akan mengaktifkannya kembali.

 

Pos terkait