8 Panduan Cara Merawat Lovebird Paud Agar Rajin Ngekek dan Berdurasi Panjang

Cara Merawat Lovebird Paud

Lovebird merupakan jenis burung yang terkenal dengan suara ngekeknya. Banyak yang lebih memilih untuk merawat anakan lovebird atau Lovebird Paud karena harganya terjangkau dan lebih mudah dibentuk. Namun, dalam memelihara lovebird paud tidak mudah, misalnya lovebird tidak mau ngekek. Agar tidak bingung simak cara merawat Lovebird Paud agar rajin ngekek di bawah ini:

1. Mandikan Setiap Pagi

Agar rajin ngekek, lovebird paud (apalagi di usia 1,5 – 2 bulan) harus dimandikan setiap pagi. Burung lovebird paud dapat dimandikan tiap jam 6 pagi, atau tergantung cuaca. Cara memandikannya bisa dengan disemprot halus atau mandi sendiri di dalam keramba atau cepuk. Sesuaikan dengan kebiasaan mandi yang disukai oleh lovebird yang dipelihara.

Bacaan Lainnya

2. Jemur Lovebird Paud Setelah Mandi

Setelah dimandikan, Lovebird harus diangin-anginkan (dijemur) selama 1-2 jam agar bulunya kering. Namun, usahakan mulai jemur lovebird sebelum matahari bersinar terik. Apabila Lovebird Paud diperuntukkan untuk lomba, burung bisa diangin-anginkan di tempat ramai. Hal ini bertujuan agar lovebird memiliki mental fighter. Durasi penjemuran lovebird paud bisa ditambah secara bertahap agar lovebird bisa ngekek panjang.

3. Merawat Kandang Lovebird Paud

Salah satu cara merawat lovebird paud agar rajin ngekek yang terpenting adalah menjaga kebersihan kandang. Kandang yang bersih dapat membuat lovebird paud merasa nyaman dan terhindar dari stress. Bila lovebird paud tidak stress, maka ia akan rajin makan dan senantiasa rajin ngekek.

Bersihkan kandangnya secara rutin. Buang semua kotoran dan sisa makanan, juga sering ganti air minumnya. Letakkan kandang di tempat teduh dan jauh dari segala hal yang dapat mengganggu lovebird (misalnya predator).

4. Latihan Umbaran

Melatih lovebird paud di kandang umbaran dapat membuat stamina lovebird paud lebih kuat. Sehingga, Lovebird paud pun dapat rajin ngekek dan durasinya panjang. Cukup latih di kandang umbaran 1-2 kali seminggu. Hindari melatih lovebird paud terlalu sering agar lovebird tidak stress.

5. Memilih Pakan Berkualitas untuk Lovebird Paud

Agar rajin ngekek, pakan yang diberikan untuk lovebird paud harus berkualitas. Misalnya Millet, pakcoy, apel, kuaci, dan lain-lain. Selain itu, berikan extra food yang dapat meningkatkan stamina. Misalnya seperti kangkung, daun ginseng, jagung muda, binahong, atau pucuk daun mengkudu. Berikan extra food ini sesuai dengan kondisi lovebird, tidak perlu setiap hari.

6. Lakukan Pemasteran

Lakukanlah pemasteran untuk lovebird paud dengan sering memperdengarkan suara lovebird yang panjang. Nantinya, lovebird Paud lama-kelamaan akan menirukan suara ngekek yang sering didengarkannya. Pemasteran juga bisa dilakukan dengan membawa burung ke tempat banyak burung lain yang berkicau. Misalnya burung Cililin, kenari, atau pelatuk.

7. Jangan Mempertemukan dengan Lovebird yang Lain

Usahakan hindari lovebird paud bertemu dengan burung lovebird yang lain. Namun tidak apa-apa bila hanya mendengar suaranya saja, sebagai latihan ngekek. Untuk menyiasatinya, kandang dapat diberi sekat atau ditutupi kain penghalang. Tujuan pencegahannya adalah agar lovebird paud akan langsung berbunyi apabila nantinya diperlombakan atau bertemu dengan koloni lain.

8. Memberi Vitamin

Agar tetap sehat dan rajin ngekek, lovebird dapat diberi multivitamin. Untuk membuat vitamin lovebird sendiri, haluskan jahe yang telah direbus. Lalu, campur dengan biji-bijian dan berikan dengan cara dicampur ke pakan. Selain bahan di atas, multivitamin yang bisa diberikan adalah kunyit, kencur, kuning telur, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang cara merawat lovebird paud agar rajin ngekek. Tentunya cara-cara di atas harus dilakukan dengan konsisten dan sabar. Masa anakan lovebird sangat menentukan karakternya di kemudian hari. Apabila perawatannya dilakukan dengan tepat, bisa jadi lovebird paud yang dirawat akan banyak menjuarai lomba.

Pos terkait