7 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Yang Jarang Disadari

Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Siapa sangka ternyata ada banyak manfaat buah pare bagi kesehatan dibalik penampilannya yang suram dan pahit. Pare memiliki nama Latin momordica charantia dan sering diolah sebagai makanan atau lalapan. Meskipun rasanya pahit, namun tidak dipungkiri jika pare memiliki banyak penggemar.

Pare merupakan tanaman tropis yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Daunnya dikenal sebagai obat luka bakar dan buahnya sendiri dipercaya menjadi obat penurun panas. Selain hal itu, manfaat lain dari buah pare adalah:

Bacaan Lainnya

1. Menjaga Gula Darah Tetap Aman

Tanaman yang hanya memiliki umur satu tahun ini dikenal memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium sendiri adalah zat yang berfungsi memaksimalkan kerja hormon insulin. Hal ini berhubungan juga dengan penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga :  7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Dengan kandungan magnesium yang terdapat di dalam pare, kerja gula darah akan terjaga normal. Pare juga bisa mencegah penumpukan gula berlebih bahkan mengorganisir gula darah ke organ organ lain. Sehingga asupan gula di seluruh tubuh tetap terjaga seimbang.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C dan antioksidan merupakan zat yang sangat berperan besar dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah pare memiliki kandungan antioksidan dan vitamin c yang berarti pare berperan penting dalam mengatur sistem imunitas.

Antioksidan yang terdapat di pare berfungsi untuk membentuk pertahanan dari zat asing yang berpotensi merusak tubuh. Radikal bebas dan virus dapat ditangkal juga oleh zat ini. Menjadikan tubuh lebih tahan serangan virus dari sebelumnya.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Soal kesehatan mata, umumnya semua orang hanya familiar dengan wortel atau brokoli. Tapi siapa sangka jika satu dari sekian banyak manfaat buah pare bagi kesehatan adalah memelihara ketajaman mata?

Buah pare mengandung senyawa flavonoid yang memiliki fungsi meningkatkan kesehatan mata. Mata katarak dan rabun senja juga dapat dikurangi berkat senyawa ini. Itulah mengapa buah pare dinilai cukup efektif dalam memelihara kesehatan mata.

4. Mengurangi Gangguan Asma

Asma merupakan salah satu gangguan kesehatan pernapasan yang cukup menyakitkan. Penderita asma tidak dapat berlari jauh, menanjak gunung, atau menghirup asap yang berlebihan. Asma bahkan bisa menyerang penderitanya kapan saja, dalam keadaan siap maupun tidak.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Berita baiknya, asma dapat dikurangi dengan mengkonsumsi pare. Buah asal Tiongkok ini bersifat anti – inflamasi dan anti virus yang bersifat menahan tubuh dari gangguan pernafasan. Selain asma, pare juga digunakan untuk mengobati batuk kering, flu, dan pilek.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tulang yang sehat adalah dambaan semua orang. Kesehatan tulang yang terjaga membuat tubuh menjadi kuat dan tidak mudah merasa capek atau pegal. Selain minum susu, ternyata kesehatan tulang dapat dijaga dengan mengkonsumsi buah pare.

Sungguh menakjubkan, pare dan seluruh khasiatnya. Tidak cukup dengan kandungan sejuta manfaat yang lain, pare juga memiliki vitamin K. Vitamin inilah yang membuat pare berguna untuk kesehatan tulang, membuatnya kuat dan menjaganya tetap sehat.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka Memar

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan sendiri untuk menyembuhkan luka. Luka memar yang terdapat pada tubuh umumnya akan menghilang sendiri setelah beberapa hari. Selama memar, tubuh akan merasakan nyeri yang tidak nyaman bahkan menimbulkan demam.

Namun, keberadaan buah pare berperan besar dalam mempercepat penyembuhan memar. Tubuh tidak perlu menerima nyeri yang menyakitkan untuk beberapa hari. Kandungan vitamin K dalam pare berperan dalam mengatur pembekuan darah dan membentuk protombin. Dengan jumlah protombin yang cukup, memar dapat menghilang dengan lebih cepat.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang bermasalah merupakan hal yang sangat mengganggu. Tidak bisa melakukan banyak aktivitas secara bebas dan hanya bisa berbaring di kasur. Sebagian besar orang membenci saat pencernaan sedang terganggu dan ingin kembali sehat secepatnya.

Jangan khawatir, karena pare kembali hadir sebagai pahlawan. Pasalnya, pare adalah buah yang kaya serat dan serat adalah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh pencernaan. Pare juga berperan sebagai pencahar alami yang mampu meredakan sembelit. Antibakteri pare juga mampu melawan bakteri H. Pylori yang menyebabkan tukak lambung.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Selain tujuh manfaat yang sudah dijabarkan di atas, sesungguhnya manfaat buah pare bagi kesehatan sangatlah banyak. Pare yang awalnya termasuk buah yang sangat dihindari oleh beberapa kalangan, berubah menjadi buah yang dicari banyak orang. Dibalik rasa pahitnya yang menggigit, tersimpan jutaan faedah, menolong banyak orang dari bermacam keluhan penyakit.

Pos terkait