Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Rokok Elektrik bagi Kesehatan
Rokok Elektrik

Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Rokok Elektrik bagi Kesehatan

Selingkaran.com – Akhir akhir ini kita sering mendengar mengenai aktifitas merokok yang baru, aktifitas ini tampak seperti tidak biasanya selayaknya rokok-rokok lainnya, biasanya rokok identik dengan busa dan kertas lalu di linting dengan kertas rokok yang lumayan wangi, tetapi untuk yang satu ini sepertinya tida, bisa dibilang untuk aktifitas yang satu ini adalah cara canggih untuk tetap merokok dan konon katanya merokok dengan cara ini lebih aman dibandingkan dengan cara merokok biasa.

Apakah benar begitu? eh nanti dulu.. tentunya anda penasaran, apa sih yang sedang dibahas sedikit panjang lebar diatas? anda pasti sudah tau ding dari judulnya saja kelihatan, yup benar sekali Rokok Elektrik atau bahasa kerennya E-Rokok nah lo, sudah seperti kartu-kartu yang sering kita dengar dengan awalan E ya.. hehehe.

Rokok Elektrik akhir akhi ini memang sangat booming sekali dikalangan para pecinta rokok, betapa tidak .. katanya sih Rokok Elektrik ini diklaim lebih aman dan sehat dibandingkan dengan rokok-rokok biasa, ya jika dilihat memang kita tidak seperti menghisap biasa yang dibakar ya melainkan kita menghisap  cairan yang sudah disediaka didalam rokok elektrik tersebu. Apakah anda tahu cairan apakah yang ada didalam rokok elektrik?

Cairan yang berwarna kuning itu adalah cairan Nikotin netizen, apakah anda tidak sadar cairan segitu banyaknya akan kita rokok dengan dalam jangka waktu yang lumayan singkat? kenapa saya bisa bilang singkat, ya karena rokok ini malah akan membuat kita ingin selalu menghisapnya karena tidak sulit untuk menggunakannya, dan parahnya lagi ya namanya nikotin cair, anda melihat nikotin dari rokok biasa saja belum pernah eh ini dibuat cair dan dalam jumlah yang banyak dan sekali pakai? apakah masih bisa dibilang sehat jika sudah begini?

Menurut beberapa sumber media, “Kami mendeteksi molekul karsinogenik dalam uap rokok dengan jumlah yang signifikan. Di samping itu, tiga dari 10 rokok elektronik ini bahkan memiliki tingkat formaldehia dari senyawa karsinogenik persis seperti perokok konvensional,” ujar spesialis Thomas Laurenceau kepada Daily Mail.

Selain itu menurut keterangan tertulis yang disampaikan oleh Prof. Tjandra kepada Okezone, ada juga akibat negatif yang dapat secara umum terjadi pada pengguna rokok elektrik.

Rokok Elektrik

Rokok Elektrik

Bahaya Mengkonsumsi Rokok Elektrik

Adiksi

Alat ini merupakan cara baru memasukkan nikotin ke dalam tubuh, yang mengakibatkan efek buruk terhadap tubuh. Efek dari nikotin seperti meningkatkan adrenalin, tekanan darah, dan juga mengakibatkan ketagihan.

Keracunan

Adanya peringatan dari pabrik rokok elektrik yang menyatakan konsumen yang memiliki penyakit pernapasan (asma, PPOK, bronchitis, pneumonia), uap yang dihasilkan rokok elektrik dapat menimbulkan serangan asma, sesak napas, dan batuk.

Lebih lanjut lagi, pernyataan tersebut menegaskan agar produk tidak lagi digunakan jika efek seperti yang disebutkan terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini benar-benar berbahaya, terutama untuk sistem pernapasan.

Persepsi aman

Yang lebih menghawatirkan adalah rokok elektrik dipersepsikan lebih aman, karena ini menawarkan ‘rasa aman palsu’ atau illusive safety.

Yah.. yang namanya rokok dan aktifitas merokok dan anda merokok bentuk dan jenis apapun itu tidak ada sehat sehatnya, dari mana merokok itu sehat , kan sudah diperingati pada setiap bungkus rokok bahwasannya rokok itu berbahaya bagi kesehatan tubuh anda baik rokok biasa maupun yang elektrik.

Dan untuk memperyakin anda bahwasannya rokok ini memang berbahaya, berikut kutipan dari salah satu media lagi.. Dilansir dari straitstimes.com, badan kesehatan dunia atau WHO sendiri sebenarnya telah melarang penjualan rokok jenis ini secara bebas sebab dikhawatirkan mampu membahayakan kesehatan terutama jika asapnya dihirup oleh anak-anak. PBB pun melarang untuk mengonsumsi rokok ini di ruang tertutup publik agar uapnya tidak membahayakan.

Nah gimana? masih yakit ingin meneruskan kegiatan merokok anda? silahkan tidak ada yang melarang yang terpenting adalah anda bisa membawa diri dan tau tempat merokok yang benar jangan merokok di tempat-tempat umum yang banya wanita, dan apalagi anak anak, karena ini akan berbahaya bagi mereka semua. Jadi Apa Keputusan Anda?

Ragil Wahyu Kurniawan
Ragil Wahyu Kurniawan
Anak bontot dari empat bersaudara, lelaki kedua setelah Ayahanda di dalam keluarga. Dibesarkan didalam keluarga yang disiplin dengan ajaran penuh norma dan sopan santun.

Komentar Facebook