5 Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Buah Sirsak yang berasal dari Karibia ini memiliki nama ilmiah Annona Muricata.  Selain buahnya yang manis, daun sirsak juga dikenal memiliki kandungan acetogenin yang berguna untuk membunuh racun dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan ATP (Adenosin Trifosfat) yang dapat membentuk sel-sel kanker.  Simak kegunaan daun sirsak untuk kesehatan tubuh dibawah ini.

1. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Zat radikal bebas yang berada di udara sangat berbahaya bagi tubuh. Efek dari paparan radikal bebas bagi tubuh manusia adalah kemunculan sel-sel kanker dan tumor yang berkembang mulai dari tahap ringan hingga berat.

Bacaan Lainnya

Kandungan zat antioksidan seperti acetogenin pada daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel sel kanker yang bisa menyerang prostat, paru-paru, payudara dan lain sebagainya. Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, acetogenin juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Beragam zat antioksidan lainnya seperti luteolin, tangerine dan quercetin juga memiliki khasiat untuk menangkal paparan radikal bebas pada tubuh. Selain kanker penyakit yang dapat muncul akibat radikal bebas adalah jantung, diabetes dan kerusakan organ tubuh lainnya. Minumlah air rebusan daun sirsak secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Kegunaan Daun Sirsak Untuk Mengontrol Gula Darah

Sejak jaman dahulu, daun sirsak sudah dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes. Konsumsi ekstrak daun sirsak dengan teratur sesuai dosis dan takaran yang dianjurkan dapat membantu mengendalikan jumlah glukosa dalam darah sehingga hal ini sangat baik untuk pengobatan penyakit diabetes.

Dampak jangka panjang dari penyakit diabetes adalah kerusakan arteri dan pembuluh darah besar dalam jantung, gagal jantung hingga kerusakan syaraf. Dengan mengkonsumsi daun sirsak secara teratur dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah agar tetap stabil. Daun sirsak juga dapat menyembuhkan luka dan menjadi obat anti infeksi bagi penderita diabetes.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

3. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Penyakit yang dapat menyerang mulut dapat dilawan menggunakan daun sirsak. Sifat bakterisidal dan fungisidal pada daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan aneka bakteri seperti Candida Albicans, Streptococcus Mitis dan Porphyromonas Gingjyalis yang berkembang dalam mulut.

Penyakit mulut seperti sariawan juga dapat diobati  menggunakan air hasil rebusan daun sirsak. Cara membuatnya pun mudah, cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun sirsak kemudian direbus. Air rebusan daun sirsak ini dapat menghilangkan sariawan, bau mulut dan aneka penyakit rongga mulut lainnya jika diminum secara teratur.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Hipertensi

Penyakit darah tinggi atau disebut juga Hipertensi sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyakit ini disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi dan dapat memicu penyakit lain seperti jantung, syaraf, pecah pembuluh otak hingga penyakit stroke.

Mengkonsumsi daun sirsak secara teratur diyakini dapat melenturkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar dapat meringankan beban kerja jantung dalam memompa darah sehingga kesehatan jantung pun ikut meningkat.

5. Meringankan Penyakit Asam Urat

Kegunaan daun sirsak untuk kesehatan lainnya untuk meringankan asam urat. Penyakit asam urat yang menyerang sendi sangat mengganggu aktifitas. Untuk mengobatinya, konsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur. Kandungan flavonoid pada daun sirsak sangat membantu dalam mengendalikan jumlah asam urat yang terkandung dalam sel darah dan dapat mengurangi penyakit radang sendi.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal Yang Wajib Diketahui

Area sendi yang sakit juga dapat dikompres menggunakan air rebusan daun sirsak yang masih hangat untuk menghilangkan rasa nyeri di area tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai kegunaan daun sirsak untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Sebelum mengkonsumsi obat herbal daun sirsak, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

Pos terkait