7 Materi Calistung Kelas 1 SD yang Cocok Dilakukan Di Rumah

Materi Calistung Kelas 1 SD

Usia masuk awal sekolah dasar merupakan salah satu masa emas yang harus dimanfaatkan para orang tua untuk memaksimalkan potensi dan mengetahui minat anak. Pasalnya usia sekolah dasar adalah masa yang paling cepat untuk anak belajar sesuatu yang baru. Nah para orang tua yang ingin mengajari, mungkin dapat mencoba menerapkan materi calistung kelas 1 di rumah untuk memperkaya literasi.

Baca, tulis, hitung atau dikenal juga sebagai calistung yang menjadi dasar di sekolah dan lebih banyak difokuskan ketika kelas 1 SD. Sebenarnya hal ini juga harus dilatih di rumah untuk menanggulangi kesulitan, tetapi dengan alokasi waktu yang wajar. Di bawah ini akan disampaikan beberapa materi calistung kelas 1 SD yang mungkin akan membantu yaitu:

Bacaan Lainnya

1. Mengenal Huruf Abjad

Umumnya materi kelas 1 diajarkan materi mengenai baca, tulis, dan hitung lebih banyak dibanding pelajaran umum lainnya seperti PKN, Seni, dan lainnya. Nah pada masa awal pemaparan materi calistung kelas 1 akan dikenalkan huruf abjad atau alfabet. Terdiri dari 26 buah, dikenalkan bentuk huruf kapital dan huruf kecilnya serta bunyi dan cara membacanya.

Baca Juga : Cara Menghitung Logaritma Paling Praktis serta Mudah

2. Menuliskan Huruf Abjad Secara Acak

Setelah mengenal huruf alfabet yang ada dan mampu membedakannya, lakukan dikte huruf untuk melihat apakah anak dapat menuliskannya atau tidak. Usahakan jangan melihat contoh atau tulisan di papan tulis agar anak dapat mengatasi permasalahannya sendiri.

3. Membaca Suku Kata

Kemudian materi calistung kelas 1 adalah dengan membaca suku kata yang dapat dilakukan ketika mengenal huruf alfabet sudah lancar dan tidak tertukar. Cara membaca suku kata dapat diterapkan dengan membagi kata ke beberapa bagian tertentu. Misalnya kata “budi” dapat dibaca dan diajarkan ke anak dengan “bu-di” atau dapat juga dengan mengucapkan satu huruf lalu disambung.

4. Menuliskan Kata dan Kalimat

Tingkat yang lebih sulit adalah menuliskan kata dan kalimat yang dapat menjadi materi lanjutan setelah mengenal suku kata. Awalnya orang tua dapat menuliskan kata atau kalimat pada suatu kertas kemudian diikuti. Lakukan beberapa kali hal seperti itu dan coba lakukan dikte untuk anak dapat menulisnya, lalu cek apakah susunan hurufnya benar atau kurang tepat.

Baca Juga : Metode Pembelajaran SKI yang Seru dan Mengasyikan

5. Membaca Kalimat dan Paham Isinya

Berikutnya ada materi untuk kelas 1 dalam aspek membaca yaitu pada kalimat dan memahami apa isi atau kandungan kalimat tersebut. Orang tua dapat membiarkan anak untuk mencoba membaca, kemudian ketika ada yang salah maka dapat langsung diperbaiki. Setelah materi ini dapat dipahami, coba untuk beralih ke membaca cerita pendek kemudian tanyakan bagaimana cerita atau isinya.

6. Mengenal Angka

Setelah terus membahas mengenai materi membaca dan menulis, kini akan beralih ke aspek berhitung yang akan berguna pada pelajaran matematika. Diawali dengan mengenal angka, lakukan metode bermain dengan menyusun atau menggambar angka yang seru. Kendala pada materi ini mungkin akan kesulitan membedakan susunan seperti “lima puluh dua” akan dikira sebagai “25”.

7. Penjumlahan dan Pengurangan

Terakhir tentu saja aspek berhitung menjumlah dan mengurang yang sangat sederhana, serta disarankan tidak lebih dari angka 20. Ajarkan anak untuk menghitung maju menggunakan jari untuk penjumlahan. Di sisi lain, ajarkan juga pengurangan dengan menghitung mundur menggunakan jari. Lakukan dan latih secara rutin untuk melihat perkembangannya.

Baca Juga : 3 Cara Menghitung Diameter Lingkaran yang Benar

Itulah beberapa materi calistung kelas 1 SD yang dapat dicoba dilakukan di rumah untuk membantu anak melancarkannya juga. Selain dukungan dan kerja sama dari orang tua, anak yang dibimbing dan dilatih secara khusus akan membantu kesulitannya. Orang tua dapat melakukan pembelajaran ulang paling lama 1 jam saja agar anak dapat fokus dan paham.

Pos terkait