7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan

Kenikir mempunyai istilah lain yaitu Cosmos Caudatus. Kenikir adalah tanaman tropis yang berasal dari amerika Latin. Namun Tanaman ini juga dapat ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia. Meskipun kurang populer di masyarakat Indonesia, faktanya manfaat kenikir untuk kesehatan sangat banyak seperti mengatasi diabetes hingga kanker. Simak manfaat kenikir selengkapnya di bawah ini:

1. Mengobati dan Mencegah Diabetes

Manfaat kenikir yang pertama yaitu mencegah dan mengobati diabetes. Terdapat beberapa penelitian telah berhasil menemukan bahwa kenikir dapat meningkatkan fungsi Insulin sekaligus membantu melawan penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan.

Bacaan Lainnya

Daun kenikir inilah yang menyebabkan kadar gula pada darah menjadi lebih terkontrol sehingga bisa mencegah dari diabetes. Tidak hanya itu, daun kenikir juga mampu mengobati diabetes, terutama diabetes type 2.

Baca Juga : 5 Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjadi Sumber Antioksidan Tinggi

Manfaat kenikir untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menjadi sumber antioksidan yang tinggi. Perlu dicatat juga bahwa antioksidan memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh. Senyawa yang satu ini bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas yaitu molekul yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Tidak hanya dapat mencegah kanker yang berbahaya. Antioksidan juga dapat membantu menghindarkan dari penyakit jantung, preeklamsia, stroke, Alzheimer dan lain-lain. Dilansir dari Global Journal of Pharmacology, telah ditemukan sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diuji, dan daun kenikir menjadi salah satu sayuran yang didalamnya mengandung antioksidan jenis Flavonoid yang cukup tinggi.

3. Obat Maag Dan Asam Lambung

Kandungan Tokoferol, Hidroksieugenol, dan Polifenol yang ada di kenikir bermanfaat mengurangi asam lambung yang berlebih. Zat-zat itu bermanfaat juga untuk membuat otot Sphincter lambung menjadi kuat, otot ini bekerja untuk menerima asupan makanan tanpa membuat lambung berbahaya. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus daun kenikir dan tambahkan garam secukupnya kemudian dimakan dalam bentuk lalapan.

Baca Juga : 7 Manfaat Kunir Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengobati Gondongan

Manfaat kenikir untuk kesehatan selanjutnya yaitu menjadi obat gondongan. Saat digunakan untuk obat gondongan, cara membuatnya yakni pertama tumbuk daun kenikir sampai halus, lalu campur dengan cuka (perbandingannya 1:1 ), terakhir oleskan di bagian yang sakit sehari tiga kali. Senyawa yang terdapat pada daun kenikir dapat meredakan peradangan yang disebabkan gondongan.

5. Manfaat Kenikir Sebagai Penambah Nafsu Makan

Kenikir menjadi salah satu alternatif untuk menambah nafsu makan. Senyawa kuersetin mampu menambah nafsu makan terutama pada anak-anak. Kenikir dapat diolah menjadi makanan lalapan yang dapat dimakan tiga kali dalam seminggu. Seseorang yang baru saja melakukan operasi dapat mengkonsumsi kenikir untuk mengembalikan stamina tubuh dengan cepat.

6. Menjaga Kekuatan Otot dan Tulang

Belum banyak orang yang tahu manfaat kenikir yang satu ini. Ternyata kenikir sangat efektif dalam menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan mineral semacam mineral dan magnesium. Konsumsi daun kenikir sebagai lalapan atau minuman untuk mendapatkan khasiatnya, dapat juga ditambahkan madu atau gula dalam meminumnya.

7. Mengatasi Bau Mulut

Kandungan Koniferil alcohol dalam daun kenikir memiliki fungsi membunuh kuman dan bakteri yang terbawa makanan. Senyawa tersebut dapat membersihkan ludah dan area lidah dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Untuk mendapat hasil yang maksimal, dapat mengkonsumsi kenikir dalam bentuk mentah setelah dicuci terlebih dahulu. Kunyah selama kurang lebih 20 sampai 30 detik, kemudian berkumurlah. Jika tidak ingin mengkonsumsi secara mentah, dapat juga dikonsumsi dengan direbus dengan air garam. Sebaiknya dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam sehari.

Itulah berbagai manfaat kenikir untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang belum dibahas, namun secara garis besar manfaat di atas merupakan khasiat yang utama dalam kenikir.

Pos terkait