Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Menyembuhkan Sakit Gigi

Jumlah penderita sakit gigi berlubang sangat tinggi di Indonesia hal ini dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mulut dan gigi. Lubang pada gigi disebabkan oleh sejumlah bakteri yang menumpuk akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan. Hal ini menyebabkan sakit yang luar biasa. Bagaimanakah cara menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan cepat ?

Jenis Obat Sakit Gigi Yang Disarankan Dokter

Jika gigi yang berlubang tidak segera diobati maka penyakit lain yang lebih parah akan segera timbul. Infeksi pada lambung, jantung dan organ tubuh lainnya dapat ditimbulkan oleh sakit gigi berlubang. Tentu saja, kenyamanan penderita pun sangat terganggu akibat rasa sakit sehingga turut mengurangi nafsu makan. Berikut ini adalah obat-obatan yang disarankan oleh dokter untuk mengobati sakit gigi berlubang.

Bacaan Lainnya

1. Acetaminophen

Kandungan parasetamol dalam obat ini dapat meredakan sekaligus menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi dan gusi bengkak. Obat ini dapat dibeli di apotik secara bebas.

Baca Juga : 7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Dentasol

Cara menggunakan obat ini sangat mudah. Oleskan obat Dentasol yang berbentuk gel di bagian gigi yang berlubang. Obat ini sangat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cepat. Kandungan anti inflamasi didalamnya dapat meredakan radang di bagian gigi yang berlubang sehingga dapat menghilangkan rasa sakit dengan segera.

3. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat merupakan obat sakit gigi yang paling populer di masyarakat. Obat ini mengandung zat anti inflamasi yang dapat menghilangkan rasa nyeri dengan cepat. Asam Mefenamat dijual di apotik tanpa resep dokter sehingga dapat dibeli kapan saja ketika sakit gigi menyerang.

Selain obat-obatan di atas, cara menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan cepat juga dapat menggunakan obat Ibuprofen dan Naproxen. Namun sebaiknya berhati-hati saat menggunakan obat Naproxen karena dapat menyebabkan efek samping seperti perut kembung, mulas dan diare.

Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Jika sakit gigi berlubang tiba-tiba menyerang dan tidak ada obat sakit gigi yang tersedia, dapat menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Tentunya, sebelum menggunakan bahan-bahan alami pastikan kebersihannya agar tidak menimbulkan penyakit baru.

Baca Juga : 5 Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

1. Garam

Bahan alami yang satu ini sangat mudah didapat dan pasti ada di setiap rumah. Meski dianggap bumbu dapur yang murah, tapi keampuhan bahan alami ini dalam menghilangkan sakit gigi berlubang sudah terbukti.

Garam memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang dapat mengatasi infeksi dan menghilangkan bakteri dalam mulut. Berkumur dengan air hangat yang mengandung garam dapat menghilangkan radang dan nyeri pada sakit gigi berlubang dengan cepat. Berikut ini cara membuat obat kumur dari garam:

  • Sediakan air hangat satu gelas dan satu sendok teh garam kemudian larutkan. Berkumurlah menggunakan larutan garam ini selama satu menit di bagian gigi yang berlubang hingga rasa sakitnya hilang.
  • Larutkan ½ sendok teh garam dengan perasan jeruk lemon. Oleskan pada gigi yang sakit sambil dipijat selama beberapa menit, kemudian diakhiri dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat. Lakukan beberapa kali hingga rasa sakit hilang.

2. Bawang Putih

Bahan alami ini juga mudah didapat. Bawang putih memiliki kandungan zat antibakteri terbukti dapat menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Haluskan 3 (tiga) hingga 4 (empat) siung bawang putih dan garam, oleskan di daerah gigi yang sakit lalu diamkan hingga beberapa menit. Akhiri dengan berkumur menggunakan air hangat atau obat kumur antiseptik.
  • Haluskan bawang putih dan minyak, oleskan pada bagian gigi berlubang atau gigi yang sakit selama beberapa kali hingga rasa sakitnya hilang.

3. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat antiradang, antibakteri dan analgesik. Sejak jaman dahulu cengkeh sering digunakan untuk mengobati nyeri termasuk nyeri pada sakit gigi yang berlubang.

Baca Juga : 7 Manfaat Kunir Untuk Kesehatan Tubuh

  • Haluskan cengkeh dan campurkan dengan minyak wijen, lalu oleskan di bagian gigi berlubang menggunakan kapas atau cotton bud. Lakukan setiap malam sebelum tidur.
  • Selain menggunakan minyak wijen, cengkeh juga dapat dikunyah langsung sampai mengeluarkan minyak, diamkan dibawah lidah selama beberapa menit lalu buang.

Demikian beberapa cara menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan cepat yang bisa dicoba di rumah. Jagalah kesehatan mulut dan gigi dengan selalu menggosok gigi dengan benar dan memeriksakan gigi ke dokter secara berkala agar terhindar dari sakit yang sangat mengganggu.

Pos terkait