7 Mata Kuliah Tata Boga yang Harus Dikuasai

7 Mata Kuliah Tata Boga yang Harus Dikuasai

Siapakah yang ingin kuliah di jurusan tata boga? Jangan berpikir jika di sana hanya diajarkan tentang proses memasak atau menghidangkannya. Karena mata kuliah tata boga sangatlah luas. Banyak ilmu yang akan didapatkan dengan masuk ke jurusan ini. Oleh karena itu, simak uraian di bawah agar lebih mantap memilih tata boga:

1. Dasar Boga

Mata kuliah inilah yang paling utama dari jurusan tata boga. Pelajaran yang diberikan nantinya yaitu tentang pengetahuan lengkap terkait seni mengolah makanan. Para mahasiswa juga akan dikenalkan mengenai nama-nama alat dapur dan cara pemakaiannya. Selain itu, dijelaskan pula tentang cara memasak dan bumbu yang tepat, serta menghidangkannya dengan alat penyaji.

Bacaan Lainnya

2. Dekorasi Makanan

Saat menyajikan makanan, seorang juru masak tidak boleh sembarangan. Karena estetika dan menarik tidaknya masakan akan dinilai di sini. Oleh karena itu, mata kuliah tentang dekorasi makanan turut diajarkan di jurusan tata boga. Apalagi materi seperti ini sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai jual dari sebuah produk makanan.

Baca Juga : Ketahuilah 7 Materi Sejarah SBMPTN yang Sering Masuk Dalam Soal

3. Makanan dan Minuman Nusantara

Seorang juru masak tidak hanya harus jago menyajikan makanan dari barat. Tapi juga wajib menguasai kuliner tanah air. Karena itulah, selama di masa kuliah para mahasiswa akan diberi pelajaran tentang cara mengolah makanan khas nusantara. Selain itu, nantinya diharapkan juga mampu menghadirkannya dengan kreasi baru tanpa mengubah cita rasa asalnya.

Bukan hanya makanan, kudapan dan minuman khas nusantara juga dikenalkan di tata boga. Sehingga para mahasiswa yang masuk di jurusan tersebut bisa menyajikannya dalam tampilan yang lebih menarik. Kemampuan lain yang diharapkan dapat berkembang dengan mempelajari mata kuliah ini adalah menginovasinya agar mempunyai nilai tinggi.

4. Etika

Apakah pernah berpikir jika etika masuk dalam mata kuliah tata boga? Karena memang pelajaran ini ada di jurusan tersebut. Para mahasiswa akan diajarkan tentang konsep etika di semua profesi. Baik itu tata perilaku selama ada di masyarakat atau dalam bisnis. Apalagi ketika masuk di dunia kerja, etika sangat diperlukan.

Baca Juga : Tips Belajar Materi TPS Penalaran Umum yang Bisa Ditiru

Jadi para mahasiswa tata boga tidak hanya tahu tentang bumbu dan nama teknik memasak saja. Tapi juga mempunyai sifat dan pribadi yang baik. Sehingga di mana pun tempatnya nanti, akan bertindak sesuai dengan pedoman. Hasil yang diharapkan nantinya yaitu seorang juru masak yang beretika.

5. Kimia Dasar

Apa gunanya matkul Kimia Dasar di tata boga? Pelajaran ini akan memberi tahu para mahasiswa tentang komposisi tepat yang ada dalam makanan. Sehingga nantinya bisa menentukan apakah di makanan tersebut terdapat kandungan kimia atau tidak. Selain itu, juga mampu memutuskan kelayakan untuk disajikan dengan melihat nutrisinya.

6. Matematika

Mata kuliah ini memang harus ada di semua jurusan, termasuk juga tata boga. Karena dengan mempelajari Matematika, para mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan logikanya. Cara berpikir nantinya akan lebih sistematis dan logis. Selain itu, Matematika juga diperlukan oleh para juru masak untuk menakar bahan dan kandungan di makanannya.

7. Dasar-Dasar Manajemen

Para mahasiswa tata boga tidak hanya sekadar tahu cara memasak dari mulai persiapan hingga penyajian. Tapi juga harus menguasai ilmu dasar manajemen. Sehingga saat masuk di dunia kerja, akan memiliki keterampilan dan kemampuan. Apalagi jika memutuskan menjadi seorang wirausaha. Maka matkul ini sangat wajib dikuasai.

Baca Juga : Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

Itulah daftar mata kuliah tata boga yang akan diterima mahasiswa jika memilih jurusan tersebut. Jadi nantinya tidak hanya menguasai tentang masakan, tapi juga tahu kandungan gizi dan manajemen. Tidak usah takut lagi masuk di tata boga. Karena peluang kerjanya cukup besar. Baik menjadi chef, tenaga pendidik, hingga konsultan gizi.

 

Pos terkait