6 Materi Microsoft Access Dasar yang Perlu Dipelajari

Materi Microsoft Access

Kehadiran software yang ada di komputer memang menjadi kemudahan tersendiri, seperti keberadaan Microsoft Access yang isinya beraneka ragam. Sayangnya tidak semua orang memahami cara menggunakannya dan harus mengikuti pelatihan atau belajar sendiri. Untuk pemilik tempat latihan, tentu harus memiliki materi Microsoft Access yang sesuai untuk diajarkan.

Perlu diketahui bahwa Microsoft Access sering digunakan di dunia kerja untuk kepentingan bisnis dan perusahaan. Bagi orang awam yang baru belajar Microsoft Access akan menjadi tugas besar sebab akan sangat banyak fitur yang berbeda dibanding jenis lainnya. Simak rincian di bawah ini untuk belajar dan materi Microsoft Access apa saja yang harus dikuasai yaitu:

1. Bahasa dan Fungsi Bagian dalam Microsoft Access

Langkah pertama yang harus dipelajari adalah fitur dan bahasa sebagai materi Microsoft Access yang menjadi dasar pembelajaran selanjutnya. Materi ini meliputi penyebutan dalam aplikasi seperti Field, Record, Table, Form, Report, Module, Macro, dan sebagainya. Selain itu, perlu juga memahami fungsi tiap-tiap bagian yang disebutkan sebelumnya agar lebih memudahkan ketika menggunakannya.

Baca Juga : 7 Materi Calistung Kelas 1 SD yang Cocok Dilakukan Di Rumah

2. Cara Membuat dan Mengumpulkan Data Di Table

Pada Microsoft Access ada berbagai format ketika membuat dokumen baru atau disebut juga dengan lembar kerja seperti Table, Query, dan lainnya. Masing-masing untuk membuat hal tersebut juga memiliki langkah tertentu karena fungsinya juga berbeda. Untuk menggunakan Table adalah dengan memilih menu create dan klik ikon Table, setelah itu masukkan data dan sesuaikan.

Khusus pada Table, dapat disesuaikan dengan beberapa tipe data yang dapat diatur sendiri oleh pengguna. Tipe data tersebut antara lain Text, Memo, Hyperlink, Number, Detail Time, Auto Number, pilihan ya dan tidak, OLE objek, dan Lookup Wizard. Ketika mengatur salah satu tipe data tersebut, maka data juga dapat dikelompokkan atau diurutkan sesuatu tipenya.

3. Membuat Query

Materi Microsoft Access selanjutnya adalah membuat Query yang diawali dengan membuka file yang memiliki tabel dan pilih create. Klik query wizard, tentukan tabel pada kotak simple query, pindahkan field yang dipilih melalui selected field, lalu pilih selanjutnya. Tuliskan nama Query yang diinginkan pada kolom yang tersedia dan terakhir klik finish untuk menyelesaikannya.

Baca Juga : Cara Menghitung Logaritma Paling Praktis serta Mudah

4. Cara Membuat Form Pada Microsoft Access

Materi ini masih mencakup dasar penggunaan Microsoft Access yang sebelumnya akan membutuhkan Query terlebih dahulu. Untuk dapat membuat Form, aktifkan Query yang dibuat sebelumnya dan pilih create form. Pada tampilan Form dapat dibuat menjadi lebih menarik dengan memilih auto format untuk mengedit desain. Sesuaikan tinggi dan lebar kolom sesuai kebutuhan,

5. Membuat Report atau Laporan

Untuk melakukan materi ini, buat terlebih dahulu Query atau memanfaatkan data yang sudah ada sebelumnya lalu aktifkan. Cari menu create dan klik Report, langkah ini bertujuan untuk membuat Query lengkap atau tidak terpotong. Kemudian lakukan penyesuaian data dan kegunaan sebagai laporan. Klik save apabila laporan sudah sesuai dan siap untuk dicetak.

6. Melakukan Pengeditan Label dan Logo

Disesuaikan dengan tempat melakukan pengeditan karena mengedit pada Form dan Report berbeda, meskipun tidak terlalu jauh. Langkah pertama pilih Design Views kemudian pilih Form untuk menambahkan judul di Form, sedangkan Report untuk mengedit di Report.

Baca Juga : Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN dengan Benar

Itulah beberapa materi Microsoft Access yang bisa dijadikan bahan untuk belajar dan melatih, baik secara otodidak atau mengikuti pelatihan. Selain materi yang disampaikan sebelumnya, sebenarnya masih ada banyak materi lainnya yang dapat menjadi pembelajaran lanjutan. Di masa depan penggunaan Microsoft Access juga akan marak digunakan dan dapat menjadi peluang untuk melamar pekerjaan.

Pos terkait